Cara Mendesain Baju Dengan Mudah Pemula

Diposting pada

Cara mendesain baju untuk kamu yang masih pemula pastinya dimulai dari dasar terlebih dahulu, dengan membangun keterampilan dasar yang dimulai dari belajar menggambar, desain, tentang mode, sampai dengan menjahit merupakan keterampilan yang kamu harus dikuasainya.

Jika kamu ingin menjadi perancang busana yang sukses dan tentunya memerlukan jalan yang panjang, tetapi jika kamu sudah mulai mencoba serta menikmati berbagai prosesnya.

Cara Mendesain Baju Dengan Mudah

Cara Mendesain Baju Dengan Mudah

Terlebih dahulu kamu harus menguasai keterampilan dasar yaitu seperti yang ada di bawah ini:

Belajar Menggambar

Cara untuk mendesain baju bagi pemula yaitu yang pertama kali kamu belajar menggambar. Kamu pertama-tama menjelaskan keinginan kamu yang secara visual dalam bentuk gambar dan itu merupakan hal yang terpenting, dan kamu diharuskan menjadi ilustrator yang hebat, dan kamu dapat mengembangkan gaya kamu sendiri sehingga apa yang kamu inginkan tersampai dengan cara yang visual.

Dan untuk mempelajari keterampilan yang baru lagi kamu harus lebih sering lagi untuk melakukannya. Kamu bisa untuk membaca referensi yaitu seperti You Can Draw in 30 Days karya Mark Kistler.

Belajar Tentang Desain

Belajar mengenai tentang desain tentunya menjadi salah satu mendesain baju bagi pemula yang paling terpenting adalah prinsip teori rancangan yang berlaku pada semua bidang disiplin. Untuk referensi tentang desain kamu dapatkan dalam buku Picture This: How Picture Work dari Molly Bang.

Baca Ini Juga  Model Baju Pesta Untuk Wanita Hijab

Belajar Tentang Teknologi Desain

Cara mendesain baju bagi pemula yang tidak hanya membuat desain diatas kertas saja, tetapi dengan zaman sekarang ini sudah terdapat banyak program yang akan membantu untuk mempermudah dalam pekerjaan kamu.

Selain kamu telah mahir dalam menggunakan buku sketsa serta dalam mesin jahit saja, namun kamu juga harus mahir dengan menggunakan Adobe Photoshop serta Illustrator. Dan jika kamu ingin menggambarkan sketsa di komputer kamu harus membeli pen tablet yang sangat bagus yaitu seperti Wacom.

Belajar Menjahit

Cara mendesain baju untuk keterampilan yang paling dasar bagi pemula yaitu belajar menjahit dan kamu harus tahu tentang jahit-menjahit. Kamu juga mengetahui apa saja yang dapat diwujudkan dengan melalui media yang digunakan yang sangat penting sehingga kamu mendapatkan ide yang sangat inovatif serta sangat hebat.

Gambar Sketsa Orang

Cara Mendesain Baju bagi pemula yaitu dengan menggambarkan sketsa orang. Pada saat kamu merancang busana , seta memikirkan bagaimana pakaian tersebut ketika dipakai pada badan, karena itulah kebanyakan dari perancangan dengan menggunakan orang untuk dijadikan sebuah gambaran rancangan tersebut.

Baca Ini Juga  Model Baju Koko Lebaran Modern

Mulai dari menggambar sketsa (outline) orang dengan menggunakan pensil serta gambar tersebut tidak perlu benar dengan secara anatomi, bayangkan saja gambar tersebut seperti manekin dua dimensi.

Belajar Menggambarkan Sketsa

Kebanyakan perancang yang menggunakan metode yang biasa disebut dengan 9 kepala agar gambar tersebut menjadi proporsional dengan ukurannya.

Kamu pakai satu kepala yang digunakan sebagai unit ukuran, dan kamu gambar salah satu tubuh dengan ukuran sembilan kepala dimulai dari kaki hingga puncak leher.

Pertama kamu gambar garis lurus kemudian bagi menjadi 10 bagian yang sama panjang dan bagian-bagian tersebut kamu mulailah gambar yang dimulai dari kepala hingga sampai bagian kaki.

Menjiplak Gambar Sketsa Orang dan Menggambar Rancangan

Cara mendesain baju bagi pemula yang selanjutnya yaitu menjiplak gambar sketsa yang telah kamu buat dengan menggunakan pena hitam, kemudian jiplak gambar tersebut pada kertas yang lainnya gunakan pensil lalu taruh kertas polos di atasnya, gambar yang telah kamu buat tersebut terlihat sangat relatif jelas selama menggunakan pena hitam serta kertas yang tidak terlalu tebal.

Baca Ini Juga  Inspirasi Baju Kondangan Simple Elegan Modern

Menggambar Rancangan Baju dan Warna

Selanjutkan kamu gambar sketsa rancangan tersebut dengan menggunakan pensil agar kamu dapat mudah untuk menghapus jika kesalahan yang terhindarkan kemudian gambar tipis-tipis. Mulai dengan hal yang umum yaitu seperti bentuk dasar, lalu tambahkan detail saat rancangan tersebut telah terbentuk.

Dan mulai tebalkan seluruh gambar dengan mengunkaan pena, selanjutnya mewarnai kamu gunakan alat gambar atau apapun yang paling cocok kamu gunakan spidol dengan pensil warna untuk membuat lapisan. Dimulai dari warna yang paling terang kemudian perlahan kamu gunakan warna yang gelap.

Nah itulah cara untuk membuat desain baju untuk pemula. Silahkan ikuti cara berikut ini dan dan selamat mencoba.