pertanyaan sulit tentang bisnis online

10 Pertanyaan Sulit Tentang Bisnis Online

Diposting pada

Banyak pertanyaan sulit tentang bisnis online yang sering diutarakan orang. Meskipun informasi di internet sudah sangat lengkap, rupanya masih banyak hal yang belum mereka pahami. Bisnis online memang menjadi salah satu opsi bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Karena model bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Wajar saja jika masih banyak orang yang mengutarakan pertanyaan untuk bisnis online. Jika Anda tertarik dengan bisnis online, bisa membaca informasi ini sampai selesai. Sehingga bisa memahami lebih lanjut berkaitan dengan bisnis online. Anda bisa lebih mudah untuk memulai bisnis online setelah mengetahui informasi ini.

pertanyaan bisnis online

10 Pertanyaan Sulit Tentang Bisnis Online

Berikut ini pertanyaan dan jawaban tentang bisnis online yang harus Anda ketahui sebelum memulai berbisnis.

Apa Itu Bisnis Online ?

Bisnis online adalah segala jenis kegiatan bisnis yang terjadi melalui internet. Menjalankan bisnis online dapat mencakup jual beli online atau menyediakan layanan online. Konsepnya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bisnis pada umumya. Yang membedakan hanya jalur transaksinya yang secara online.

Baca Ini Juga  5 Aplikasi Android Untuk Bisnis Online Tanpa Modal

Dengan bisnis online, Anda bisa melakukan transaksi dengan orang dari luar daerah bahkan luar negeri. Jangkauan pasarnya memang lebih luas, sehingga keuntungannya juga bisa meningkat.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online ?

Sebelum memulai bisnis online, Anda harus memiliki layanan atau produk terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan produk dari supplier atau melakukan produksi sendiri. Setelah itu baru bisa berjualan melalui media sosial, marketplace atau yang lainnya.

Apa Itu Marketplace ?

Pada dasarnya, marketplace merupakan pasar online yang menjadi tempat penjual dan pembeli bertemu. Misalnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada hingga FB Marketplace. Melalui marketplace ini, Anda bisa menawarkan produk secara gratis. Meskipun ada fitur berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan promosi produk Anda.

Berapa Modal Untuk Bisnis Online ?

Untuk besaran modal yang harus Anda siapkan sebenarnya relatif. Tergantung dengan model bisnis apa yang akan Anda geluti. Misalnya, Anda berjualan pakaian produk sendiri, tentu modalnya akan besar untuk biaya produksi. Berbeda halnya dengan bisnis jasa penulis artikel, Anda tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Karena hanya memerlukan sebuah laptop dan koneksi internet.

Baca Ini Juga  5 Aplikasi Bisnis Online Android Untuk Pebisnis Pemula

Perbedaan Dropship dan Reseller

Keduanya merupakan konsep dalam berjualan secara online. Untuk dropship sendiri tidak membutuhkan modal sama sekali. Anda tidak perlu menyetok produk untuk bisa berjualan. Jadi, Anda hanya akan memesan produk ke supplier ketika mendapatkan pesanan dari pelanggan Anda.

Berbeda dengan reseller, Anda harus membeli produk dengan jumlah tertentu terlebih dahulu. Baru bisa menjual produk ke pelanggan. Anda harus mengurus pengemasan hingga pengiriman ke jasa ekspedisi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Murah ?

Untuk mendapatkan produk yang murah, Anda bisa membeli langsung dari supplier tangan pertama atau pabrik. Namun Anda harus membeli dalam jumlah besar. Sehingga harus menyiapkan modal yang cukup banyak. Selain itu, Anda bisa memproduksinya sendiri jika memang mampu. Dengan cara ini, Anda bisa menyesuaikan dengan modal dan tentunya permintaan pembeli.

Kenapa Produk Saya Tidak Laku ?

Ada beberapa alasan yang membuat produk Anda kurang laku. Pertama, karena toko Anda masih baru sehingga banyak calon pembeli belum percaya. Kemudian foto produk yang kurang menarik juga bisa menjadi penyebab produk Anda tidak laku. Selain itu juga bisa karena para pembeli kecewa dengan produk Anda, sehingga tidak laku lagi.

Baca Ini Juga  Contoh Perencanaan Bisnis Online Shop Terlengkap

Nah itulah beberapa pertanyaan sulit tentang bisnis online yang penting untuk Anda ketahui. Anda bisa memahami pertanyaan dan jawaban tersebut sebelum memulai bisnis online.