cara memulai bisnis jamu online

5 Cara Memulai Bisnis Jamu Online Untuk Pemula

Diposting pada

Khasiat yang beragam dari minuman jamu seringkali menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk menjaga tubuh mereka. Kini, jamu bukan hanya sebatas minuman tradisional saja yang hanya orang pedesaan suka. Bahkan tidak sedikit, bisnis minuman jamu yang sukses setelah go online. Memang ada cara memulai bisnis jamu online yang perlu untuk Anda ketahui jika ingin sukses.

Jika Anda memang masih pemula dalam bisnis jamu, akan lebih baik mengikuti pelatihan jamu kekinian. Dalam pelatihan tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan ilmu bagaimana cara membuat jamu yang baik dan juga enak. Nah untuk, memulai bisnis jamu online, artikel ini akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

cara memulai bisnis jamu online

5 Cara Memulai Bisnis Jamu Online Untuk Pemula

Bisnis jamu memang menarik, karena masih jarang orang yang menjalankan bisnis ini. Agar bisnis Anda sukses, informasi ini bisa menjadi referensi nantinya.

Tentukan Jenis Jamunya

Sebelum memulai bisnis jamu online, akan lebih baik jika Anda menentukan jenis jamu apa yang bakal jadi andalan. Setidaknya ada dua jenis jamu yakni jamu serbuk dan jamu siap minum. Kedua jenis itu memiliki cara pembuatan yang bereda, mulai dari peralatannya hingga kemasannya.

Baca Ini Juga  5 Ide Bisnis Online Bukan MLM Dijamin Untung Besar

Untuk memberikan pilihan bagi para pembeli, sediakan varian menu yang banyak. Contohnya seperti jamu beras kencur, jamu langsung, jamu kunyit asam, jamu gula asam dan sebagainya.

Gunakan Bahan Berkualitas

Penggunaan bahan memang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan rasa jamunya. Sebaiknya pilih pemasok yang mampu menyediakan bahan baku yang masih segar. Akan lebih baik jika mengambil langsung dari kebun, sehingga bisa memastikan kualitasnya. Selain itu juga nantinya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Untuk mengetahui kualitas dari bahan bakunya bisa dengan merasakan aromanya. Akan terasa jelas ketika bahan bakunya masih segar, dan ini akan membuat jamu nantinya juga lebh beraroma. Apalagi jika target pemasarannya untuk kalangan menengah ke atas, kualitas harus benar-benar dijaga dengan baik.

Menjaga Kebersihan saat Produksi

Berbicara mengenai produk minuman, salah satu hal yang harus jadi perhatian yakni kebersihan. Sebenarnya tidak hanya pada tahap produksi saja, melainkan juga sampai pengemasan dan distribusi. Dengan menjaga kebersihan, maka kualitas dari jamu akan terjaga dengan baik. Pasti akan menjadi masalah jika ditemukan jamu yang kotor ketika sudah sampai ke pembeli.

Baca Ini Juga  5 Contoh Profil Bisnis Online Agar Dipercaya Banyak Orang

Kebersihan harus jadi perhatian bukan hanya pada peralatannya tapi juga para orang yang bekerja. Pastikan mereka menggunakan peralatan yang steril.

Menggunakan Kemasan yang Aman

Jika ingin memasarkan produk jamu secara online, gunakan kemasan yang aman. Biasanya berupa botol untuk jamu siap minum. Dan plastik tebal untuk jamu berbentuk serbuk. Mungkin ini akan membuat biaya produksi lebih mahal, namun justru akan memberikan banyak keuntungan nantinya. Pembeli juga akan merasa puas dan yakin bahwa produk jamu ini aman dan bersih.

Promosikan Melalui Media Sosial

Untuk menjangkau pembeli yang lebih banyak, manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Bisa menggunakan Instagram, Facebook, TikTok atau bahkan YouTube. Jika memiliki anggaran lebih, bisa memanfaatkan iklan berbayar di media sosial tersebut. Sehingga Anda bisa menentukan target secara tepat, karena ini akan berpengaruh ke penjualan nantinya.

Demikian informasi mengenai cara memulai bisnis jamu online unutk pemula. Bisnis ini masih memiliki prospek yang bagus, sehingga Anda layak untuk mencobanya.

Baca Ini Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online Kosmetik Pasti Untung