contoh pembukuan bisnis online

5 Contoh Pembukuan Bisnis Online Shop Paling Mudah

Diposting pada

Pembukuan merupakan salah satu hambatan bisnis online yang sering dikeluhkan banyak orang. Sebagian besar pebisnis online shop biasanya hanya berfokus untuk jualan saja, dan seringkali menyepelekan pembukuan. Padahal, hal ini sangat penting untuk membantu memonitoring pemasukan, pengeluaran, stok produk dan sebagainya. Tapi tenang, ada beberapa contoh pembukuan bisnis online shop yang paling mudah untuk Anda.

Ada beberapa hal yang harus jadi perhatian pada saat melakukan pembukuan bisnis online shop. Seperti, Anda harus mengelompokan setiap transaksi, menjaga anggaran dan pengeluaran. Kemudian membedakan pengembalian barang dan pengembalian uang dan mencatat pembukuan secara rutin. Bagi pebisnis pemula, hal ini memang seringkali menjadi masalah karena kurangnya pengalaman.

5 Contoh Pembukuan Bisnis Online Shop Paling Mudah

Berikut ini beberapa contoh cara pembukuan usaha yang bisa Anda terapkan untuk bisnis yang sedang dikelola.

Contoh Pembukuan Penjualan Harian

Pembukuan Penjualan Harian

Pembukuan penjualan harian ini bertujuan untuk mencatat setiap transaksi setiap harinya. Akan lebih baik jika Anda mengelompokan transaksi berdasarkan produknya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memonitoring stok produk dan laba dari penjualan.

Baca Ini Juga  5 Cara Memulai Bisnis Cilok Online Agar Laris Manis

Anda bisa membuat pembukuan ini menggunakan aplikasi excel. Dengan aplikasi itu Anda akan lebih mudah ketika menghitung laba, dan sebagainya. Pembukuan ini penting untuk membantu megetahui produk apa yang paling laris terjual. Agar nantinya bisa menambah produk-produk yang memang laris.

Pembukuan Pemasukan

Pembukuan Pemasukan

Pembukuan pemasukan ini berfungsi untuk mencatat berbagai penjualan atau pemasukan yang terjadi setiap harinya. Contohnya pada pembukuan ini, terdapat beberapa kolom seperti tanggal yang merupakan tanggal transaksi. Kemudian jenis pemasukan bisa ditambahkan nama-nama produk yang terjual, lalu jumlah produk terjual. Ada juga harga jual dan sub total dari setiap transaksinya.

Dengan pembukuan ini, akan mempercepat Anda ketika merekap setiap transaksi dari online shop. Anda juga bisa dengan mudah mengetahui pemasukan pada hari itu.

Contoh Pembukuan Pengeluaran

Pembukuan Pengeluaran

Pada dasarnya, fungsi dari pembukuan pengeluaran ini tidak berbeda jauh dengan pemasukan. Yang membedakan adalah data yang harus Anda catat hanya sebatas pengeluaran saja. Misalnya, pada hari itu ada pengeluaran untuk membeli paket internet, kemudian membayar listrik atau membeli plastik packing. Semua itu harus dimasukan ke pembukuan pengeluaran, sehingga Anda lebih mudah untuk memantau pengeluaran yang berkaitan dengan online shop.

Baca Ini Juga  10 Media Online Untuk Melakukan Promosi Bisnis Online

Pembukuan Stok Produk

contoh pembukuan bisnis online

Pembukuan stok ini akan membantu Anda untuk mengetahui stok produk yang masih tersedia. Dengan pembukuan ini, Anda akan terbantu untuk mengetahui produk apa yang habis, atau yang masih banyak. Ketika mengetahui keadaan stok produk online shop, Anda bisa langsung bertindak. Jika habis, Anda bisa langsung menyetok produk lagi, namun jika masih banyak bisa lebih menggencarkan promosinya.

Pembukuan Rekap Laporan

Pembukuan Rekap Keuangan

Untuk pembukuan rekap keuangan ini akan merinci dari setiap pemasukan dan pengeluaran. Anda bisa memasukan jenis masukan dan pengeluaran beserta nominalnya. Secara otomatis nanti akan mendapatkan data berupa saldo akhir. Pembukuan ini biasanya dilakukan setiap hari, dan Anda bisa mendapatkan data akuratnya untuk setiap bulan. Cocok untuk bisnis online shop Anda yang sedang berkembang.

Demikian informasi mengenai contoh pembukuan bisnis online shop untuk pemula. Dalam sebuah bisnis, pembukuan ini penting untuk membantu Anda mengetahui kondisi bisnis. Dengan melakukan pembukuan, Anda akan lebih mudah dalam memonitoring bisnis apakah sedang dalam kondisi baik atau tidak. Contoh di atas bisa Anda jadikan referensi dalam membuat pembukuan bisnis online.

Baca Ini Juga  Ide Kreatif Dari Barang Bekas yang Menghasilkan Jutaan Perbulan