tips memulai bisnis kue online rumahan

5 Tips Menjalankan Bisnis Kue Rumahan Online Agar Sukses

Diposting pada

Anda punya keahlian membuat kue yang lezat ? Binis kue rumahan online bisa menjadi pilihan yang tepat. Makanan ringan yang satu ini memang banyak digemari oleh semua kalangan. Sehingga bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda memulai bisnis yang satu ini. Kami memiliki beberapa tips menjalankan bisnis kue rumahan online agar bisa sukses kedepannya.

Dalam menjalankan bisnis makanan, memang tidak hanya keahlian memasaknya saja yang harus diperhatikan. Ada banyak hal lain yang berkaitan dengan bisnis penting untuk Anda ketahui. Sehingga usaha bakery pemula bisa lebih cepat berkembang dan bisa melalui hambatan-hambatan bisnis yang kerap merugikan.

tips memulai bisnis kue online

5 Tips Menjalankan Bisnis Kue Rumahan Online Agar Sukses

Tips-tips ini bisa Anda terapkan ketika menjalankan bisnis kue rumahan. Bisnis kue rumahan online ini memiliki potensi yang bagus saat ini.

Tentukan Target Pasarnya

Sebelum memulai sebuah bisnis, penting untuk Anda menentukan target pasarnya. Untuk target pasar ini bisa berupa perorangan, reseller, toko kue atau sebagainya. Jika target pasarnya perorangan, berarti Anda harus siap untuk melakukan promosi lebih sering. Karena untuk mendapatkan keuntungan yang besar, perlu pembeli dengan jumlah banyak.

Baca Ini Juga  9 Ide Usaha Peternakan

Berbeda jika target pasarnya reseller atau toko kue, mereka biasanya akan membeli kue Anda dengan jumlah banyak sekaligus. Sehingga tidak butuh banyak pembeli untuk menghabiskan kue setiap harinya.

Tentukan Jenis Kue

Indonesia dikenal memiliki banyak jenis kue yang menjadi favorit. Mungkin Anda pernah mendengar nama-nama kue seperti Apem, Bika Ambon, Bolu Kukus, Dadar Gulung dan masih banyak lagi. Sebelum memulai bisnis, tentukan terlebih dahulu jenis kue yang akan ditawarkan ke pembeli. Jika Anda memiliki modal yang banyak, Anda bisa menyediakan berbagai macam varian kue.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sistem pre order. Jadi Anda nantinya membuat kue berdasarkan permintaan dari pembeli. Biasanya pembeli akan memesan dengan jumlah banyak, untuk acara-acara khusus atau dijual kembali.

Pastikan Harga Kompetitif

Perlu Anda ketahui, penjual kue online saat ini sudah mulai banyak. Sehingga persaingannya cukup ketat meski hanya di satu daerah saja. Untuk memenangkan persaingan, Anda perlu membuat harga yang kompetitif. Akan tetapi, jangan berikan harga yang terlalu murah. Khawatirnya itu tidak akan memberikan Anda keuntungan nantinya.

Baca Ini Juga  5 Ide Usaha Buah Untuk Bisnis Rumahan!

Anda bisa menawarkan kue dengan harga yang lebih murah sedikit dari kompetitor. Terapkan hal ini ketika awal membangun bisnis kue online.

Gunakan Bahan Berkualitas

Dalam menjalankan bisnis makanan, penting utuk menggunakan bahan berkualitas. Apalagi produk ini akan dipasarkan secara online. Pembeli online cenderung lebih kritis, mereka akan berkomentar ketika menemukan produk Anda yang kurang enak. Sehingga, pastikan Anda menggunakan bahan yang berkualitas saat produksi.

Ada banyak resep kue basah untuk usaha rumahan yang bisa Anda cari di internet. Ini untuk perbandingan saja, bagaimana membuat kue yang enak dengan bahan berkualitas namun harganya bisa lebih murah.

Promosikan Melalui Sosial Media

Penggunaan media sosial memang sangat efektif untuk memasarkan produk secara online. Anda bisa memanfaatkan Instagram, Facebook, TikTok dan sebagainya. Jangkauan pasar bisnis Anda akan semakin luas, sehingga peluang untuk mendapatkan banyak penjualan semakin terbuka. Anda bisa membuat konten-konten yang menarik, sehingga membuat calon pembeli tertarik dengan produk Anda.

Demikian informasi mengenai tips menjalankan bisnis kue rumahan online agar sukses. Anda bisa mencoba bisnis ini jika memang memiliki keahlian membuat kue yang baik.

Baca Ini Juga  5 Cara Bisnis Online Forex Dijamin Untung Besar