7 Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online Di Instagram

Diposting pada

Mungkin Anda sering mendengar kasus penipuan jual beli online yang viral di media sosial. Kejadian-kejadian itu rupanya masih kerap terjadi saat ini, sehingga membuat tak sedikit orang yang khawatir ketika melakukan jual beli online, misalnya melalui Instagram. Untuk meminimalisir hal itu, Anda sebaiknya mengetahui cara menghindari penipuan bisnis online di Instagram.

Biasanya, pelaku penipuan bisnis online di Instagram memanfaatkan kelemahan orang yang kurang teliti. Khususnya pembeli yang baru pertama kali melakukan transaksi secara online. Berbeda dengan di marketplace, karena ada yang bakal menjadi pihak penengah. Jika transaksi di Instagram, maka penjual akan berkomunikasi langsung dengan pembeli tanpa adanya yang menengahi. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

penipuan di instagram

7 Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online Di Instagram

Berikut ini beberapa cara menghindari penipuan bisnis online di Instagram yang bisa Anda coba.

Perhatikan Rekening Penjual

Sebelum melakukan transaksi, akan lebih baik jika memperhatikan rekening penjual terlebih dahulu. Anda bisa meminta nomor rekening dan nama pemilik rekening secara lengkap. Kemudian lakukan pengecekan di situs-situs khusus untuk mengecek rekening. Biasanya, penjual yang sudah pernah melakukan penipuan, rekeningnya akan tercatat di situs tersebut.

Baca Ini Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online Elektronik Untuk Pemula

Jangan Tergiur Harga Murah

Dalam belanja online, salah satu tujuannya pasti untuk mendapatkan harga murah. Namun, jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang tidak masuk akal. Biasanya, penjual yang memiliki niat jahat akan mematok harga produknya di bawah harga pasaran. Mereka juga akan mengatakan bahwa produknya original, jika Anda menemui hal itu, jangan sampai percaya.

Jangan Terlena Dengan Followers Banyak

Saat ini, sangat mudah untuk mendapatkan followers Instagram. Bahkan Anda bisa membeli followers dengan mudah. Followers banyak tidak menjamin penjualnya jujur, bisa saja mereka merupakan komplotan penipuan. Anda bisa mengecek followers akun Instagram penjual, apakah terlihat asli atau bot. Biasanya, penjual yang memiliki follower sedikit, namun interaksi postingannya bagus, itu cukup terpercaya.

Gunakan Rekening Bersama

Solusi lain agar Anda terhindar dari penipuan yakni dengan menggunakan rekening bersama. Rekening bersama ini akan memberikan Anda keamanan lebih. Jadi Anda tidak langsung mentransfer ke penjual, melainkan ke pihak rekening bersama terlebih dahulu. Baru ketika produk Anda sampai, pihak rekening bersama akan mentrasnfer ke penjual. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari penipuan di Instagram.

Baca Ini Juga  3 Ide Bisnis Barang Bekas Tanpa Modal

Perhatikan Testimoninya

Penipu saat ini memang tak kalah cerdasnya, mereka mampu membuat testimoni sendiri untuk meyakinkan calon pembeli. Mereka biasanya menampilkan testimoni berupa chattingan dengan pembeli yang puas dengan produk mereka. Namun, Anda jangan langsung percaya dengan testimoni tersebut. Cek terlebih dahulu, apakah testimoninya terlihat nyata atau tidak.

Tanya Alamat Lengkap Tokonya

Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa menanyakan alamat lengkap dari toko penjualnya. Jika penjualnya amanah, pasti mereka akan memberikan alamat lengkapnya. Kemudian Anda bisa mengecek melalui Google Maps alamat tersebut apakah tersedia atau tidak. Jika tidak, Anda bisa putuskan untuk tidak melanjutkan transaksi.

Pilih Pembayaran COD

Pembayaran COD memang terkenal jauh lebih aman. Karena Anda akan menerima paket terlebih dahulu sebelum membayar. Anda bisa meminta ke penjual untuk menggunakan pembayaran COD. Jika penjual memang benar-benar berjualan, mereka tak segan untuk melayani permintaan itu.

Itulah cara menghindari penipuan bisnis online di Instagram yang bisa Anda lakukan. Dengan cara ini, Anda akan jauh lebih aman dari penjual yang tidak bertanggung jawab.

Baca Ini Juga  5 Situs Bisnis Online Tanpa Modal Dijamin Untung Besar