Budidaya Sayuran Dirumah

Tertarik Budidaya Sayuran Dirumah? Ini Tipsnya Biar Bisa Cuan

Diposting pada

Budidaya sayuran dirumah memang jadi pilihan bagus. Anda bisa tahu sendiri bagaimana sebuah bibit atau biji tanaman menjadi tanaman yang siap dikonsumsi. Anda  bisa pastikan sendiri keamanannya untuk dikonsumsi, sehingga Anda telah mengupayakan kesehatan keluarga.

Bisa jadi efektif apabila yang dibudidayakan beberapa jenis sekaligus. Setiap kali ingin memasak, Anda bisa ambi dari taman sendiri.

Jenis-Jenis Sayuran yang Mudah Dibudidayakan

Langsung saja ketahui apa saja jenis sayuran yang mudah dibudidayakan di rumah. Beberapa diantaranya adalah kacang polong, lobok, sawi hijau, bawang merah, bawang putih, selada, bayam, dan kangkung.

Nantinya Anda memang bisa budidaya untuk pemakaian sendiri saja, juga bisa untuk bisnis budidaya sayuran. Semua itu keputusan Anda sepenuhnya. Apalagi jika memang Anda lebih tertarik untuk berbisnis dan ingin ciptakan produk organik untuk tetangga, bisa laris.

Tips Budidaya Sayuran Dirumah

Pasti akan menjadi proses budidaya yang mudah, hanya jika Anda sudah tahu beberapa tips berikut.

1. Memilih Jenis Tanaman yang Tepat

Cara merawat, durasi hingga panen, proses pertumbuhan, intensitas sinar matahari yang dibutuhkan setiap jenis tanaman akan berbeda. Oleh karena itu, selain memilih sayuran yang mudah ditanam, Anda juga harus pilih yang sesuai dengan kondisi.

  Paypal: Jenis-jenis, Cara membuat Akun dan Menggunakan Paypal

2. Memilih Lahan

Anda bisa-bisa saja menanam tanaman sayur langsung ke tanah, namun bisa juga menggunakan pot atau polybag. Apa yang harus diperhatikan adalah kandungan tanahnya. Sebagai media yang digunakan nanti, usahakan untuk hanya menggunakan yang organik saja.

Seperti misalnya hanya menggunakan tanah asli dengan pupuk kompos, tidak disatukan dengan pupuk non organik. Tips lainnya adalah untuk penempatan atau posisi.

Pilih posisi atau tempat yang membuat tanaman akan terkena paparan matahari sepanjang hari. Sebab, tanaman sayuran akan membutuhkan sinar matahari selama 6 sampai 10 jam lamanya.

3. Mengetahui Arah Mata Angin

Anda pasti setuju bahwa tanaman sayuran berbeda dengan tanaman jenis lain soal kekuatannya. Tanaman sayuran cenderung lemah sehingga mudah-mudah saja dicabut kapan saja.

Begitu juga dengan tips dalam budidaya kali ini, sebaiknya Anda bisa melindungi tanaman sayur dari terpaan angin. Caranya adalah dengan mengetahui kemana arah mata angin terbesar di rumah Anda.

Jika yang paling besar adalah ke arah utara, maka Anda perlu memberi pertahanan di sisi selatan tanaman. Bisa itu berwujud kayu-kayu yang diikat, bambu, hingga triplek atau sesuatu lainnya yang berbentuk datar.

  5 Cara Sukses Bisnis Properti Yang Paling Oke

4. Menanam Tanaman Pendamping

Tips supaya tanaman sayur nanti subur dan cepat tumbuhnya, harus ada tanaman pendamping di sekitarnya. Harus dalam satu tanah atau media. Tanaman pendamping ini bisa memberikan nutrisi untuk tanaman sayur.

Selain itu, adanya tanaman di dekatnya bisa mencegah serangga atau hama yang menyerang.

Sukses Cuan dengan Budidaya Sayuran

Budidaya sayuran tetap berpotensi memberikan kesuksesan untuk pemiliknya. Apalagi jika Anda punya ide bagus untuk branding nya. Ditambah lagi adanya kesempatan untuk berjualan sayuran secara online, yang mana memudahkan mereka yang sibuk untuk bisa belanja sayuran.

Mungkin akan ada kendala atau risikonya nanti, namun apa namanya bisnis jika tidak ada risikonya? Meski begitu, mengerti cara budidaya sayuran dirumah saja telah dirasa berikan Anda keuntungan, yaitu untuk mengurangi pengeluaran.