cara membuat analisis swot bisnis online

Cara Membuat Analisis SWOT Bisnis Online Dan Contohnya

Diposting pada

Dalam sebuah strategi bisnis, analisa SWOT merupakan salah satu hal yang penting. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara membuat analisis SWOT bisnis online dengan baik. Analisa ini akan membantu bisnis online Anda untuk tumbuh lebih cepat. Terlebih, persaingan bisnis saat ini begitu ketat yang membuat Anda harus bergerak cepat.

Secara pengertian, SWOT adalah kependekan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kekurangan), Opportunities (Kesempatan), Threat (Ancaman). Analisis SWOT ini mulai populer sejak tahun 1960an, diinisialisasi oleh Albert Humphrey. Tujuan dari analisis SWOT ini yakni untuk memahami potensi dan kemudian bisa merancang strategi terbaik uuk bisnis.

cara membuat analisis swot bisnis online

Cara Membuat Analisis SWOT Bisnis Online

Untuk membuat analisis SWOT bisnis online, ada beberapa tahapan. Analisis ini disesuaikan dengan jenis bisnis online yang Anda jalani.

Libatkan Banyak Partisipan

Dalam membuat analisis SWOT, Anda harus melibatkan banyak partisipan. Pastikan partisipan mampu memberikan perspektif yang penting sehingga berguna untuk bisnis Anda. Analisis SWOT tidak bisa dilakukan sendiri, hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan banyak ide nantinya. Anda bisa memanfaatkan tim untuk menjadi partisipan, jika jumlah mereka terlalu banyak, bisa perwakilan saja.

Baca Ini Juga  7 Cara Berbisnis Online dari Nol Untuk Pemula

Beberapa bagian yang sebaiknya menjadi partisipan yakni marketing, bussiness development, HRD, produksi dan sebagainya. Dengan pengalaman mereka, pasti akan muncul ide-ide baru yang menarik.

Dapatkan Data-Data Jawaban Partisipan

Semakin banyak partisipan, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak data. Anda bisa memberikan beberapa pertanyaan yang mendetail kepada para partisipan. Jawaban tersebut harus Anda kumpulkan dengan baik, untuk membantu analisis SWOT nantinya. Setiap bagian biasanya akan memberikan jawaban yang berbeda, ini baik untuk mendapatkan ide yang bagus.

Jika partisipan memiliki kompetensi yang baik, pati Anda akan mendapatkan jawaban-jawaban yang menarik. Lakukan hal ini secara bersama-sama, sehingga partisipan bisa menjawab sesuai dengan ide mereka.

Kelompokan Ide yang Didapatkan

Setelah mendapatkan banyak jawaban dari partisipan, Anda bisa mengelompokan ide tersebut. Coba untuk mengelompokan ide-ide yang serupa. Jika terdapat banyak ide yang serupa, hal itu menandakan bahwa ide tersebut memang layak untuk jadi pilihan. Dari ini, Anda bisa menarik kesimpulan untuk menentukan apa yang harus dilakukan kedepannya.

Baca Ini Juga  Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan 2022

Jika ide-ide yang Anda dapatkan masih terlalu beragam, lakukan diskusi kembali. Dalam analisis SWOT, Anda harus mendapatkan ide yang banyak orang menyetujuinya. Sehingga ide tersebut bisa dikatakan valid dan layak.

Contoh Analisis SWOT Bisnis Online Fashion

Jika Anda masih belum memahami apa itu analisis SWOT, berikut ini contoh yang bisa Anda jadikan referensi.

Kekuatan (Strength)

  • Menggunakan bahan kain yang berkualitas.
  • Menyediakan pelayanan untuk pelanggan yang baik.
  • Menentukan harga jual produk yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas.
  • Memberikan kemudahan pembeli dalam melakukan pemesanan.

Kelemahan (Weakness)

  • Tim produksi masih terlalu sedikit.
  • Kecepatan produksi masih lambat.
  • Mesin dan peralatan kurang prima.

Peluang (Opportunity)

  • Peluang bisnis fashion masih sangat besar, mengingat jumlah penduduk di Indonesia yang begitu besar.
  • Pembeli akan lebih mudah ketika memesan setelah produk tersedia di marketplace.

Ancaman (Threats)

  • Persaingan untuk bisnis fashion begitu besar di Indonesia.
  • Harga bahan baku sering mengalami kenaikan.
  • Masih rawan produk tiruan.

Itulah informasi mengenai cara membuat analisis SWOT bisnis online yang bisa Anda coba. Dengan analisis ini, akan membantu Anda untuk mempercepat perkembangan bisnis. Untuk meraih kesuksesan, Anda harus step by step dalam menjalankan bisnis online.

Baca Ini Juga  20+ Soal Bisnis Online Kelas XII Beserta Jawabannya