cara membuat blog bisnis online

Cara Membuat Blog Bisnis Online Dengan Mudah

Diposting pada

Cara membuat blog bisnis online sebenarnya sangat mudah. Karena sudah banyak platform yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Blog biasanya menjadi media untuk menuangkan ide dan pikiran oleh banyak orang. Akan tetapi, bisa juga untuk membantu bisnis Anda bisa berkembang dengan baik. Jadi fungsi blog memang fleksibel, sesuai dengan kebutuhan.

Dalam bisnis online Anda, blog merupakan salah satu bagian yang cukup penting untuk membantu pertumbuhan bisnis. Blog tidak membutuhkan modal yang besar untuk membangunnya. Dengan adanya blog ini juga akan membantu untuk promosi dan sebagainya.

cara membuat blog dengan mudah

Cara Membuat Blog Bisnis Online Dengan Mudah

Nah berikut ini cara membuat blog bisnis online menggunakan WordPress. WordPress memiliki berbagai kelebihan daripada platform lainnya.

Tentukan Topik Dan Tujuan Blog

Sebelum membuat blog, Anda harus menentukan topik yang akan jadi pembahasan. Tujuannya agar Anda lebih mudah ketika proses pembuatan konten nantinya. Karena blog ini untuk bisnis online, Anda harus menyesuaikan dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda menjual berbagai macam parfum, Anda bisa memilih topik parfum untuk blog.

Baca Ini Juga  Nama Bisnis yang Bagus, Unik dan Membawa Keberuntungan

Kemudian tentukan juga tujuan dari pembuatan blog Anda. Apakah hanya berfokus untuk melakukan promosi produk saja, atau dengan menambahkan konten-konten tips. Anda bisa mengkombinasikan keduanya untuk menghasilkan konten yang menarik.

Beli Hosting dan Domain

Untuk membuat blog menggunakan WordPress, Anda membutuhkan hosting dan domain. Hosting ini berfungsi untuk menyimpan program dari WordPress, kemudian konten yang nantinya Anda posting. Sementara nama domain merupakan alamat dari blog yang bakal Anda buat. Pembelian hosting dan domain bisa melalui provider dari Indonesia atau luar negeri.

Proses pembeliannya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih paket hosting, kemudian menentukan nama domain dan membayarnya. Lalu instal WordPress melalui cpanel agar blog Anda segera bisa digunakan. Jika Anda mengalami kesulitan, bisa meminta bantuan pihak hostingnya.

Gunakan Template yang Bagus

Agar blog Anda terlihat profesional, Anda perlu menggunakan template yang bagus. Template ini bisa Anda dapatkan dengan membeli langsung ke developer. Bisa juga dengan menggunakan template gratis yang sudah tersedia di WordPress. Template gratis ini memiliki kualitas yang bagus, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

Baca Ini Juga  5 Untung Rugi Bisnis Online yang Harus Diketahui

Akan tetapi jika ingin lebih bagus lagi, Anda perlu menggunakan template premium. Biasanya, fitur yang tersedia lebih banyak dan desain tampilannya lebih beragam.

Mulai Posting Konten

Tahap berikutnya, Anda perlu memposting konten agar blog Anda tidak kosong. Posting artikel sesuai dengan tema dan tujuan yang telah Anda tentukan. Anda bisa membuat konten sendiri atau membayar penulis untuk mengerjakan pekerjaan ini. Pastikan konten yang dibuat memenuhi standar SEO.

Blog ini akan membantu Anda untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencarian. Pengunjung ini nantinya bisa menjadi calon pembeli dari bisnis Anda.

Optimasi Blog Anda

Optimasi blog ini penting, tujuannya agar blog memiliki kualitas yang lebih bagus. Biasanya optimasi dilakukan untuk mempercepat loading. Pengunjung sangat tidak suka dengan blog yang loadingnya lama, sehingga Anda harus melakukan optimasi untuk hal ini.

Jika ingin melakukan optimasi sendiri, Anda bisa menggunakan plugin-plugin WordPress. Namun jika ingin lebih cepat, bisa dengan menggunakan jasa optimasi.

Itulah informasi mengenai cara membuat blog bisnis online dengan mudah. Proses pembuatannya ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Kecuali untuk posting kontennya yang akan terus berkelanjutan.

Baca Ini Juga  4 Cara Mengurus Surat Izin Usaha Mudah Tanpa Ribet