Cara Memulai Bisnis Franchise

10 Cara Memulai Bisnis Franchise Dengan Mudah Tanpa Repot

Diposting pada

Sebelum memulai usaha sampingan, anda perlu mengenal Bisnis franchise yang kini kehadirannya sedang menjamur diberbagai daerah. Hadirnya bisnis sampaingan sebagai pemenuhan jawaban kebutuhan masyarakat dalam menghadapi era konsumtif pembelanjaan masyarakat segmentasi menengah yang semakin berkembang pesat.

Apa Itu Franchise?

Secara umum, franchise merupakan istilah yang dapat diartikan sebagai suatu sistem binis untuk diperjualbelikan agar mendatangkan income bagi pelakunya. Dalam dunia franchise, terdapat dua jenis istilah yang perlu Anda ketahui yakni:

1. Franchisor : Merupakan sebutan bagi pihak pemilik resmi franshise yang menyediakan suatu sistem bisnis, diantaranya supplai bahan baku, supplai kebutuhan dagang, dan trade merek resmi.

Lanjutkan Membaca

Umumnya, pihak franchisor dapat menerima beberapa royalty yang telah diatur sesuai kesepakatan yang berlaku dan beban biaya berkelanjutan yang dibebankan oleh pengguna franchise.

2. Franchise : Merupakan sebutan bagi pihak yang membeli sistem bisnis tersebut yang telah diatur sesuai kesepakatan yang berlaku. Dengan membayar beban biaya sesuai nominal tertera, pengguna franchise berhak untuk menggunakan trade merek, menjual produk dan layanan.

Ini Alasannya Harus Pilih Bisnis Franchise

Kini bisnis franchise dianggap sebagai solusi muktahir untuk membuka usaha tanpa ribet. Pasalnya, dalam membuka bisnis setidaknya anda perlu menyiapkan beragam komponen seperti branding merek, produk, layanan, bahan baku, dan lain sebagainya.

Kendala serupa lainnya ketika membangun bisnis franchise, kredibilitas belum terbangun seutuhnya. Imbasnya, praktisi bisnis mengalami kondisi jatuh bangun sudah menjadi hal lumrah.

Dengan memilih franchise, anda bisa mendapatkan semuanya dengan praktis dan tentunya kredibilitas kepercayaan masyarakat tertata dengan apik sebab sudah dilakukan branding sebelumnya.

Cara Memulai Usaha Franchise Tanpa Ribet

Dalam memulai usaha freelance agar menguntungkan, rasanya tidak cukup jika hanya mengetahui deretan daftar bisnis menguntungkan. Seyoyangnya, setiap bisnis yang digeluti sudah pasti memiliki peluang untung dan rugi baik cepat maupun lambat.

Baca Ini Juga  Ide Bisnis Kekinian Pada Masa Pandemi

Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk mengetahui sederatan cara memulai usaha franshise khususnya bagi pemula. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1. Pilih Bisnis Sesuai Passion

Untuk memulai bisnis tersebut, yang paling utama anda harus menemukan passion terbaik yang hendak dijalani. Pastikan passion tersebut sesuai dengan skill atau keahlian anda agar bisnis dapat memudahkan anda.

Franchise dapat ditemukan diberbagai jenis, seperti food beverage, otomotif, hingga industri. Tingga pilih sesuai yang anda inginkan.

2. Teliti dan Cermat Dalam Memilih Franchise

Tidak kalah penting juga untuk memilih franchisor terpercaya. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa hingga kini layanan franchise berkedok abal-abal terus marak hadir terutama melalui media sosial.

Salah satu ciri bahwa franchisor berkredibilitas terpercaya, umumnya tersedia situs website resmi untuk memudahkan calon pengguna dalam menemukan informasi yang dibutuhkan.

3. Pilih Lokasi Strategis

Nyatanya, pemilihan lokasi juga disebut sebagai faktor penting dalam menentukan keberhasilan bisnis. Lokasi merupakan sebuah tempat untuk melangsungkan bisnis secara jangka panjang. Ingat ini, sebagus apapun bisnis anda, lokasi sangat menentukan bisnis menguntungkan atau sebaliknya.

Tipsnya, pastikan anda memilih lokasi ramai penduduk atau tempat yang tergolong sering dikunjungi banyak orang, seperti area sekitar sekolah, pasar, atau tempat wisata.

4. Rincikan Modal Secara Detail

Memulai bisnis tidak terlepas dari pengeluaran dana untuk modal. Pasalnya, kebutuhan modal setiap bisnis sangat beragam. Hal ini berdasarkan jenis franchise yang anda ambil.

Rincikan pengeluaran sedetail mungkin, dari bahan baku, etalase, peralatan, sewa lokasi, hingga pengeluaran tidak terduga.

5. Pelajari Sistem dan Aturan Franchise yang Berlaku

Perlu diketahui, setiap franchisor memiliki sistem bisnis aturan yang berlaku berupa sistem pembayaran, sistem permintaan produk, sistem royalty, dan lainnya.

Baca Ini Juga  Tertarik Budidaya Sayuran Dirumah? Ini Tipsnya Biar Bisa Cuan

Jangan lupa pelajari juga tentang Standar Operasional Produk (SOP) yang diberlakukan. Hal ini demi menjaga kualitas dan citra produk di kalangan target pasar.

6. Analisa Pesaing Bisnis yang Sejenis Disekitar Lokasi

Meskipun pemilihan lokasi menjadi faktor penting, namun keberhasilan bisnis juga tidak terlepas dari rival atau pesaing bisnis yang sejenis.

Misalnya, disekitar lokasi anda menemukan usaha sejenis dengan anda meskipun beda produk yang hanya berjarak 1 hingga 2 meter. Sepatutnya anda perlu mempertimbangkan lokasi tersebut dengan melakukan riset dan varian produk yang dijual. Jika sekiranya masih produk kalah kualitas dibandingkan milik anda, tidak ada salahnya menggelar lapak di lokasi tersebut.

7. Melakukan Branding Promosi Produk

Promosi atau marketing merupakan startegi jitu untuk meluaskan target konsumen anda. Dengan demikian, peluang keuntungan yang didapatkan semakin besar. Namun, bagaimana caranya?

Sangat mudah. Pertama, buatlah konten semenarik mungkin tentang bisnis anda, baik video maupun gambar. Foto produk anda dengan nuasa cuamik dan kreatif.

Setelahnya, anda dapat melakukan branding promosi dengan memanfaatkan media social seperti facebook, Instagram, bahkan tiktok.

8. Buat Strategi Promosi Produk

Untuk menarik minat target pasar, anda memerlukan strategi promosi produk. Umumnya, promosi produk berupa misalkan ‘Beli 2 Gratis 1’ , atau ‘Potongan Harga Sebesar Rp 100 ribu’. Dalam hal ini, pastikan anda menggunakan strategi kalimat menarik agar calon konsumen semakin tertarik untuk membeli.

Dengan membuat strategi produk, konsumen mendapatkan benefit (keuntungan) dari produk anda. Hal ini juga sebagai upaya dalam membangun kredibilitas produk agar lebih dikenal oleh khalayak luas.

Namun perlu anda tentukan durasi promosi anda. Umumnya, promosi berdurasi dua minggu hingga satu bulan. Jangan terlalu lama justru akan membuat bisnis anda bangkrut secara perlahan.

Baca Ini Juga  5+ Ide Bisnis Online Untuk Pelajar yang Tidak Mengganggu

9. Buat Testimoni Konsumen

Tidak ada salahnya untuk membuat testimoni konsumen untuk membangun kredibilitas target konsumen. Dengan demikian, hal ini bertujuan agar calon konsumen tidak ragu dan akhirnya membeli produk anda dengan senang hati. Jangan lupa siapkan konten semenarik mungkin.

10. Daftarkan Usaha Melalui Layanan Delivery Online

Ketika bisnis anda mendapat tawaran order ke berbagai wilayah, mau tidak mau anda harus mengantarkan sampai tujuan. Namun, permasalahannya waktu dan biaya operasional pasti membengkak.

Solusinya, gunakan layanan delivery online dengan mendaftarkan ke layanan online terpercaya. Selain mendapat kredibilitas terpercaya, bisnis anda semakin berkembang pesat dikenal diberbagai daerah.

Ini Tips Memulai Bisnis Franchise Anti Bangkrut

Setelah mengetahui 10 cara mudah memulai bisnis franchise tersebut. berikut paparan tips yang perlu anda perhatikan sebagai calon praktisi franschise dalam memulai usaha agar meminimalisir peluang bangkrut. Apa saja itu?

  1. Siapkan mental yang kuat dalam menghadapi kondisi apapun
  2. Terus lakukan promosi marketing baik secara langsung atau media sosial.
  3. Ciptakan inovasi kreatif produk yang anda jalani
  4. Bangun personal branding secara perlahan namun pasti
  5. Layani konsumen dengan ramah dan sigap
  6. Planning strategi bisnis dengan tepat secara berkala
  7. Lakukan evaluasi bisnis anda secara berkala setiap satu bulan

Selesai sudah ulasan terkait cara dan tips dalam membangun bisnis franchise dengan cermat dan tepat. Semoga bermanfaat bagi khalayak luas, khususnya anda yang hendak berencana merintis bisnis.