Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan 2022

Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan 2022

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini harga belanja dot com akan membahas contoh usaha kecil-kecilan yang menjanjikan.

Ada baiknya sebelum kamu memulai bisnis atau usaha kecil-kecilan kamu terlebih dahulu mengetahui pasar serta seperti apa kompetitor kamu, agar bisnis kamu dapat berkembang dengan pesat.

Seorang pebisnis handal tak hanya mampu menganalisis resiko serta menyiapkan modal, akan tetapi seorang pebisnis harus mampu mengetahui dan mempelajari faktor apa saja yang mampu mempengaruhi bisnisnya dari berbagai sisi.

Selain itu mengoptimasi sumber daya yang ada juga merupakan faktor terpenting jika kamu menginginkan usaha kecil-kecilan kamu bisa bertahan dan terus menguntungkan.

Modal memang sangat berpengaruh pada awal merintis usaha pada setiap jenis bisnis yang akan kamu bangun. Biasanya semakin besar modal yang kamu miliki, maka akan semakin terbuka lebar peluang bisnis tersebut.

Ada pun tips yang dapat kamu terapkan pada tahap awal merintis bisnis kecil-kecilan adalah dengan mencari ide bisnis yang permintaannya tinggi tapi belum banyak orang yang menggarapnya.

Nah kemudian jangan lupa untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi di era digital seperti sekarang ini. Jaman dimana semua orang dapat mengakses beragam informasi yang mereka inginkan, temasuk mencari produk yang mereka butuhkan.

Peran digitalasasi pada usaha jenis apa pun akan sangat mempengaruhi kesuksesan dari bisnis tersebut. Cobalah untuk memanfaatkan akses dari berbagai platform media sosial seperti Instagram dan Facebook guna meningkatkan branding serta awarness bisnis kamu.

Nah bagi kamu yang bingung dalam memilih jenis usaha kecil-kecilan seperti apa yang paling menjanjikan, hargabelanja.com telah merangkumnya di bawah ini:

Usaha Makanan Ringan

Di jaman seperti sekarang ini, berangkat dari berbagai alasan banyak orang yang bekerja dari rumah. Dengan begini orang-orang akan cenderung memakan makanan ringan untuk membantu mereka tetap fokus dalam pekerjaan mereka.

Baca Ini Juga  Inspirasi Nama Toko Hoki yang Belum Dipakai

Makanan ringan adalah jenis bisnis yang tak ada matinya. Mengapa? Karena makanan merupakan sebuah kebutuhan dasar bagi setiap manusia yang bernafas. Mungkin dalam benak kamu akan muncul pertanyaan seperti “Kan udah banyak yang menggarap jenis bisnis ini, apakah masih worth it untuk dimulai?”

Ya memang sudah banyak orang yang menggarap ide bisnis ini, tapi disinilah peran salah satu anugerah terbesar yang dimiliki oleh manusia yang telah diberikan oleh Tuhan. Ya anugerah itu adalah akal. Dengan akal yang kreatif kamu bisa menciptakan ide makanan ringan yang baru dengan keunggulan yang belum dimiliki oleh kompetitor. Kita ambil contoh seperti dibawah ini:

  • Bungkus yang ramah lingkungan.
  • Bungkus atau kemasan yang unik dan trendy.
  • Makanan ringan yang sehat.
  • Murah.
  • Memanfaatkan ilmu gastronomi.

Dengan menyematkan beberapa keunggulan sepeti contoh di atas, yakin lah bisnis kamu akan bisa tumbuh dengan pesat. Tentu contoh di atas masih bisa kamu kembangkan lagi dengan kreatifitas kamu sendiri.

Bisnis Frozen Food

Kemudian contoh usaha kecil-kecilan yang selanjutnya adalah bisnis frozen food. Ide bisnis ini sebenarnya hampir mirip dengan bisnis makanan ringan, yang sama-sama memberikan jawaban bagi orang-orang yang menginginkan kecepatan dan kepraktisan dalam mendapatkan makanan.

Permintaan frozen food semakin meningkat tiap tahunnya. Semakin banyak orang yang memerlukan makanan praktis dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Tak heran jika bisnis ini semakin banyak peminatnya.

Bisnis Gas LPG dan Air Galon

Bisnis selanjutnya adalah bisnis gas lpg dan depot isi ulang air galon. Kebutuhan produk ini akan selalu tinggi, karena jika tidak ada ini maka kehidupan seseorang apalagi di daerah perkotaan akan terganggu.

Baca Ini Juga  Tips Menentukan Rapat Bisnis yang Efektif

Kamu tidak perlu menyewa ruko yang mahal untuk memulai bisnis ini, hanya dengan memanfaatkan lahan didepan rumah yang disulap menjadi tempat berjualan kamu sudah bisa membuka bisnis ini.

Tak ada tips khusus untuk bisnis semacam ini, kamu hanya perlu menerapkan strategi perang harga. Terbukti perbedaan 1000 rupiah saja bisa membuat pelanggan datang ke toko kamu.

Cloud Kitchen

Cloud kitchen adalah jenis bisnis yang hanya menawarkan makanan dengan sistem delivery atau take away saja, jadi kamu tidak perlu membuka tempat untuk makan.

Tipe usaha seperti ini sangat cocok buat kamu yang memiliki keterbatasan lahan tapi ingin membuka usaha kuliner siap saji atau cepat saji.

Ini juga merupakan ide bisnis yang masih naik daun dan belum memiliki banyak pesaing. Kamu bisa memulainya duluan jika di daerah tempat kamu tinggal belum ada jenis usaha seperti ini.

Prospeknya di masa depan pun sangat baik sekali, bisnis ini memungkinkan kamu untuk bisa mengembangkannya menjadi bisnis waralaba atau frenchise.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing pada dasarnya adalah cara marketing berbagai macam produk milik orang lain dengan sistem bagi hasil. Prinsipnya kamu hanya perlu membangun audiens pada media sosial yang kamu miliki dan kemudian mulai memasarkan produk yang dijual di Market Place seperti Shopee.

Orang-orang yang ingin membeli produk kamu harus mengklik link yang kamu buat sebelumnya melalui shopee. Jika ada terjadi proses check out kamu akan memperoleh beberapa persen dari total belanjaan orang tersebut.

Baca Ini Juga  3 Ide Bisnis Barang Bekas Tanpa Modal

Usaha Budidaya/Pertanian

Jangan anggap remeh bisnis yang satu ini. Jika kamu memliki lahan luas kamu seharusnya memanfaatkannya sebagai ladanga atau kandang untuk komoditas tertentu.

Kamu bisa memilih komoditas yang tinggi peminatnya seperti jamur, telur, daging ayam atau sayuran. Bisnis ini memang bisa dikatakan bukan bisnis yang mudah dan banyak orang yang malas untuk menggarapnya. Justru hal inilah yang menjadikan bisnis ini layak untuk kamu garap.

Tipe bisnis budidaya adalah bisnis jangka panjang, jika kamu hebat dan pintar dalam mengolahnya kamu bisa saja melakukan bisnis ekspot impor. Jangan takut untuk gagal, karena pada dasarnya tidak ada satu pun orang yang mampun untuk melihat masa depan.

Usaha Daur Ulang

Sampah merupakan permasalahan klise masyarakat perkotaan. Berton-ton sampah dihasilkan setiap harinya.

Tapi kamu bisa memanfaatkan keadaan ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa membuat semacam bank sampah untuk mendapatkan tipe-tipe sampah tertentu yang masih bisa di daur ulang.

Bisa saja kamu membuat produk kreatif dan jika bisnis kamu sudah besar kamu juga bisa menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar.

Hebat bukan? Tak hanya membantu mengatasi masalah lingkungan, bisnis kamu juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Itulah tadi beberapa contoh ide usaha kecil-kecilan yang dapat hargabelanja.com rangkum. Semoga artikel ini mampu menginspirasi kamu ya, terimakasih telah berkunjung.