Materi Sistem Produksi Produk

Materi Sistem Produksi Produk Usaha Bisnis Online Kelas 12

Diposting pada

Materi Sistem Produksi Produk Usaha Bisnis Online Kelas 12 – Tujuan dari materi ini nantinya Anda akan lebih memahami manajemen produksi, proses produksi hingga pengembangan produk. Sehingga ketika Anda membangun sebuah bisnis, bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan tentunya bermanfaat. Selain itu juga bisa mengetahui sistem produksiyang terstandar dan manfaat prosedur operasi standar dalam pelaksanaan produksi.

Materi Sistem Produksi Produk

Materi Sistem Produksi Produk Usaha Bisnis Online Kelas 12

Pengertian Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah ketentuan dari proses transformasi bahan baku menjadi produk atau layanan yang memiliki nilai penjualan. Manajemen produksi juga merupakan bagian dari bidang manajemen yang memiliki peran dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan sehingga tujuan komersial dapat dicapai. Untuk mengatur produksi, ada kebutuhan untuk keputusan yang berkaitan dengan Suaha untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, barang dan jasa yang akan Anda produksis sesuai dengan rencana.

Adapun beberapa ahli juga mendefinisikan pengertian manajemen produksi yaitu:
a. Sofyan Assauri
Menurut Sofyan Assauri, pengertian manajemen produksi adalah kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan penggunaan berbagai sumber daya; sumber daya manusia, sumber daya alat, sumber daya dana, dan bahan, secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambah kegunaan sebuah barang atau jasa.
b. Handoko
Menurut Handoko, pengertian manajemen produksi dan operasional adalah berbagai usaha pengelolaan secara optimal penggunaan semua sumberdaya (faktor-faktor produksi); tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah, dan lain sebagainya, didalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk atau jasa.
c. Irham Fahmi
Menurut Irham Fahmi, pengertian manajemen produksi adalah sebuah ilmu manajemen yang membahas secara menyeluruh bagaimana pihak manajemen produksi perusahaan menggunakan ilmu dan seni yang dimiliki dengan mengarahkan dan mengatur orang-orang untuk mencapai hasil produksi yang diinginkan.
d. Heizer dan Reider
Kemudian menurut enurut Heiser dan Reider, Manajemen Produksi adalah rangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.

Fungsi Manajemen Produksi

Menurut Sofyan Assauri, ada empat fungsi manajemen produksi yang penting, seperti berikut ini:

1. Perencanaan
Perencanaan memiliki keterkaitan dengan kegiatan produksi yang akan dilakukan sesuai dengan waktu dan periode tertentu. Dengan membuat perencanaan yang baik, maka dalam hal ini bisa meminimalisir biaya produksi. Dengan demikian, perusahaan bisa menentukan harga yang lebih sehat serta mendapatkan untung yang jauh lebih besar.
2. Jasa pendukung
Jasa penunjang di sini adalah sebuah sarana yang digunakan untuk menetapkan metode apa yang akan digunakan dalam produksi. Sehingga proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien. Jasa penunjang ini acap kali diperlukan dengan tujuan untuk membantu perusahaan agar bisa bersaing secara sehat dengan mengedepankan hasil yang berkualitas.
3. Proses pengolahan
Bisa dikatakan ini adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengolah produk. Dalam pelaksanaannya, proses ini sangat penting, terutama untuk memanfaatkan sumber daya secara efektif dan lebih efisien.
4. Pengendalian/pengawasan
Ini adalah fungsi untuk menjamin proses kegiatan agar sesuai dengan rencana. Dengan begitu tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana dengan baik.
Demikian informasi mengenai materi sistem produksi produk usaha bisnis online kelas 12. Jika Anda ingin mendapatkan yang lebih lengkap, bisa mencari di Google. Kemudian bisa langsung mendownloadnya sehingga bisa Anda baca kapanpun. Pada dasarnya, sistem produksi ini penting dalam sebuah bisnis online. Sehingga bisa menghasilkan produk yang menarik dan berkualitas.

 

Baca Ini Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online Elektronik Untuk Pemula