nama-toko

Cara Menentukan Nama Toko yang Bagus, Unik dan Keren

Diposting pada

HARGA BELANJA DOT COM – Mungkin bagi kebanyakan orang yang ingin mulai membuka toko, menentukan nama toko yang bagus adalah perkara yang tidak mudah.

Apakah kamu sekarang berencana untuk membuka toko? Atau mungkin kamu sedang bertanya-tanya nama toko seperti apa yang ideal untuk bisnis kamu?. Bagaimanapun, nama yang baik sangat penting untuk menarik pelanggan dan membuat mereka datang kembali.

Banyak alasan yang membuat orang kesulitan dalam menentukan nama sebuah toko. Memang perlu pertimbangan yang cukup matang dalam hal ini, mengingat nama toko adalah hal pertama yang dilihat oleh para calon konsumen.

Banyak orang atau pengusaha yang menghabiskan waktu yang cukup lama hanya untuk memikirkan nama toko yang cocok untuk jenis usahanya.

Jika kamu juga termasuk dalam golongan orang-orang tersebut mungkin kamu perlu membaca artikel ini sampai akhir. Disini hargabelanja.com akan memberikan rekomendasi ide nama-nama toko yang bagus, keren dan juga unik.

Bagaimana Cara Menentukan Nama Toko yang Bagus?

Harus kamu pahami  terlebih dahulu bahwa tujuan utama sebuah nama toko adalah untuk mengomunikasikan produk apa yang kamu tawarkan sekaligus mudah diingat dan unik. Berikut ini  adalah beberapa tips yang berguna dalam menentukan nama toko yang bagus:

Melakukan Riset

Saat pertama kali kamu ingin membuka toko untuk memulai bisnis, entah itu gerai atau toko online, pertama yang kamu pikirkan pasti “mau jual apa ya?”

Dengan melakukan riset nama toko yang bagus, kamu dapat juga menemukan ide-ide tentang apa aja yang harus di jual dalam toko kamu.

Riset nama toko dapat dilakukan dengan melihat toko-toko mana saja yang ramai pembeli. Cari tahu juga bagaimana mereka memberikan nama tokonya dengan nama yang tepat.

Baca Ini Juga  Letak Tanggal dan Nomor Ijazah Untuk Daftar CPNS  

Dengan melakukan riset nama-nama toko yang telah ada, kamu juga dapat mengetahui nama toko apa saja yang sudah ada. Sehingga kamu dapat memilih nama toko yang unik dan belum pernah digunakan oleh toko manapun.

Punya Arti yang Baik

Tentunya dalam memilih sebuah nama untuk bayi yang baru lahir, arti nama adalah bahan pertimbangan yang sangat penting.

Begitu juga dalam memilih nama toko. Kamu harus bisa memberikan makna yang positif dalam penamaan toko yang hendak kamu bangun.

Jangan gunakan nama-nama yang berkonotasi negatif seperti “Bakso Pocong, Mie Setan, Nasi Gila”. Penggunaan nama-nama tersebut tidak pantas, dan tidak enak didengar oleh calon pelanggan.

Walaupun kamu harus memlih nama toko yang unik, penggunaan nama-nama seperti ini bisa jadi tidak berkah karena nama adala sebuah doa.

Kamu juga bisa menambahkan nilai filosofis kedalam nama toko. Nilai-nilai filosofis yang disematkan pada nama toko kamu juga bisa menunjang brandingan toko kamu.

Buat Nama yang Sederhana

Jangan memilih nama toko yang terlalu panjang atau rumit. Ingatlah bahwa nama toko kamu harus menarik bagi para calon pelanggan. Seharusnya nama toko terdengar menyenangkan, akrab, dan membangkitkan emosi positif. Nama toko yang bagus itu harus mudah diucapkan dan mudah untuk diingat.

Perhatikan nama  toko “ZXOHA Store”, tidak hanya sulit untuk diucapkan tetapi nama itu juga tidak jelas. Jika kamu memilih nama toko yang semacam ini, mungkin kamu akan selalu menjelaskan nama toko kamu kepada setiap para pelanggan. Ini bukanlah hal yang baik, berarti nama toko kamu itu tidak bagus sehingga sulit untuk di maknai oleh para pelanggan kamu.

Baca Ini Juga  Gaji PT KAI dan Tunjangannya

Manusia itu memiliki keterbatasan dalam mengingat. Beberapa calon pembeli mungkin hanya melihat toko kamu sekilas saja. Jika nama tokonya mudah untuk dibaca dan diingat ada kemungkinan besar calon pembeli tadi datang kembali ke toko kamu.

Jika kamu memiliki produk yang baik dan unggul dari toko yang lain, maka pelanggan akan melakukan repeat order. Nama toko yang sederhana, simpel, mudah dibaca akan sangat memudahkan pelanggan untuk datang kembali ke toko kamu. Dengan begini kamu dapat merauk keuntungan yang lebih besar.

Kreatif, Jangan Meniru Kompetitor

Hindari pemilihan nama yang terlalu mirip dengan bisnis lain di sektor industri yang sama.

Sebagai contoh, penggunaan nama “Pizza Hot” yang terisnpirasi dari “Pizza Hut”. Atau kalau kamu ingat kasus ayam geprek “Bensu” artis yang sempat viral. Perebutan nama dagang yang sempat dibawa ke ranah hukum.

Nama toko yang terlalu mirip dengan nama toko yang lain akan dapat pelabelan dari pelanggan berupa “penjiplak, abal-abal, kw, tidak berkualitas”.

Penamaan nama toko yang semacam ini bukan hanya merusak reputasi toko kamu, tetapi juga bisa berbahaya karena melanggar undang-undang hukum yang berlaku tentang Hak Cipta.

Pertimbangkan Nama Domain

Jika kamu hendak membuka toko online, nama domain adalah hal harus kamu pertimbangkan.

Setelah kamu mempersempit pilihan nama toko yang cocok dengan ide bisnis kamu, kamu harus memastikan nama yang ingin kamu gunakan tersedia di jasa penyedia domain seperti Niagahoster. Periksa apakah nama domain tersebut sudah terdaftar sebagai merek dagang atau diakuisisi oleh bisnis lain.

Baca Ini Juga  Gaji Pegawai Bank BTN dan Jabatannya

Jika kamu berencana memiliki toko online yang bagus, membeli domain adalah hal yang memang harus kamu lakukan.

Nama domain dapat memengaruhi visibilitas/peningkatan traffic online shop kamu dan juga sangat berpengaruh pada digital marketing.

Pilih Nama Toko yang Fleksibel

Maksud dari nama toko yang fleksibel adalah nama toko yang cocok untuk digunakan di berbagai platform, seperti instagram, twitter, shopee, dan lain lain.

Beberapa dari platform tersebut membatasi penggunaan jumlah karakter yang tersedia untuk nama. Jadi sebaiknya hindari penggunaan nama toko yang terlalu panjang.

Punya Nilai Sejarah

Ini sifatnya opsional, boleh dipakai boleh tidak. Karena ini adalah hal yang lebih bersifat pribadi. Tetapi memberikan nilai histori pada nama toko kamu, itu dapat membuat motivasi kamu dalam mengembangkan bisnis.

Nilai sejarah itu mungkin bisa mengingatkan kamu tentang arti hidup atau hal yang semacamnya, kamu sendiri yang menentukan.

Sesuaikan Nama Toko dengan Target Market

Menyesuaikan nama toko dengan target market bisnismu, dapat membantu toko kamu menjadi mudah dicari. Seperti penggunaan nama toko “Gudang Sepatu Bandung” atau “Pusat Jajanan KBI”.

Nama nama seperti ini mungkin kurang baik, karena tidak unik, keren, dan kurang kereatif. Tapi jangan salah, nama nama toko yang seperti ini yang mudah dicari di search engine maupun marketplace.

Tapi balik lagi keselera bagaimana cara kamu berbisnis, ini hanya adalah sebuah saran.