Paypal

Paypal: Jenis-jenis, Cara membuat Akun dan Menggunakan Paypal

Diposting pada

Era pandemi seperti sekarang, memang menjadi salah satu kesempatan bagi kita untuk mulai mencari tambahan pendapatan. Makanya tidak heran jika kebanyakan orang, mulai mendownload berbagai aplikasi penghasil uang tambahan. Dan kebanyakan aplikasi tersebut, sering menggunakan paypal sebagai salah satu sistem pembayarannya.

Tapi, karena jarang yang sering menggunakan paypal, tidak jarang yang mulai kebingungan bagaimana cara penggunaannya. Nah, agar menghindari hal tersebut, maka begini penjelasannya mengenai paypal lebih lanjut.

Sejarah Paypal

Dalam sejarahnya, paypal dulunya adalah salah satu perusahaan join venture antara perusahaan confinity serta x. com. Dulu perusahaan paypal digunakan sebagai standar alternatif pembayaran online biasa.

Hal tersebut muncul, dan menjadi jalan kesuksesan paypal sampai sekarang, ketika sebuah perusahaan mengakuisisi paypal dengan jumlah sekitar lebih dari 1 triliun rupiah. Mengingat ebay melihat bagaimana nantinya perkembangan dari paypal ini, yang mana ternyata mempunyai daya pikat yang sangat kuat untuk berbagai kalangan.

Hingga ebay pun menghapus salah satu metode pembayaran yang sebelumnya juga diakuisisi oleh mereka. Dan sampai sekarang, paypal menjadi salah satu jenis metode pembayaran online yang sekarang banyak orang menggemarinya.

Itulah sepenggal dari sejarah adanya paypal ini. Nah, karena paypal menjadi satu pilihan orang-orang dalam melakukan transaksi, jangan bersedih jika kalian belum bisa menggunakan paypal. Karena untuk menggunakan paypal, kalian harus terlebih dahulu membuat akun paypal ini. Lalu bagaimana caranya?

Cara Membuat Akun Paypal

Untuk cara membuatnya, pastikan kalian sudah menginjak usia 18 tahun saat kalian akan membuat akun paypal. Mengingat paypal belum menyediakan rekening yang sesuai dengan umur di bawah 18 tahun. Jika sudah, maka begini caranya.

  1. Untuk langkahnya, kalian harus membuka website resmi, atau
  2. Kalian bisa langsung download aplikasi paypal untuk lebih mudah membuat akunnya
  3. Jika sudah, maka kalian akan mendapati halama kosong, yang mana harus kalian isi tentang biodata diri kalian
  4. Namun, sebelumnya kalian harus memilih terlebih dahulu jenis akun paypal apa yang akan kalian pilih untuk membuat akun paypal.
  5. Jika sudah memilih, baru kalian isi data diri, lalu rekening bank apa yang tersambung dengan paypal, dan sebagainya.
  6. Klik verifikasi jika kalian rasa sudah pas datanya, dan valid
  7. Tunggu beberapa saat, hingga muncul notifikasi pada email kalian tentang langkah terakhir memverifikasi akun paypal kalian
  8. Jika sudah verifikasi, maka klik “setuju dan buat rekening”
  10++ Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Namun bicara soal paypal, ada beberapa jenis akun paypal yang sebenarnya bisa kita pakai, sesuai dengan keperluan kalian.

Jenis-jenis akun paypal

1. Akun paypal bisnis

Akun paypal bisnis ini biasanya digunakan untuk sebuah perusahaan yang memang sudak skalanya besar, dan sudah memiliki berbagai usaha yang sudah cukup terkenal. Untuk akun ini, mereka juga memfasilitaskan kalian tools dari eBay yang bisa kalian akses.

Namun perlu kalian ingat, jika menggunakan akun ini, kalian akan dikenakan biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Akun ini bisa menggunakan nama perusahaan kalian.

2. Akun paypal personal

Akun ini banyak yang memakai untuk kepentingan transfer ke ATM pribadi, ataupun mendapatkan withdraw dari aplikasi penghasil uang.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kalian hanya cukup mencantumkan nama pribadi kalian, serta data-data yang sesuai dengan biodata yang valid.

3. Akun paypal primer

Nah, akun ini sebenarnya level ke dua dari akun bisnis tadi. Yang mana akun ini sangat cocok untuk kalian yang baru saja terjun ke dunia bisnis. Yang mana usaha kalian masih berkembang, namun kalian ingin memiliki rekening sendiri untuk perusahaan kalian.

  Daftar 5 Bisnis Untuk Anak Muda yang Recommended

Nah, kalian bisa menggunakan jenis akun ini. Kalian juga bisa mengakses tools eBay, yang mana dapat membantu kalian dalam mencatat segala transaksi yang ada.

Nah, sudah ada gambaran bukan bagaimana mudahnya menggunakan paypal sebagai pilihan kalian dalam bertransaksi. Lalu bagaimana ya cara mencairkan dana dari paypal ke rekening sendiri?

Cara Mencairkan Dana Paypal Ke Rekening Pribadi

Jika kalian memperhatikan salah satu di pilihan profil akun paypal kalian, maka ada salah satu pilihan yang mana bisa kalian sambungkan dengan rekening bank yang kalian pakai saat ini. Namun jika masih bingung, begini cara mencairkannya:

  1. Yang pasti kalian pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah memiliki akun paypal
  2. Pastikan juga bahwa akun paypal kalian sudah tersambung dengan rekening bank kalian.
  3. Jika sudah, login ke akun paypal kalian.
  4. Pilih transfer money di pilihan saldo
  5. Setelah itu masukkan nominal pembayaran yang akan kalian cairkan ke rekening pribadi kalian
  6. Lalu, pilih rekening pribadi mana yang akan kalian pakai untuk mendapatkan dana transfer dari akun paypal kalian
  7. Jika sudah, maka klik “send”, lalu tunggu hingga maksimal waktu yang ditentukan dalam pentransferan dana.

Cara tersebut bisa langsung kalian praktekkan jika mungkin kalian memang sedang membutuhkan dana, yang mana sumber dananya dari paypal.

Tapi, terkadang kita saat membuat akun paypal, pasti ada pilihan untuk menggunakan kartu kreditnya. Hal tersebut sering membuat kita terbesit pertanyaan, bisakah jika kita menggunakan akun paypal, tapi tidak memakai kartu kreditnya?

  Pinjaman Online: Kelebihan, Persyaratan, Ciri-ciri dan Tips Mengajukannya

Pada dasarnya, paypal memberikan fasilitas kartu kredit guna mempermudah kita sebagai pengguna jika kita suka berbelanja online, entah dalam e-commerc manapun, kalian tidak perlu ribet tranfer dana dari tabungan kalian, dan sebagainya.

Kalian cukup langsung login ke akun paypal, lalu bisa langsung check out. Pertanyaannya, bisa tidak kita menggunakan rekening paypal meski tidak menggunakan kartu kredit? Jawabannya adalah tetap bisa.

Yang tidak bisa adalah, jika kita tidak menyambungkan dengan ATM rekening bank pribadi kita. Yang mana akan sulit jika kita akan mentransfer dana dari akun paypal ke rekening bank sendiri. Maka sangat penting untuk kalian menyambungkan kartu rekening ke paypal.

Namun, untuk menghubungkan kartu kredit ke paypal, kalian harus memutuskan terlebih dahulu akun rekening bank kalian. Mengingat paypal tidak bisa menggunakan dua kartu sekaligus dalam satu tranksaksi.

Jenis Transaksi Paypal

Maka, ada beberapa jenis transaksi yang ada di paypal, yang mana bisa kalian lakukan, antara lain:

  1. Transfer dana ke rekening bank kalian
  2. Menabung di paypal, jika kalian suka bermain game dengan cara withdraw ke paypal
  3. Kalian juga bisa minta transferan kepada maksimal 20 orang terdekat kalian.

Untuk estimasinya, biasanya sampai dengan 7 hari jam kerja. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.