Cara Daftar Mitra GoFood
Cara Daftar Mitra GoFood

Mudah! Ini Syarat dan Cara Daftar Jadi Mitra GoFood

Diposting pada

Gimana cara daftar jadi mitra GoFood? Biayanya berapa? Syaratnya apa saja? Mungkin kamu akan memiliki banyak pertanyaan seperti itu ketika punya keinginan untuk menjual makanan di GoFood. Namun tenang, karena pada artikel ini kami akan memberikan ulasan lengkapnya kepada kamu. Termasuk step by step dari mulai hingga bisa jualan dengan laris manis. Sebelumnya kami juga pernah membahas cara daftar mitra ShopeeFood, kamu bisa melaihatnya juga jika tertarik.

Sebagaimana usaha pada umumnya, menjual makanan secara online juga terdapat tantangan di dalamnya. Termasuk jika kamu hendak menjadi mitra GoFood. Maka dari itu, kami akan membahas terkait dengan mitra GoFood.

Sekilas Tentang GoFood

GoFood merupakan sebuah layanan pesan antar makanan berbasis online yang mana itu bisa kita temukan pada aplikasi induknya, yakni GoJek. Dengan kata lain, GoFood tidak dapat kita pisahkan dari Gojek yang memiliki peran menjadi media penghubung antara si penjual dengan pengguna aplikasi atau pembeli.

Secara sederhana, di dalam GoFood terdapat empat pihak yang berperan sebagai pelaku ekosistem jual-beli makanan online ini. Pertama jelas pihak GoFood itu sendiri, ia berperan sebagai penyedia layanan, kemudian ada penjual yang memiliki produk (makanan dan minuman). Lalu ada pengemudi GoJek yang bertugas mengantarkan pesanan makanan tersebut, dan yang terakhir adalah pelanggan atau pembeli itu sendiri.

Baca Ini Juga  5 Cara Sukses Bisnis Properti Yang Paling Oke

Syarat dan Cara Jadi Mitra GoFood

Cara jadi mitra GoFood dari Gojek pada dasarnya cukup mudah. Kamu dapat mendaftar cukup melalui online. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak dan memperhatikan dengan baik step by step menjadi mitra GoFood berikut ini. Dan sebelum masuk ke cara pertama, siapkan terlebih dahulu dokumen pendukung sebagai bagian dari syarat jadi mitra GoFood berikut ini.

  • KTP Pemilik Usaha Makanan
  • Rekening Bank Sesuai KTP
  • Data Usaha Makanan; seperti nama rumah makan atau resto, NPWP kalau ada, alamat lengkap rumah makan, serta foto bagian rumah makan dari luar.

Jika semua itu sudah kamu siapkan, langsung saja kita masuk ke proses daftarnya.

Cara Daftar Mitra GoFood

Terdapat tiga langkah mudah pada bagian cara daftar mitra GoFood kali ini. Kamu bisa melewatinya satu per satu dengan cermat dan jangan sampai ada kesalahan. Karena jika terjadi kesalahan, kamu bisa saja tidak mendapat ijin untuk berjualan makanan di GoFood.

1. Daftar Mitra GoFood di Aplikasi GoBiz

Langkah pertama cara daftar mitra GoFood adalah dengan memastikan smartphone kamu mendukung untuk menginstal aplikasi GoBiz. Isi identitas pada kolom yang tersedia seperti data identitas pribadi dan data bisnis yang ingin kamu daftarkan. Pastikan untuk mengisi identitas restoran atau tempat makan sesuai dengan dokumen foto.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Web Gratis untuk Jualan Online

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan mengenali restoran kamu. Jadi selain mengisi nama restoran sesuai dengan nama asli, tambahkan pula kata kunci dari produk serta wilayah termasuk dalam jangkauan. Contohnya, “Bebek Penyet Mang Jono Jakarta”.

2. Menunggu Verifikasi Data

Jika data telah kamu kirimkan, langkah selanjutnya adalah menunggu maksimal selama 2 hari kerja. Karena data yang kamu kirim akan melalui proses verifikasi tim GoBiz terlebih dahulu. Biasanya terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi pada tahap ini:

  • Pendaftaran disetujui, maka kamu akan mendapatkan pesan email dan dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.
  • Belum disetujui, kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui email untuk mengubah data. kamu dapat membuat perubahan data dan mengirimnya kembali maksimal sebanyak 3 kali (selama 14 hari).
  • Pendaftaran ditolak, kamu akan mendapatkan pesan di email yang biasanya karena terdapat data yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan GoBiz.

3. Langkah Terakhir, Aktivasi Akun

Saat kamu mendapatkan pemberitahuan persetujuan sebagai mitra GoFood, hal tersebut tidak secara otomatis kamu bisa langsung menjual makanan pada aplikasi GoFood. Kamu berkewajiban untuk terlebih dahulu melakukan aktivasi akun.

Baca Ini Juga  5 Cara Bisnis Online Barang Impor Untung Besar

Adapun proses aktivasi ini menyesuaikan dengan pilihan layanan yang kamu tentukan sebelumnya. Jika kamu memilih untuk mengaktifkan layanan POS atau GoKasir. Biasanya itu akan secara langsung aktif. Namun untuk layanan GoPay, kamu biasanya harus menunggu maksimal 7 hari kerja.