Cara Memperbaiki AC yang Tidak Mau Menyala

7 Cara Memperbaiki AC yang Tidak Mau Menyala

Diposting pada

Apakah Anda mengalami AC yang tidak mau menyala ? Masalah ini memang sering dihadapi oleh pengguna AC, setelah mereka mencoba menyalakan ternyata tidak mau menyala. Cara memperbaiki AC yang tidak mau menyala cukup mudah, namun Anda harus mengecek penyebabnya.

Pada dasarnya, AC bisa dinyalakan melalui dua metode, manual dan remote. Umumnya, orang menggunakan remote untuk menyalakan maupun mematikan, karena prosesnya yang sangat mudah dan simpel.

kenapa cctv tidak mau menyala

Cara Memperbaiki AC yang Tidak Mau Menyala

Jika AC Anda tidak mau menyala, mungkin ada masalah di bagian komponennya. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pembongkaran.

Kabel AC Belum Terpasang

Untuk mengatasi AC yang tidak menyala coba cek bagian kabelnya. Masalahnya mungkin sesederhana kabel AC tidak Anda colokan, hal ini biasanya terjadi di rumah yang memiliki jendela. Dalam kebanyakan kasus, akan ada kabel cokelat kecil yang berasal dari AC Anda yang terhubung ke panel di samping rumah Anda.

Kabel ini bisa dicabut dan seringkali penggunanya lupa memasang kembali. Ini akan menghentikan aliran listrik ke AC Anda, mencegahnya menyala.

Baca Ini Juga  Cara Mengatur Suhu AC Agar Nyaman Untuk Tidur

Kapasitor AC Anda Mati

Jika unit AC Anda mengalami kesulitan saat menyala atau mati secara mendadak, atau jika Anda mendengar suara klik dari unit AC luar ruangan, kemungkinan kapasitor AC Anda telah mati.

Kapasitor adalah bagian integral dari sistem AC. Ini terhubung ke sirkuit motor dan memberi motor dorongan awal untuk mulai berjalan. Kapasitor terputus dari sirkuit setelah motor mencapai kecepatan tertentu saat proses menyala.

Saluran Pembuangan AC Tersumbat

Kurangnya perawatan akan menyebabkan AC pada akhirnya menjadi kelebihan air dan tersumbat oleh kotoran. Pastikan Anda menjaga saluran pembuangan kondensat agar tetap bersih. Caranya mudah, cukup dengan menuangkan air mendidih ke pipa pembuangan Anda setiap bulan, tidak perlu terlalu banyak cukup satu gelas saja. Sebelum Anda melakukan ini, pastikan untuk mematikan AC dan catu daya terlebih dahulu agar tidak mengalami konsleting.

Cek Bagian Saklar

Sama seperti peralatan listrik lainnya, AC Anda juga memiliki tombol ON/OFF. Anda akan menemukannya di dekat tempat AC terpasang. Mungkin bukan Anda yang mematikannya, melainkan orang lain di rumah yang tidak bilang-bilang. Jadi, setiap kali AC Anda tidak mau untuk dihidupkan, periksa saklar sebelum Anda melakukan hal lain. Solusinya sederhana, nyalakan sakelarnya, dan AC akan nyala seperti semula.

Baca Ini Juga  Cara Memperbaiki Kipas AC Tidak Mau Berputar

Kebocoran Refrigeran

Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengecek kebocoran refrigeran bahkan sebelum AC Anda berhenti mati. Ketika AC tidak membuat ruangan dingin, atau jika tagihan listrik Anda naik tanpa alasan yang jelas, kemungkinan ada masalah kebocoran refrigeran.

Masalah ini cukup serius, jika Anda membiarkannya,  dapat menyebabkan keracunan refrigeran. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menghubungi teknisi profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

Motor AC Bermasalah

Perlu Anda ketahui, kapasitor adalah bagian yang mengisi daya motor AC Anda. Jika AC Anda sudah berusia lebih dari 15 hingga 20 tahun, kapasitor yang rusak mungkin menjadi penyebab tidak mau menyala.

Untuk mengetahui apakah ini masalahnya, Anda dapat menggunakan multimeter. Tapi perlu diingat untuk mematikan AC dan mematikan dayanya sebelum menguji motor AC Anda. Jika ternyata motor berfungsi dengan baik, maka Anda bisa mencoba memeriksa bagian lain.

Termostat Salah Membaca Suhu

Masalah lain yang mungkin menyebabkan AC tidak mau menyala adalah termostat Anda salah membaca suhu di rumah Anda dan mati secara otomatis. Hal ini dapat terjadi jika termostat Anda terletak di dinding yang menghadap ke luar atau dekat dengan ruangan di rumah Anda dengan fluktuasi suhu yang signifikan, seperti ruang cuci atau dapur. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus memasang termostat di lokasi yang berbeda.

Baca Ini Juga  Mengenal Fungsi Mode yang Ada Di Remote AC

Itulah beberapa cara memperbaiki AC yang tidak mau menyala dengan mudah. Anda bisa melakukan perbaikan sesuai dengan penyebab yang telah ditemukan.