Cara Memperbaiki Kipas AC Tidak Mau Berputar

Cara Memperbaiki Kipas AC Tidak Mau Berputar

Diposting pada

Saat AC bekerja terus menerus, maka akan membuat bagian kondensor menjadi panas. Maka dari itu, ada komponen lain yang berfungsi untuk mendinginkan bagian tersebut yakni kipas. Akan menjadi masalah jika kipas tidak mau berputar. Selain sebagai pendingin kondensor, kipas juga memiliki tugas untuk membung udara panas dan mengurangi tekanan refrigerant. Anda harus paham cara memperbaiki kipas AC yang tidak mau berputar.

Jika tidak segera diperbaiki, bisa menyebabkan komponen kondensor rusak. Penyebabnya tentu karena tidak ada yang mendinginkan bagian tersebut. Ada beberapa masalah yang sering membuat kipas AC tidak mau berputar.

mengatasi kipas ac tidak berputar

Cara Memperbaiki Kipas AC Tidak Mau Berputar

Ada beberapa penyebab yang membuat kipas AC tidak mau berputar, Anda mungkin bisa menyelesaikan masalah ini sendiri.

Kontaktor Bermasalah

Jika Anda memiliki masalah kipas AC tidak berfungsi, itu bisa disebabkan oleh masalah pada kontaktor kompresor. Saklar kompresor unit mengirimkan tegangan listrik ke unit kipas dan kondensor. Ini memberi power yang mereka dibutuhkan untuk berputar. Saklar terletak di unit kompresor. Sakelar ini biasanya aus dan rusak seiring waktu, yang menyebabkan kipas berhenti berputar dan unit berhenti bekerja. Jika ini terjadi, kontaktor perlu diperbaiki atau diganti.

Baca Ini Juga  Mengenal Fungsi Mode yang Ada Di Remote AC

Masalah Daya

Alasan kipas AC Anda tidak berputar bisa jadi karena masalah daya. Jika sistem terlalu panas, akan menyebabkan kipas AC Anda berhenti berputar, dan tidak akan bekerja. Namun jika masalahnya tidak serius, Anda bisa menyalakannya kembali setelah mematikan beberapa saat. Jika pemutus sirkuit terus mengalami masalah, Anda mungkin memerlukan teknisi listrik untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda harus berhati-hati ketika mencoba memperbaiki sendiri, karena terdapat tegangan tinggi dan jika menyentuh kabel yang salah dapat menyebabkan sengatan listrik.

Filter Udara Tersumbat

Penyebab lain kipas unit AC tidak berputar adalah filter udara yang tersumbat. Jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda mengganti filter unit, saatnya untuk menggantinya.  Filter udara dapat tersumbat oleh kotoran, debu, bulu, serbuk sari, dan kotoran lainnya.

Jika filter udara tersumbat, aliran udara akan terhambat, yang dapat menyebabkan penumpukan es. Jika es berada di sekitar koil evaporator, kipas dapat berhenti bekerja dan menyebabkan koil membeku. Anda bisa mencoba mengganti filter udara untuk menyelesaikan masalah, tetapi jika koil membeku, lebih baik teknisi yang menangani.

Baca Ini Juga  Harga AC Panasonic 2 PK Murah Terbaik

Fan Motor Bermasalah

Jika Anda belum menemukan penyebabnya, coba dek apakah ada kerusakan pada fan motor dengan memutar bilah dengan tangan. Ketika bilah tidak berputar normal, berarti bearing motor part tersebut sudah aus. Jika ini masalahnya, saatnya untuk mengganti bagian tersebut. Namun jika baling-baling dapat berputar, coba untuk memeriksa daya yang masuk ke motor kipas. Jika daya dapat terhubung ke fan motor dan motor tetap tidak mau hidup, Anda perlu menggantinya.

Termostat Kontrol Suhu Bermasalah

Termostat kontrol suhu di unit AC diketahui memiliki kontak listrik berbeda yang dapat terbakar atau mati seiring waktu. Jika salah satu kontak ini terbakar, maka termostat akan berhenti berfungsi. Motor kipas harus berjalan sepanjang waktu jika kompresor menyala.

Jika kompresor berjalan tetapi motor kipas tidak, itu berarti kapasitor motor kipas mungkin perlu diperbaiki. Namun, jika kedua bagian tidak berfungsi sama sekali, Anda dapat menggunakan multimeter untuk menguji kontinuitas termostat kontrol suhu. Jika tidak memiliki kontinuitas, ganti juga.

Baca Ini Juga  Cara Mengatasi Remote AC yang Tidak Berfungsi

Demikian informasi cara memperbaiki kipas AC yang tidak mau berputar. Anda bisa menangani masalah ini sendiri, atau memanggil teknisi yang profesional.