Cara Mengatasi Remote AC yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Remote AC yang Tidak Berfungsi

Diposting pada

Dengan adanya remote, Anda akan lebih mudah dalam menggunakan AC. Melalui perangkat ini, Anda bisa menghidupkan, mematikan dan mengontrol AC dengan mudah. Namun ketika remote tidak berfungsi, Anda akan sulit untuk mengontrolnya. Untuk itu, perlu memahami bagaimana cara mengatasi remote AC yang tidak berfungsi. Sehingga bisa menangani masalah itu sendiri.

Pada saat pembelian AC, umumnya sudah termasuk remotenya. Jadi ini memang masuk dalam paket pembelian AC yang diberikan secara gratis. Fungsinya cukup banyak, mulai dari mengatur kecepatan kipas, mengatur suhu, mengubah mode dan masih banyak lagi.

cara memperbaiki remote ac

Cara Mengatasi Remote AC yang Tidak Berfungsi

Untuk mengatasi masalah pada remote AC yang tidak menyala, Anda bisa mencoba beberapa hal cara ini.

Sensor Jarak Jauh AC Bermasalah

Jika ada debu pada sensor remote AC Anda, hal itu dapat menyebabkan masalah transmisi. Jika perlu, bersihkan sensor pada remote control Anda dengan kain basah. Penyebab lain yang sering membuat remote berhenti bekerja adalah kelembapan. Remote Anda mungkin rusak karena tumpahan minuman atau cairan lainnya. Anda bisa mencoba membersihkan sensor jarak jauh AC sendiri, kemudian cek apakah remote sudah berfungsi atau belum.

Baca Ini Juga  Harga AC Portable Panasonic

Periksa Baterai

Untuk memeriksa baterai, caranya seperti membuka bagian belakang remote TV . Hal yang sama dapat dilakukan dengan remote AC. Balikkan remote control dan geser penutup belakang. Anda bisa mengatur ulang penempatan remote AC yang Anda miliki. Jika ini tidak berhasil, Anda bisa mengganti dengan baterai yang baru. Pada dasarnya,  saat baterai habis, sebuah pesan akan ditampilkan di layar kendali jarak jauh. Saat ikon ini muncul, saatnya mengganti baterai.

Cek Pengaturan AC

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang ketika menggunakan remote AC adalah salah menekan tombol. Hal itu dapat membuat pengaturan berubah. Jika remote Anda sudah menggunakan baterai baru tetapi masih tidak berfungsi, coba setel ulang remote AC. Lihat panduan penggunaan produk jika Anda masih menyimpannya. Anda juga bisa mencari panduan melalui internet sesuai dengan merk yang Anda gunakan.

Remote AC Terlalu Jauh

Masalahnya mungkin sepele, Anda mungkin menggunakan remote AC terlalu jauh. Jika Anda mengarahkan remote ke AC dan menekan tombol ON tetapi tidak mendapat respons, Anda mungkin terlalu jauh dari unit AC. Dalam kondisi tertentu, jarak sensor maksimum 10 meter. Coba untuk mengarahkan remote dengan posisi lebih dekat. Jika masih belum terselesaikan, Anda bisa mencoba mengecek bagian-bagian lainnya.

Baca Ini Juga  Harga AC Panasonic 2 PK Murah Terbaik

Periksa Merk AC Anda

Periksa apakah remote yang Anda gunakan sesuai atau tidak. Seringkali orang memiliki beberapa AC dengan merk yang berbeda. Remote yang Anda gunakan mungkin tidak berfungsi karena remotenya tidak sesuai. Anda bisa mencoba mengontrol AC dengan jarak yang lebih dekat. Jika remotenya sesuai, pasti akan berfungsi dengan baik.

Cek Papan Sirkuit Remote

Remote sering terjatuh ke lantai dan dapat menyebabkan sambungan pada papan sirkuit rusak. Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan kaca pembesar, sehingga bisa lebih jelas. Solder semua sambungan yang mungkin mengalami masalah.

Jika ada tanda kerusakan karena air, Anda dapat menggunakan methyl spirits dan sikat gigi untuk membersihkan papan sirkuit.
Kemudian keringkan dengan pengering rambut.

Itulah beberapa cara mengatasi remote AC yang tidak berfungsi. Anda bisa menyelesaikan masalah ini sendiri jika memang paham. Namun jika tidak, bisa meminta bantuan teknisi yang memang sudah berpengalaman.