Cara Mengatur Suhu AC Agar Nyaman Untuk Tidur

Cara Mengatur Suhu AC Agar Nyaman Untuk Tidur

Diposting pada

Kualitas tidur akan membantu tubuh untuk bisa bugar keesokan harinya. Dengan tidur, Anda akan lebih mudah menghilangkan stres dan membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Agar bisa tidur dengan nyenyak, butuh lingkungan yang mendukung. Salah satunya dengan mengontrol suhu ruangan yang ada di dalam kamar. Jadi Anda harus tahu bagaimana cara mengatur suhu AC agar nyaman untuk tidur.

Jika Anda memiliki AC di kamar, pasti akan mudah untuk mengontrol suhu ruangan. Setiap orang memang memiliki suhu favorit untuk bisa tidur nyenyak. Ada orang yang suka dengan AC yang tidak terlalu dingin, namun ada juga yang suka dengan suhu ruangan yang dingin. Banyak merk AC yang bisa Anda pilih, pastikan memiliki kualitas yang bagus agar nyaman saat digunakan.

suhu ac yang bikin nyaman

Cara Mengatur Suhu AC Agar Nyaman Untuk Tidur

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatur suhu AC agar membuat Anda bisa nyaman ketika tidur.

Atur AC Dalam Mode Cool

AC memiliki beberapa mode yang dapat diatur melalui remote, salah satunya mode cool. Dengan mode ini, AC bisa mendinginkan ruangan secara maksimal. Jika Anda memang suka dengan suhu yang dingin, bisa menggunakan mode ini. Untuk mengatur ke mode ini, cukup dengan menekan tombol “❆”dan mengarahkan ke AC. Tunggu beberapa saat sampai suhu ruangan Anda berubah.

Jika Ingin Menurunkan Suhu, Lakukan Perlahan

Perubahan suhu yang cepat akan membuat Anda kurang nyaman ketika tidur. Melalui remote AC, Anda bisa dengan mudah menaik turunkan suhunya. Jika merasa kurang nyaman dengan suhu saat ini, coba untuk menurutkannya secara perlahan. Turunkan per satu derajat, dan tunggu sampai menemukan suhu yang paling sesuai.

Atur Suhu AC Sesuai Kondisi Anda

Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Jika merasa tubuh sedang kurang fit, Anda tidak bisa menggunakan suhu dingin saat tidur. Hal itu justru akan membuat tidur menjadi kurang nyaman. Namun jika tubuh Anda terus merasa gerah yang membuat kesulitan tidur, coba untuk mengatur suhu menjadi lebih rendah. Anda bisa mengatur suhu AC melalui remote. Namun jika remote AC tidak berfungsi, Anda perlu mengaturnya secara manual.

Pakai Mode Swing

Selain cool mode yang sudah dibahas tadi, ada juga Swing Mode yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan mode ini, maka akan membuat AC mampu memaksimalkan suhu ruangannya. Fungsi dari swing mode ini adalah untuk menggerakan kisi AC untuk naik dan turun secara terus menerus. Hal ini akan membuat hembusan angin AC lebih merata, tidak di satu sisi saja.

Pastikan Jendela Tertutup

AC akan bekerja maksimal dalam pendinginan asalkan ruangan benar-benar tertutup. Untuk itu, Anda harus memastikan semua jendela tertutup dengan baik sebelum menyalakan AC. Selain jendela, Anda juga harus menutup pintu kamar agar suhu dingin tidak keluar. Pastikan juga tidak ada celah yang membuat udara dari dalam kamar bisa keluar. Jika masih ada celah udara di kamar Anda, AC akan bekerja keras terus menerus. Hal itu akan membuat penggunaan listrik boros.

Baca Ini Juga  7 Cara Memperbaiki AC yang Tidak Mau Menyala

Jangan Terlalu Dingin

Agar tidur menjadi lebih nyaman, jangan gunakan suhu terlalu rendah dalam ruangan. Mungkin saat awal-awal tidak ada masalah, namun selang beberapa saat, pasti akan merasa tidak nyaman. Anda bisa mengatur suhu menjadi 25 derajat, jika masih kurang dingin, bisa menurunkan secara perlahan. Lakukan secara perlahan agar perubahan suhu tidak terlalu cepat.

Penyebab AC Tidak Mau Dingin

Ada beberapa penyebab yang membuat AC yang Anda miliki tidak mau dingin. Jika sudah mengetahui masalahnya, Anda bisa melakukan perbaikan.

Filter AC Kotor

Jika Anda tidak rutin memeriksa dan mengganti filter udara AC, kemungkinan besar AC yang Anda memiliki filter udara kotor yang menyumbat. AC yang meiliki filter tersumbat akan membatasi aliran udara ke rumah Anda dan menyebabkan kerusakan pada bagian lainnya, seperti koil evaporator.

Jika terjadi masalah ini, akibatnya akan membuat AC tidak mau mengeluarkan udara yang dingin. Untuk itu, Anda perlu mengganti filternya, atau menggantinya dengan yang baru agar kerjanya bisa maksimal. Selain itu juga bisa karena kipas AC tidak mau berputar.

Ukuran AC Tidak Sesuai

Padad dasarnya, AC memiliki beberapa ukuran dengan kemampuan yang berbeda-beda. Penyebab AC tidak mau dingin mungkin karena ukurannya tidak sesuai dengan ruangannya. Ruangan yang terlalu besar akan membuat AC tidak bekerja maksimal untuk mendinginkan udara.

Namun, AC yang terlalu besar juga akan membuat Anda tidak nyaman. Karena AC yang lebih besar tidak perlu bekerja terlalu lama untuk mendinginkan ruangan yang kecil, AC akan mati dengan sangat cepat. Itu berarti tidak dapat menghilangkan kelembapan udara dengan baik.

Terjadi Kebocoran

Saat terjadi kebocoran pada AC, akan menyebabkan kehilangan hampir sepertiga dari efisiensi sistem AC Anda. Selain itu, Anda kehilangan banyak udara yang didinginkan oleh sistem AC. AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah, namun Anda hanya akan mendapatkan udara dingin yang sangat sedikit.

Masalah ini memang sudah sering terjadi, Anda harus segera menanganinya. Jika masih bisa diperbaiki, lakukan perbaikan terlebih dahulu. Namun jika masih belum terselesaikan, Anda bisa mengganti komponen-komponennya.

Kondensor AC yang Kotor

Salah satu masalah yang sering membuat AC tidak mau dingin adalah kondensor yang kotor. Komponen ini letaknya berada di luar bagian AC, berfungsi untuk memanaskan gas refrigerant. Efek dari kondensor yang kotor ini adalah AC yang tidak mau dingin. Agar masalah ini tidak sering terjadi, Anda harus rutin membersihkan kondensornya. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunaan sabun dan air secara perlahan.

Baca Ini Juga  Daftar Harga AC LG Murah Terbaru

Saat Anda pergi dengan waktu yang lama, tutup bagian kondensornya agar tidak kotor. Sehingga ketika Anda gunakan lagi, AC bisa cepat mendinginkan ruangan.

Jendela Atau Pintu Terbuka

Untuk menghasilkan udara yang dingin secara maksimal, ruangan harus benar-benar tertutup. Pastikan tidak ada jendela atau pintu yang masih terbuka, itu yang sering menyebabkan AC tidak mau dingin. AC memang dikhususkan untuk ruangan yang tertutup, sehingga mampu mendinginkan ruangan secara maksimal.

Salah Mengatur Termostat

Untuk mengatur termostat sebenarnya sangat mudah, bisa mengaturnya melalui remote langsung. Kesalahan ini yang sering membuat AC seperti tidak mengeluarkan udara dingin. Ketika suhu ruangan Anda berada di 24 derajat, pengaturan termostatnya harus berada di bawahnya, misalnya 21 atau 20, sesuai keinginan. Jika Anda mengaturnya lebih dari 24, maka suhunya akan lebih tinggi dari suhu ruangan.

Ruangan Terpapar Sinar Matahari

Kondisi ini terjadi pada siang hari saat sedang terik matahari. Cahaya matahari dari luar yang masuk ke dalam ruangan membuat udara akan menjadi lebih panas. Hal itu yang seringkali membuat AC seperti tidak mau dingin. Jika sinar matahari masuk melalui kaca jendela, Anda bisa menambahkan gorden, kemudian atur suhu di bawah suhu ruangan pada saat itu.

Penyebab AC Tidak Mau Menyala

Ada beberapa masalah yang seringkali membuat AC tidak mau menyala. Masalah ini sebenarnya umum, namun banyak orang yang tidak memahaminya.

Motor AC Tidak Bekerja

Jika AC Anda mengeluarkan suara aneh sebelum masalah tidak mau menyala muncul, masalahnya mungkin pada motor yang rusak. Untuk mengetahui apakah motor AC masih berfungsi, Anda dapat melakukan tes kapasitor.

Jika masalahnya adalah motor Anda, Anda harus segera melakukan perbaikan. Atau bahkan yang lebih parah, harus mengganti unit dengan yang baru.

Kondensor Kotor

Seiring penggunaan, jamur mungkin akan tumbuh di atasnya. Dalam beberapa kasus, bahkan burung membuat sarang mereka di bagian pembuangan udara. Jika AC Anda tidak mau menyala, salah satu masalahnya bisa karena kondensor kotor.

Anda dapat membersihkannya dengan menempatkan unit kondensor AC Anda di luar rumah, mengangkat tutupnya, dan menggunakan vac basah/kering dan vac DIY atau cuka putih suling untuk menghilangkan kotoran di dalamnya. Namun, sebelum Anda melakukannya, pastikan untuk mematikan sumber listrik yang mengalirkan listrik ke AC Anda. Jika ini terdengar terlalu rumit, hubungi kami dan kami akan menanganinya.

Baca Ini Juga  Harga Exhaust Fan Panasonic Semua Ukuran

Masalah Pada Daya

Salah satu masalah yang sering membuat AC tidak mau menyala adalah adanya masalah pada daya. Anda bisa mengecek, apakah saluran daya bekerja dengan baik atau tidak. Masalah ini seringkali terjadi ketika AC bekerja dengan durasi waktu yan sangat lama. Anda bisa mencoba menyalakan menggunakan remote AC terlebih dahulu.

Untuk memperbaikinya, pertama-tama periksa apakah AC Anda disetel ke pengaturan “dingin”. Ubah suhu menjadi 5 derajat lebih dingin, apakah suhunya akan berubah atau tidak. Jika masih tidak berfungsi, lihat apakah pemutus sirkuit memiliki masalah atau tidak.

Sekering Bermasalah

Seperti halnya pemutus arus, sekering akan mati jika ada terlalu banyak arus listrik yang melalui kabel. Kotak sekering adalah kotak persegi kecil di dinding luar rumah Anda. Anda dapat membukanya dengan mengangkat tutup logamnya. Tarik sekering keluar dan gunakan multimeter untuk melakukan tes kontinuitas. Jika salah satu sekering tidak berfungsi, Anda cukup membeli yang baru dan menggantinya.

Masalah Kelistrikan

Jika Anda menggunakan AC, pastikan instalasi kabelnya dilakukan dengan baik. Seringkali, kesalahan dalam pemasangan kabel dapat membuat arusnya tidak maksimal. Apalagi jika kabel bermasalah, seperti digigit tikus sehingga tidak bisa mengalirkan arus listrik.

AC Anda mungkin tidak mau menyala karena masalah kelistrikan ini. Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecekan, periksa seluruh bagian kabel, ada masalah atau tidak. Jika ada masalah, Anda bisa mengganti kabel dengan yang baru agar AC bisa bekerja secara normal.

Sensor AC Mati

Jika saat Anda menyalakan AC menggunakan remote, namun tidak kunjung menyala, masalah mungkin ada pada sensor AC yang rusak. Biasnaya, sensor ini rusak karena terkena air saat Anda mencucinya. Agar sensor kembali berfungsi, Anda bisa mencoba membersihkannya. Pastikan tidak ada kotoran atau air yang ada di bagian sensor. Setelah itu jangan lupa untuk mengelapnya menggunakan tisu kering agar bersih secara maksimal. Masalah ini sering banget dialami oleh pengguna AC yang tidak berhati-hati.

Itulah informasi mengenai cara mengatur suhu AC agar nyaman untuk tidur dan beberapa masalah yang sering terjadi. Jika Anda mengalami masalah pada AC, pastikan segera menanganinya. Anda bisa menanganinya sendiri, atau dengan bantuan teknisi yang profesional. Jika dibiarkan saja, mungkin kerusakannya akan merembet ke bagian lain.