mengenal mode yang ada di remote ac

Mengenal Fungsi Mode yang Ada Di Remote AC

Diposting pada

Banyak pengguna AC yang hanya mengenal mode cool dan mode dingin saja, pada hal ada beberapa mode yang bisa digunakan. Fungsinya pun berbeda beda, Anda harus mengenal fungsi mode yang ada di remote AC agar bisa memaksimalkan penggunaannya. Dengan adanya remote ini, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol suhu.

Penempatan tombol mode di remote mungkin akan berbeda-beda, tergantung merk apa yang Anda gunakan. Namun secara fungsinya sama, Anda bisa mencobanya langsung.

fungsi remote ac

Mengenal Fungsi Mode yang Ada Di Remote AC

Ada beberapa mode yang ada di remote AC, Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan karena memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Dry Mode

Pada saat AC Anda ubah ke dalam dry mode, maka hanya kipas dan komponen lainnya yang akan bekerja, tetapi tidak mengeluarkan udara dingin.

Sebaliknya, udara akan melewati AC, dan uap mengembun di evaporator. Semua ini secara efektif menghilangkan kelebihan kelembaban di udara. Kemudian melewati udara kering dan melemparkannya kembali ke dalam ruangan. Pada dasarnya, cara kerja dry mode ini sama seperti dehumidifier.

Baca Ini Juga  7 Rekomendasi AC yang Dingin Untuk Kamar Tidur

Cool Mode

Cara kerja cool mode dalam AC adalah dengan mengambil udara panas dan menjalankannya melalui kompresor sehingga menghasilkan dingin sebelum menghembuskannya ke kamar Anda. Cool mode adalah mode default yang terjadi saat Anda menyalakan unit AC untuk jangka waktu yang lama.

AC memiliki dua pengaturan yaitu suhu dan kecepatan kipas. Anda dapat mengaturnya untuk mendapatkan suhu yang diinginkan.

Auto Mode

Saat Anda mengubah AC Anda ke auto mode, hal itu akan menjaga rumah Anda pada suhu yang tetap. Berapa pun suhu yang Anda atur ke auto mode adalah suhu yang akan Anda rasakan. Oleh karena itu, kipas hanya akan bekerja ketika perlu memanaskan atau mendinginkan ruangan berdasarkan suhu yang Anda atur. Mode ini cocok untuk Anda yang memang sudah nyaman dengan suhu tertentu.

Fan Mode

Mode ini akan membuat Anda tetap sejuk dan nyaman sekaligus membantu Anda meminimalkan biaya listrik.  Sebagai perbandingan, fan mode hanya menghabiskan hingga 150W. Padahal, jika Anda memilih mode default, itu bisa menghabiskan 1000W. Tak heran jika banyak pengguna AC sering kaget dengan tagihan listriknya, karena mereka lebih sering menggunakan mode default. Fan mode ini pada dasarnya mirip dengan kipas angin, udara yang akan keluar seperti biasa tanpa adanya udara dingin.

Baca Ini Juga  Harga Exhaust Fan Panasonic Semua Ukuran

Sleep Mode

Ini adalah mode yang dapat Anda aktifkan pada unit AC Anda yang secara efektif akan mengatur udara di seluruh rumah Anda pada malam hari. Karena suhu tubuh Anda menurun secara alami di malam hari, suhu AC Anda dapat meningkat sebanyak 1 derajat per jam hingga 3 derajat, dan Anda bahkan tidak akan menyadarinya. Saat Anda mengaktifkan sleep mode, Anda dapat memanfaatkan penghematan ini.

Sensor Mode

Perlu Anda ketahui, setiap AC pasti memiliki sensor untuk mengetahui kondisi suhu ruangan. Dengan mengaktifkan mode ini, maka suhu AC akan diatur secara otomatis. Jadi, jika Anda memiliki masalah sensor yang tidak berfungsi, itu dapat menyebabkan masalah dengan seluruh sistem Anda karena tidak akan mengukur suhu secara akurat di kamar atau rumah Anda.

Penting untuk Anda mengenal fungsi mode yang ada di remote AC, sehingga bisa menggunakannya secara maksimal. Anda bisa menyesuaikan suhu dengan mudah menggunakan mode-mode ini.