Cara Melakukan Screenshot di Laptop

Diposting pada

Mendengar istilah screenshot sepertinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Biasanya orang-orang melakukan screenshoot di smartphone, namun Anda juga bisa melakukan screenshot di laptop. Fitur yang satu ini cukup esensial dan banyak digunakan untuk menangkap gambar pada layar. Hampir semua pengguna smartphone mengetahui cara untuk screenshoot.

Selain di smartphone, anda juga bisa menangkap layar menggunakan laptop. Biasanya ada file atau dokumen penting yang harus Anda simpan namun tidak bisa di download. Dengan screenshot layar menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda lakukan. Cara melakukan screenshoot di laptop juga tidak begitu sulit, ada beberapa macam tips yang bisa Anda lakukan untuk mengambil gambar pada layar laptop.

Cara Screenshoot di Laptop

Salah satu cara melakukan screenshot di laptop yang paling sering digunakan adalah memakai tombol print screen pada keyboard. Akan tetapi, untuk hasilnya tidak sesuai dengan ukuran gambar yang diinginkan. Maka perlu memotong hasilnya jika ingin mendapatkan tangkapan layar sesuai selera. Pengambilan screenshoot dengan menggunakan cara ini akan tertangkap seluruh layar.

  Harga dan Spesifikasi iPhone SE Terbaru

Setelah Anda menekan tombol print screen, proses screenshoot terjadi secara otomatis dan gambar sudah tersimpan. Hasilnya bisa Anda paste atau tempel di word atau dokumen lainnya. Untuk melakukan screenshot pada laptop bisa Anda lihat cara berikut:

  • Buka halaman yang ingin Anda screenshoot pada laptop.
  • Tekan tombol print screen pada keybord laptop, pada tahap ini tidak ada reaksi apapun namun proses screenshoot sudah berjalan.
  • Buka aplikasi untuk menempelkan gambar, misal ms word. Tempel dengan cara menekan tombol ctrl + v untuk melihat hasilnya.
  • Jika hasil tangkapan tidak sesuai, maka potong bagian yang tidak perlu.
  • Simpan hasil tangkapan screeshot pada layar laptop.

Cara Screenshot Laptop

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil gambar pada layar laptop. Selain menggunakan tombol print screen, Anda juga bisa menggunakan kombinasi windows + print screen. Metode yang satu ini juga sangat mudah, cukup dengan menekan windows pada keybord kemudian tekan print screen. Setelah itu, halaman layar akan tertangkap secara keseluruhan.

  Biaya Studi Pondok Pesantren Gontor Tahun 2021/2022

Menggunakan tombol windows + shift + S juga menjadi salah satu cara melakukan screenshot di laptop yang sangat efektif. Akan tetapi, cara ini hanya bisa Anda lakukan jika sudah update windows 10 versi yang terbaru. Selain windows 10, Anda bisa menggunakan cara lainnya untuk melakukan screenshot pada layar.

Salah satunya menggunakan snipping tool, aplikasi bawaan laptop ini menjadi solusi yang paling tepat untuk melakukan screenshot dengan mudah. Bahkan Anda bisa menentukan ukuran layar yang ingin diambil sesuai keinginan.

Melakukan screenshot paling tidak membutuhkan waktu beberapa detik saja. Anda tidak perlu bingung jika ingin mengambil gambar pada layar laptop.

Screenshoot Laptop

Screenshot di laptop sudah menjadi suatu hal yang familiar, beragam cara bisa Anda lakukan untuk menangkap gambar pada laptop. Meski memiliki fungsi yang sama, cara ini berbeda dengan yang ada pada smartphone. Cara melakukan screenshoot di laptop kebanyakan menggunakan keybord. Namun ada juga cara lain baik menggunakan aplikasi atau lainnya.

Orang-orang biasanya akan memilih cara yang paling mudah untuk melakukan screenshot di laptop. Semakin banyak cara yang Anda kuasai maka akan semakin efektif. Screenshoot bisa Anda manfaatkan untuk keperluan yang diinginkan seperti membuat tugas tutorial, sebagai bukti, dan lain sebagainya.

  Persyaratan Pendaftaran PPPK 2021

Cara melakukan screenshoot di laptop terbilang sangat mudah. Ada beberapa macam pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menangkap gambar pada layar laptop. Pilih cara yang paling mudah dan langsung praktekan supaya mengetahui hasilnya.