smartphone flagship recommended Hargabelanja.com

5 Smartphone Flagship Recommended 2022 [Spek & Harga]

Diposting pada

Para vendor smartphone terus menjejali pasar Indonesia dengan gawai flagship berbanderol mahal. Kebanyakan gawai tersebut datang dari vendor yang namanya sudah populer seperti Samsung, Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo. Meski begitu, ada pula pemain senior seperti Motorola yang ikut meluncurkan produk flagshipnya.  Banyaknya pilihan membuat bingung calon pembeli. Lantas, apa smartphone flagship recommended yang laik untuk dipertimbangkan?

Artikel berikut membahas beberapa ponsel flagship lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Smartphone Flagship Recommended Lengkap dengan Spesifikasi dan Harganya

Smartphone Flagship Recommended #1: Apple iPhone 14 Pro Max

Apple iPhone 14 Pro Max Smartphone Flagship Recommended
source: GSMArena

Apple iPhone 14 Pro Max memperoleh predikat ‘iPhone terbaik’ untuk tahun 2022 (GSMArena). Predikat ini tentu datang dengan sebuah alasan. Dari aspek hardware, ponsel ini memang meyakinkan. Paduan chip A16 Bionic dengan RAM 6 GB membuat aktivitas berat berjalan lebih ringan di ponsel ini.

Spesifikasi Apple iPhone 14 Pro Max

Apple iPhone 14 Pro Max tampil dengan desain takik baru. Ukurannya lebih kecil daripada versi pendahulunya. Adapun, layarnya menggunakan panel OLED dengan bentang 6,7 inci yang mendukung resolusi 2796 x 1290 pada 460 ppi.

Untuk sektor fotografi, ponsel ini menggunakan sensor quad-pixel dengan resolusi 48 MP, kamera 12 MP (ultrawide) dan 2 kamera telephoto 12 MP.

Rangkaian kamera tersebut mendukung perekaman video 4K pada kecepatan yang bervariatif, mulai dari 24 fps, 25 fps, 30 fps hingga 60 fps. Selain itu, pengguna juga bisa merekam video 1080p pada kecepatan 25 fps, 30 fps dan 60 fps.

Pada bagian depan tersemat kamera 12 MP yang memiliki fitur Focus Pixels. Kamera tersebut …

Bobot ponsel ini sekitar 240 gram dengan dimensi bodi 160,7 mm x 77,6 mm x 7,85 mm. Untuk aspek hardware, Apple iPhone 14 Pro Max mengandalkan chip A16 Bionic yang terdiri dari CPU hexa-core. Apple mengklaim CPU tersebut menawarkan kinerja 40% lebih cepat dibandingkan kompetitornya.

Ponsel ini menawarkan RAM 6 GB yang berpadu dengan 5 opsi penyimpanan, diantaranya 128 GB, 256 GB, 512 GB dan 1 TB. Semuanya tanpa slot kartu SIM (untuk pasar Amerika). Namun, ponsel ini bisa men

Baca Ini Juga  11 Contoh Soal Evolusi Biologi Kelas 12 Beserta Jawaban dan Pembahasan

Menariknya, Apple iPhone 14 Pro Max juga membawa baterai dengan kapasitas cukup besar, yakni 4323 mAh. Baterai tersebut telah mendukung fast charging. Apple mengklaim ponsel ini dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Harga Apple iPhone 14 Pro Max

Apple membanderol iPhone 14 Pro Max dengan harga sekitar USD 1,099 atau senilai Rp.17 jutaan. Ponsel ini hadir dengan 4 pilihan warna berbeda, yakni space black, silver, gold, dan deep purple.

Smartphone Flagship Recommended #2: Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro Smartphone Flagship Recommended
source: GSMArena

Jika Anda mencari smartphone flagship yang menawarkan performa unggul sekaligus pengisian daya cepat, maka Xiaomi 12 Pro bisa menjadi pilihan terbaik. Tak hanya unggul dari segi pengisian daya, ponsel ini juga membawa 3 kamera utama yang seluruhnya beresolusi 50 MP.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro menggunakan panel AMOLED yang memiliki diagonal 6,73 inci dengan resolusi WQHD+ 1440 x 3200 piksel. Layar tersebut berlapiskan pelindung Corning Gorilla Glass Victus dan sudah mendukung tingkat kecerahan (brightness) hingga maksimum 1.500 nit.

Ponsel ini juga memiliki pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint). Sementara, di bagian atas terdapat sebuah punch hole yang menyimpan kamera selfie beresolusi 32 MP.

Di bagian belakang, tersusun 3 kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (wide), kamera ultrawide 50 MP dan kamera telephoto 50 MP. Ketiganya terangkai secara vertikal pada sebuah modul yang berbentuk persegi panjang.

Untuk dapur pacu, ponsel ini menggunakan chip paling mumpuni dari Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Chip ini memiliki CPU octa-core yang memberikan kecepatan hingga 3.0 GHz.

Di sisi grafis, ada GPU Adreno 730 yang menawarkan performa baik dalam mengolah grafis. Selain itu, Xiaomi 12 Pro juga membawa konfigurasi RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB. Ponsel ini tidak menyediakan slot microSD.

Untuk sistem operasi, ponsel ini menjalankan Android 12 yang berlapiskan antarmuka MIUI 13. Terdapat pula baterai dengan kapasitas 4.600 mAh yang mendukung aktivitas smartphone ini. Baterai tersebut telah didukung dengan teknologi HyperCharge 120 W.

Dalam mode boost, Xiaomi mengklaim ponselnya dapat mengisi daya hingga penuh dalam waktu 18 menit. Sementara, dalam mode biasa pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 24 menit.

Adapun, untuk pengisian daya mode wireless 50 W, Xiaomi 12 Pro membutuhkan waktu sekitar 42 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Harga Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro memiliki banderol yang cukup mahal. Untuk varian 12 GB / 256 GB, harganya adalah sekitar Rp. 12.999.000. Ponsel ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, diantaranya Purple, Gray, dan Blue.

Smartphone Flagship Recommended #3: Oppo Find X5 Pro

Oppo Find X5 Pro Smartphone Flagship Recommended
source: GSMArena

Mengusung teknologi 4K Ultra Night Video, Oppo Find X5 Pro bisa menjadi pesaing berat dalam pasar smartphone flagship. Dengan teknologi tersebut, ponsel ini bisa merekam video 4K dengan kualitas unggul pada malam hari. Hasil rekaman pun bersih tanpa efek grain.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Angka Kelahiran Kasar dan Jawabannya

Spesifikasi Oppo Find X5 Pro

Seperti smartphone flagship recommended lainnya, Oppo Find X5 Pro menawarkan performa gesit karena membawa SoC (system on chip) Snapdragon 8 Gen 1. Chip tersebut merupakan penerus chip Qualcomm sebelumnya, yakni Snapdragon 888 dan 888 plus.

Selain Snapdragon 8 Gen 1, kinerja ponsel ini juga terbantu oleh konfigurasi RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB. Sementara, GPU Adreno 730 membantu dari segi grafis.

Kombinasi seluruh komponen tersebut membantu Oppo Find X5 Pro untuk bekerja 30% lebih baik daripada generasi sebelumnya. Selain itu, ponsel ini mampu menghemat daya sampai dengan 25%.

Selain konfigurasi 12 GB / 256 GB, Oppo juga menawarkan varian 8 GB / 256 GB dan 12 GB / 512 GB.

Hal menarik lainnya dari smartphone ini terletak pada sistem operasinya. Saat ini, Oppo Find X5 Pro menjalankan OS Android 12. Namun menurut rencana, ponsel ini bakal menjadi gawai pertama yang menerima update Android 13 Beta.

Layarnya menggunakan panel LTPO2 AMOLED yang membentang dengan diagonal 6,7 inci. Layar tersebut mendukung resolusi 1440 x 3216 piksel dan berlapiskan Corning Gorilla Glass Victus.

Untuk sektor fotografi, ponsel ini membawa rangkaian kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (wide),  13 MP (telephoto), dan 50 MP (ultra wide).  Semuanya terletak di punggung ponsel. Adapun, di bagian depan terdapat kamera selfie beresolusi 32 MP.

Ponsel ini juga membawa kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 5000 mAh. Baterai tersebut telah mendukung teknologi pengisian cepat SuperVOOC Flash Charging 80 W dan mode pengisian daya wireless AirVOOC 50 W.

Untuk mengurangi panas akibat pemrosesan aplikasi, ponsel ini memanfaatkan teknologi pendingin Multi-tier Cooling System.

Harga Oppo Find X5 Pro

Oppo membanderol Find X5 Pro varian 12 GB / 256 GB dengan harga sekitar Rp. 12.900.000.

Smartphone Flagship Recommended #4: Vivo iQoo 9 Pro

source: GSMArena

Vivo meluncurkan iQoo 9 Pro sebagai smartphone gaming. Karenanya, tak heran bila ponsel ini memiliki performa yang gesit. Selain menawarkan spesifikasi unggul, ponsel ini juga membawa kamera utama 50 MP yang cocok untuk mendukung kegiatan fotografi.

Spesifikasi Vivo iQoo 9 Pro

Hadir sebagai smartphone gaming, Vivo iQoo 9 Pro mengusung chip paling handal rancangan Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Chip dengan fabrikasi 4 nm ini memang menjadi chip unggulan sekarang.

Selain itu, ada pula GPU Adreno 730 yang cukup baik dalam membantu proses pengolahan grafis. Untuk konfigurasi RAM dan penyimpanan, pilihannya cukup bervariatif. Opsi yang tersedia adalah 8 GB / 256 GB, 12 GB / 256 GB dan 12 GB / 512 GB.

Ponsel ini memiliki layar LTPO2 AMOLED dengan bentang 6,78 inci yang menyajikan resolusi QHD+ dengan kedalaman warna 10 bit dan kecerahan 1500 nits.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Bernadi Utama

Chip Khusus

Menariknya, Vivo juga melengkapi iQoo 9 Pro dengan chip khusus untuk memaksimalkan warna dan kontras layar. Chip tersebut juga membantu meningkatkan frame rate sehingga pengalaman bermain gim terasa lebih nyaman. Hanya saja, efek tersebut tidak berlaku untuk semua gim.

Untuk fotografi, Vivo menyiapkan rangkaian kamera dengan resolusi yang mumpuni. Ada kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 50 MP dan kamera telephoto 16 MP yang bisa melakukan zoom gambar optik hingga 2,5x. Semuanya terletak di punggung Vivo iQoo 9 Pro.

Sementara, di bagian depan ada kamera 16 MP yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan selfie dan video call.

Selain kamera, ponsel ini juga menawarkan teknologi pemindai sidik jari yang mengandalkan sensor ultrasonik 3D Sonic Max rancangan Qualcomm. Klaimnya, teknologi tersebut dapat bekerja 11x lebih cepat dibandingkan teknologi pemindai sidik jari yang tersemat pada iQoo 7.

Fitur lainnya yang melengkapi Vivo iQoo 9 Pro adalah sistem pendingin Vapor Chamber Liquid, speaker dual stereo dan motor X-axis linear.

Ponsel ini menggunakan baterai berkapasitas sedang, yakni 4700 mAh. Baterai tersebut telah mendukung teknologi pengisian daya cepat 120 W dan teknologi pengisian daya wireless 50 W.

Menariknya, ponsel ini menampilkan desain unik hasil dari kolaborasi Vivo iQoo dengan BMW M Motorsport. Desain tersebut nampak pada penampang ponsel yang memiliki finishing matte berwarna putih dengan garis merah, hitam dan biru yang melintang secara vertikal.

Harga Vivo iQoo 9 Pro

Harga Vivo iQoo 9 Pro varian 12 GB / 256 GB adalah sekitar Rp. 13,4 jutaan.

Smartphone Flagship Recommended #5: Motorola Edge 30 Ultra

Motorola Edge 30 Ultra Smartphone Flagship Recommended
source: GSMArena

Anda mencari smartphone flagship recommended yang memiliki kamera mumpuni? Motorola Edge 30 Ultra pilihannya. Ponsel ini mengusung kamera 200 MP yang merupakan resolusi kamera tertinggi di industri smartphone saat ini.

Spesifikasi Motorola Edge 30 Ultra

Motorola Edge 30 Ultra menawarkan sensor kamera 200 MP sebagai daya jual utamanya. Kamera utama yang terletak di punggung ponsel tersebut menggunakan sensor ICOCELL HP1 dengan dukungan penstabil gambar OIS.

Tak sendirian, kamera tersebut ditemani oleh kamera ultra wide 50 MP dan kamera telephoto 12 MP. Adapun, kamera selfie 60 MP terletak di area punch hole yang berada di atas layar.

Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki desain yang menawan. Layar ponsel juga terlihat melengkung di tepi kanan dan kiri sehingga bezelnya nampak tipis.

Ponsel ini memiliki layar OLED dengan diagonal 6,67 inci yang mendukung resolusi Full HD Plus dan refresh rate 144 Hz. Adapun, tingkat kecerahan layar maksimal adalah 1250 nits.

Ponsel ini mengandalkan chip Snapdragon 8 Plus Gen 1, RAM LPDDR5 12 GB dan penyimpanan 512 GB.

Baterai berkapasitas 4.610 mAh yang terpasang pada ponsel ini juga telah mendukung teknologi pengisian cepat 125 W. Klaimnya, hal ini membantu daya ponsel untuk terisi 50% dalam waktu 7 menit. Sementara, untuk mengisi sampai penuh maka membutuhkan waktu sekitar 19 menit.

Harga Motorola Edge 30 Ultra

Motorola Edge 30 Ultra punya banderol yang cukup mahal, yakni sekitar Rp. 13,4 jutaan.

Itulah 5 smartphone flagship recommended lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Manakah pilihan Anda? Selanjutnya, mari simak pembahasan mengenai smartphone performa terbaik 2022!

Last updated 22 November 2022

Gambar Gravatar
A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.