Samsung Galaxy A22 5G
Samsung Galaxy A22 5G

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A22 5G Indonesia

Diposting pada

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A22 5G dan A22 LTE secara bersamaan muncul ke pasar Indonesia. Kedua ponsel itu tidak terlalu banyak pembicaraannya di kalangan pengamat teknologi. Bahkan Samsung sendiri seperti tidak terlalu memberikan memberikan exposure berlebih kepadanya.

Namun demikian kedua ponsel tersebut cukup menarik bagi kami. Terutama harga Samsung Galaxy A22 5G yang hanya sedikit lebih mahal saja ketimbang versi LTE-nya. Padahal banyak sekali keunggulan yang tertanam pada spesifikasinya. Mulai dari dukungan jaringan 5G sesuai namanya, performa, hingga resolusi layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih baik.

Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G

Adanya dukungan jaringan 5G sepertinya menjadikan ponsel ini memiliki dimensi dan berat yang lebih besar berbanding versi A22 LTE-nya. Entah pernyataan itu masuk akal atau tidak, tapi yang pasti dimensi bodinya menjadi 167.2 x 76.4 x 9 mm dengan berat 203 gram. Itu jelas lebih besar dari berbagai sisi ketimbang A22 LTE yang memiliki dimensi 159.3 x 73.6 x 8.4 mm dan berat hanya 186 gram.

Baca Ini Juga  Samsung Galaxy Note 10 Lite: Kelebihan dan Kekurangan
Lanjutkan Membaca

Padahal material bodi tersebut sama-sama terbuat dari plastik, baik frame maupun cover belakangnya. Bagian depan tetap menggunakan kaca yang melapisi layar TFT-nya. Sebuah panel yang mendapat downgrade dari seri A22 LTE sebagai pengguna Super AMOLED. Namun ukuran layarnya lebih luas 2 inci, menjadi 6.6 inci dengan aspek rasio 20:9.

Panel TFT tersebut tampak tidak lebih buruk karena sudah menggunakan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 pixel). Dengan tingkat kerapatan gambar berada di angka 399 pixel per inch. Ini adalah sebuah pertukaran spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G dan versi LTE-nya yang akan sangat membingungkan pembeli.

Performa

Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G pada bagian dapur pacunya menggunakan chipset Dimensity 700 5G (7 nm) dari Mediatek. Chip ini memiliki sedikit keunggulan dalam hal performa ketimbang Helio G80 yang tertanam pada A22 LTE. Clock speed CPU Octa-core-nya sedikit lebih besar dengan rincian terdapat 2 buah Cortex-A76 2.2 GHz dan 6 buah Cortex-A55 2.0 GHz. Untuk GPU juga terlihat lebih baik dengan penggunaan Mali-G57 MC2.

Baca Ini Juga  Daftar Harga HP Oppo Flagship Terbaik, Mulai Rp 4 Jutaan Terbaru

Untuk urusan software sama-sama menggunakan One UI Core 3.1 sebagai andalan yang bejalan pada Android 11. Tidak ada komentar untuk softwarenya ini. Karena kami selalu bilang bahwa One UI adalah antar muka terbaik untuk Android yang ada hingga saat ini. Termasuk juga yang tertanam pada spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G ini.

Kamera

Pada bagian kamera sayangnya Samsung menyunat satu buah lensa dari yang ada pada A22 LTE. Sedikit tambahan harga untuk dapat membeli ponsel ini sepertinya tidak dapat mempertahankan apa yang sudah baik di versi LTE-nya. Konfigurasinya kali ini hanya tiga buah kamera belakang saja. Masing-masing yakni 48 MP f/1.8 lensa wide) dengan fitur PDAF, 5 MP f/2.2 lensa ultrawide, serta 2 MP f/2.4 depth sensor. Kamera selfienya menggunakan lensa yang lebih kecil juga, yakni 8 MP, f/2.0.

Fitur Lain

Samsung Galaxy A22 5G memiliki fitur yang sama dengan versi LTE-nya, yakni memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 15W. Konektornya menggunakan USB Type-C 2.0.

Baca Ini Juga  Spesifikasi dan Harga Asus ROG Phone 5 Resmi Indonesia

Harga Samsung Galaxy A22 5G Resmi Indonesia

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, harga Samsung Galaxy A22 5G tidak berbeda jauh dengan versi LTE-nya. Samsung membanderol HP ini di angka Rp. 3.299.000 untuk satu-satunya varian memori yang tersedia yakni 6GB RAM dan 128GB ROM. Sementara untuk warna kamu bisa memilih antara warna Violet atau Gray.