Realme Smart TV
Realme Smart TV

Spesifikasi dan Harga Realme Smart TV 32 dan 43 Inch

Diposting pada

Realme Smart TV hadir sebagai upaya anak perusahaan Oppo tersebut untuk memperluas ekosistemnya. Adapun produk lain dalam ekosistem Realme di antaranya TWS, wireless charger, power bank, smart band, dan masih banyak lagi lainnya. Dan smart TV ini adalah satu dari sekian banyak produk Realme yang patut untuk kita pertimbangkan.

Beberapa pabrikan Tiongkok memang cukup agresif dalam menggarap sebuah pasar. Selain Realme kita tahu juga ada Xiaomi, kedua kerabat dekat ini memang sering sekali salip-menyalip di tikungan sempit ketika mengeluarkan sebuah produk baru. Bahkan seringkali apa yang mereka berdua keluarkan memiliki fitur dan spesifikasi yang nyaris identik.

Lalu, apakah Realme Smart TV ini sama saja dengan Mi TV? Mari kita cari tahu bersama dalam ulasan berikut.

Spesifikasi Realme Smart TV

Realme Smart TV menjalankan sistem operasi Android TV dan hadir dalam dua ukuran layar, 32 dan 43 inch. Masing-masing memiliki resolusi 1366×768 dan 1920×1080 piksel. Selain perbedaan ukuran layar, resolusi, dan bobot keseluruhan, kedua versi ini memiliki spesifikasi yang sama persis.

  Harga TV Panasonic 32 Inch Murah Terbaik

Dalam hal desain, Realme Smart TV memiliki kesan minimalis, dengan layar berbezel tipis berwarna hitam berukuran 8,7mm di sisi atas, kiri, dan kanannya. Bezel bawah jauh lebih tebal, dan terdapat logo Realme.

Bagian belakang TV terbuat dari plastik, sama seperti bingkai dan alas TV. Ini adalah tempat beradanya socket untuk keperluan pemasangan di dinding. Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai port konektivitas di bagian belakang TV.

Di bagian bawah, tepat di bawah logo Realme, terdapat tombol power fisik. Fungsinya jelas, untuk menghidupkan atau mematikan smart TV tanpa remote. Di bagian yang sama terdapat juga sensor infra merah dan lampu indikator LED.

Di bagian bawah tersemat sepasang speaker simetris dengan output gabungan 24W. Setiap unit terdiri dari speaker dinamis full-range dan tweeter. Realme menyebut speaker pertama berfungsi memberikan bass yang kuat serta vokal yang jernih. Sedangkan speaker keduanya berfungsi memperluas rentang frekuensi tinggi.

Untuk urusan performa, Realme Smart TV ditenagai oleh chipset MediaTek, yang mencakup GPU Mali-470 MP3 dan Quad-core CPU Cortex-A53 dengan clock 1.1GHz. Menggunakan RAM 1GB dan penyimpanan internal 8GB.

  Daftar Harga Smart TV Samsung Murah Terbaru

Pada bagian perangkat lunak, Realme Smart TV menjalankan versi stok Android TV yang berjalan pada Android 9 Pie. Antar mukanya cukup sederhana dan mudah digunakan dan tidak terlalu banyak aplikasi bawaan.

Layar dari smart TV ini memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits. Selain itu, panel tersebut juga sudah menggunakan teknologi Chroma Boost sebagaimana yang digunakan pada hampir semua smartphone Realme.

Realme telah menggunakan panel layar tipe VA (Vertically Aligned) untuk varian 43 inch, yang mana jika kita bandingkan dengan panel IPS (In-Plane Switching), layar tersebut memiliki rasio kontras yang lebih tinggi dan lebih cocok untuk mereka yang akan menggunakan TV dalam lingkungan gelap dan tidak perlu sudut pandang yang luas. Layar tersebut juga memiliki reproduksi warna dan kontras yang tampak bagus.

Harga Realme Smart TV

Pada saat ini, untuk pasar Indonesia Realme baru memasukkan dua varian saja, yakni tipe 32 inch dan 43 inch. Padahal di luar sana sudah ada versi dengan layar yang mendukung resolusi 4K dengan luas yang lebih besar, hingga 55 inch. Namun untuk kita dengan ruangan dan budget terbatas, tentu itu tidaklah masalah.

  Harga TV Polytron Soundbar Semua Tipe

Kamu dapat membeli smart TV dari Realme ini dengan harga Rp. 3.299.000 untuk versi 32 inch dan Rp. 4.799.000 untuk versi lebih besarnya, yakni 43 inch. Kedua versi Realme Smart TV tersebut dapat kamu beli di toko-toko resmi Realme, baik offline maupun online.