membeli perabotan rumah tangga.|Unsplash.com
membeli perabotan rumah tangga.|Unsplash.com

 5 Tips Membeli Perabotan Rumah Tangga

Diposting pada
membeli perabotan rumah tangga.|Unsplash.com
membeli perabotan rumah tangga.|Unsplash.com

Membeli perabotan rumah tangga memang menjadi hal yang tidak bisa terelakan. Terutama jika kamu baru menikah atau baru merantau. Hal ini dikarenakan akan ada banyak kebutuhan peralatan. Dimana alat-alat tersebut menunjang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti memudahkan untuk menyiapkan makanan, mencuci pakaian, dan lain sebagainya.

Tips Membeli Perabotan Rumah Tangga

Supaya dapat membeli perabotan rumah tangga lebih lengkap secara hemat. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan sebelum berbelanja. Dari mulai menyiapkan budget hingga membelinya saat ada promo. Untuk lebih lanjut, yuk simak beberapa tips dalam membeli perabotan!

1.    Siapkan Dana

Langkah pertama untuk membeli perabotan adalah menyiapkan dana. Sehingga, budget untuk membeli kebutuhan lain tidak terganggu. Misalnya, kamu dapat menyisihkan 20% -30% dari uang yang kamu miliki.

Dengan begitu, uang yang kamu miliki masih tersisa cukup banyak. Hindari, membeli perabotan melebihi 40% dari uang yang kamu miliki. Pasalnya, hal tersebut akan membuatmu repot nantinya. Hal ini dikarenakan kita tidak pernah tahu ada kebutuhan mendesak apa di depan.

Baca Ini Juga  Soal PKN Kelas 2 SD dan Jawabannya

2.    List Perabotan Rumah Tangga Yang Dibutuhkan

Setelah menentukan budget yang akan dikeluarkan. Maka langkah selanjutnya adalah dengan melihat peralatan apa saja yang akan dibeli. Cobalah untuk memprioritaskan yang urgent terlebih dahulu. Namun, hal ini kembali lagi ke masing-masing. Pasalnya, barang yang urgen untuk setiap orang akan berbeda.

Namun, pada umumnya orang akan membutuhkan rice cooker, kompor/ panci listrik untuk memasak, kasur, perlengkapan makan, perlengkapan memasak, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula perlengkapan lain seperti sikat, ember, dan lain-lain.

3.    Hindari Membeli Barang Dengan Cara Hutang

Beberapa orang melakukan segala cara untuk mendapatkan hal yang diinginkan. Termasuk membeli barang rumah dengan cara berhutang. Padahal hal ini dapat membuat kamu susah kemudian. Terlebih, jika kamu berhutang untuk membeli suatu barang yang kurang urgent. Seperti, dekorasi ruangan, membeli sofa, dan lain sebagainya.

Belilah barang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu saja. Hal ini akan menjadi bumerang, apabila kamu membayar hutang dengan mengesampingkan kebutuhan pokok kamu. Maka, jika itu tidak terlalu urgent, cobalah untuk tunda membelinya. Kamu dapat menabung terlebih dahulu. Selain itu, biasanya harga barang yang kamu beli jauh lebih mahal dibandingkan membelinya secara cash.

Baca Ini Juga  Harga Mukena Terbaru Tahun Ini Dengan Model Bagus

4.    Perhatikan Kualitas Perabotan Rumah Tangga

Kamu pun wajib memperhatikan kualitas dari barang yang kamu beli. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Seperti barang mudah rusak, meskipun baru dipakai. Maka, cek lah terlebih dahulu deskripsi produknya. Jika kamu membelinya secraa online, maka cek dibagian detail produk.

Sementara jika kamu membei Baik kamu membelinya secara langsung ke toko, hal tersebut dapat kamu tanyakan langsung kepada pegawai disana. Namun, untuk menambah wawasan, tidak ada salahnya kamu mencari tahu terlebih dahulu. Kamu dapat mengecek material atau bahan yang digunakan produk tersebut, keunggulan, dan lain sebagainya melalui internet. Terutama produk yang ingin kamu beli memiliki merk.

5.    Membeli Ketika Ada Promo

Agar lebih hemat, kamu dapat membeli suatu barang yang dibutuhkan dengan memanfaatkan promo. Baik di marketplace maupun di beberapa toko offline. Biasanya, akan ada pemberitahuan, jika mereka memasang promo.

Untuk lebih update, ikutilah beberapa tokoh tersebut di Instagram atau website. Sehingga kamu bisa mendapatkan informasi terupdate dari toko-toko tersebut. Selain itu, perhatikan pula syarat maupun ketentuan yang berlaku.

Baca Ini Juga  Nama FF Keren Terbaru Ala Pro Player

Beberapa cara dalam membeli perabotan rumah tangga di atas, dapat kamu terapkan. Namun, sebaiknya sebelum belanja, kamu pun mendiskusikan hal tersebut dengan suami maupun keluarga (jika belum menikah). Sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman atau masalah lain yang terjadi. Hanya karena kamu membeli barang tersebut. Kecuali, pasanganmu menyerahkan semuanya kepadamu.