cara membuat rak susun dari kayu

Cara Membuat Rak Susun dari Kayu

Diposting pada

Cara membuat rak susun dari kayu – Memiliki barang-barang rumah tangga dalam jumlah yang banyak rasanya akan kurang efektif bila tidak ada rak di dalamnya. Rak dapat membantu Anda untuk meletakan perabotan dengan lebih mudah dan simpel. Sehingga peralatan tidak berantakan dan akan memberikan kesan yang lebih efektif.

Rak dapat kalian gunakan untuk menyimpan beberapa benda seperti buku, foto, kerajinan, dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat membantu peletakan yang lebih estetik. Ketika seseorang datang ke rumah Anda dan melihat tata letak barang yang baik, maka akan terkesan melihatnya. Bagi Anda yang belum memiliki rak bisa membuatnya sendiri atau membelinya sesuai keinginann.

Apa Itu Rak Susun?

Rak adalah sebuah perabotan yang berguna di sebuah rumah ataupun tempat lainnya. Hampir setiap rumah pastinya memiliki rak untuk keperluan meletakan barang yang lebih kecil. Dengan adanya rak dapat membantu Anda dalam mengelomokan, mengatur, membersihkan, dan merapikan barang. Dari sekian banyaknya jenis rak yang ada, rak susun menjadi salah satu jenis rak yang cukup banyak peminatnya.

Baca Ini Juga  Harga Gorden Per Meter, Pasang Garden Jakarta Mulai Rp 45.000!
Lanjutkan Membaca

Cara membuat rak susun dari kayu juga terbilang mudah apabila mengetahui caranya. Banyak dari mereka yang memilih dari bahan kayu karena awet dan juga tahan lama. Namun hal ini juga menyesuaikan jenis kayu yang kalian gunakan, semakin berkualitas tentu harganya akan semakin tinggi. Namun bila membuatnya sendiri, pengeluaran akan lebih hemat daripada membelinya.

Cara Membuat Rak Susun dari Kayu

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat rak susun tidak perlu bingung. Banyak sekali tutorial pembuatan rak dengan tipe yang beragam jenisnya. Membuat sendiri tentu memiliki keuntungan sendiri karena kalian bisa mendesai sesuka mungkin. Sehingga, hasil rak milik Anda akan lebih berkualitas.

Berikut cara membuat rak susun dari kayu dan bata:

  • Siapkan batu bata dan rak

Pastikan semua papan rak harus sama panjang, lalu Anda dapat menggunakan blok cinder dan perlu satu buah di setiap sisi sebagai ganti dua batu bata.

  • Pilih tempat untuk rak

Pastikan tempat harus sesuai dan memiliki sedikit sokongan untuk bersentuhan rata dengan dinding. Selain itu, tempat juga harus memiliki semacam penyokongan datar serupa.

  • Letakan dua btu bata di ruang lantai terpilih
Baca Ini Juga  Harga Kasur Busa Swallow Murah Berkualitas

Batu bata dengan sisi yang sama akan membentuk dasar rak tersebut. Untuk jaraknya dapat kalian tentukan melalui panjang papan dan ada sedikit bagian papan yang menggantung di setiap sisi. Pastikan harus ada dua sisi batu bata di setiap sisi rak sebagai penyangga.

  • Buat susunan rak

cara membuat rak susun dari kayu

Cara membuat rak susun dari kayu selanjutnya adalah menyusunnya. Anda harus menempatkan rak pertama ke batu dasar, dan menempatkan dua batu bata berdampingan dalam posisi sama seperti batu bata dasar. Tambahkan dua set lebih batu bata di atasnya untuk membuat pilar. Setelah itu, susun kembali rak berikutnya agar menjadi susunan rak yang lebih tinggi.

  • Tambah papan rak berikutnya

Penyusunan rak menyesuaikan keinginan Anda yang membuatnya. Tambahkan 2 atau tiga susunan kembali agar memiliki fungsi yang lebih baik. Supaya lebih kuat, kalian harus menambahkan palang penahan ke belakang unit rak dengan menyekrupnya ke papan rak.

Demikian cara membuat rak susun dari kayu yang bisa Anda terapkan langsung. Pada intinya, pembuatan rak susun memiliki beberapa tahapan dari tingkat rendah ke tinggi. Untuk jumlah susunan menyesuaikan dengan keinginan masing-masing pembuat rak susun tersebut.