Cara Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey Mudah dan Cepat

Cara Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey Mudah dan Cepat

Diposting pada

Untuk mengajukan pinjaman, memang membutuhkan jaminan baik berupa BPKB kendaran hingga sertifikat tanah. Akan tetapi, lebih banyak orang memilih untuk menggunakan sertifikat tanah karena lebih mudah dan bahkan plafon pinjamannya lebih besar. Akan tetapi, bagi sebagian orang khawatir ketika harus survey terlebih dahulu. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara gadai sertifikat tanah tanpa survey dengan proses yang mudah.

Ketika mengajukan pinjaman dengan sertifikat tanah lebih baik melalui lembaga yang resmi. Hal ini bertujuan agar keamanan terjamin dan Anda bisa tenang dalam menggunakan fasilitas pinjaman ini. Anda bisa memilih gadai sertifikat tanah proses cepat yang tersedia di berbagai lembaga.

Cara Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey Mudah dan Cepat

Syarat Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey

Untuk bisa gadai sertifikat tanah, ada beberapa syarat dokumen yang harus Anda siapkan. Lengkapi persyaratan ini sebelum datang ke lembaga terkait agar prosesnya lebih cepat.

  • Mengisi form pengajuan gadai.
  • Melampirkan KTP, KK, Surat nikah/cerai.
  • Melampirkan pas foto ukuran 4×6 terbaru suami/istri.
  • Melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan.
  • Mencetak tabungan/Giro di Bank minimal 3 bulan terakhir.
  • Memiliki SK Pengangkatan pegawai tetap.
  • Memiliki NPWP.
  • Memiliki SPT Pph.
  • Melampirkan fotokopi SHM.
Baca Ini Juga  Simulasi Harga Kredit Nmax Angsuran Ringan Terbaru

Tempat Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey

Jika ingin menggadai sertifikat tanah Anda tanpa harus survey terlebih dahulu, bisa melalui beberapa lembaga ini.

1. BKK

Badan Kredit Kecamatan (BKK) merupakan layanan kredit yang tersedia di setiap kecamatan di Indonesia. Melalui lembaga ini, Anda bisa melakukan gadai sertifikat tanah tanpa harus melakukan survey. Sebelum mengajukan, pastikan Anda mengetahui angsurannya terlebih dahulu agar prosesnya mudah.

2. Pegadaian

Pegadaian memiliki berbagai produk yang berguna untuk masyarakat, salah satunya pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah. Anda harus melengkapi seluruh persyaratan untuk bisa mengajukan pinjaman. Plafon yang bisa Anda dapatkan juga terbilang besar, yakni mencapai pulihan juta.

3. Koperasi simpan pinjam

Banyak koperasi simpan pinjam yang menyediakan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah. Seperti KSP Bhina , KSP Anugerah dan masih banyak lagi.

Cara Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey

Agar Anda memahami alur ketika menggadaikan sertifikat tanah, pahami beberapa langkah di bawah ini terlebih dahulu.

1. Tentukan tempat gadainya

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus menentukan tempat gadainya terlebih dahulu. Jika memiliki saudara atau rekan yang punya pengalaman, jangan lupa untuk mencari tahu. Pastikan lembaga yang Anda pilih memiliki legalitas yang jelas, sehingga meminimalisir risiko penipuan. Anda bisa mengajukan pinjaman di koperasi maupun P2P lending yang sudha terdaftar di OJK.

Baca Ini Juga  Syarat Kredit Syariah Terupdate Tahun Ini, Sudah Tahu?

2. Tentukan jenis sertifikat tanahnya

Jika ingin prosesnya lebih cepat, Anda bisa menggadai Sertifikat Hak Milik (SHM). Jenis sertifikat ini melampirkan status kepemilikan yang sudah jelas. Jadi pihak lembaga yang memberikan pinjaman, akan lebih percaya.

3. Sesuaikan nama pemilik sertifikat

Pastikan ketika mengajukan pinjaman menggunakan nama pemilik yang ada di dalam sertifikat. Meski begitu, Anda tetap bisa gadai sertifikat tanah meski bukan atas nama sendiri, melalui surat kuasa, atau melakukan balik nama terlebih dahulu.

4. Pahami nilai appraisal jaminan dan suku bunganya

Ajukan pinjaman sesuai dengan nilai appraisal jaminan. Jika nilai appraisal jaminan besar, maka Anda bisa mengajukan pinjaman dengan nominal yang besar pula.Umumnya, Anda bisa mengajukan pinjaman senilai 70% dari nilai appraisal. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui suku bunganya, pastikan nilainya kompetitif.

6. Lengkapi seluruh dokumen

Terakhir, Anda harus melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Pastikan dokumennya lengkap dan asli, hal ini agar pihak kreditur langsung memproses pengajuan Anda.

Demikian informasi mengenai cara gadai sertifikat tanah tanpa survey dengan proses yang mudah. Melalui cara ini, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa harus khawatir dilakukan survey terlebih dahulu.

Baca Ini Juga  Tabel Pinjaman Koperasi Makmur Mandiri Terbaru