Over Kredit Mobil

Keuntungan Melakukan Over Kredit Mobil

Diposting pada

Dewasa ini, over kredit mobil menjadi hal yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi dengan keuntungan yang ditawarkannya, membuat mekanisme ini semakin banyak diminati.

Barangkali, Anda sudah tidak asing lagi dengan over kredit mobil. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila masih ada yang kurang familiar dengan sistem tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut, yuk ulas terlebih dahulu mengenai pengertiannya untuk menyamakan pemahaman.

Secara garis besar, over kredit mobil adalah pelimpahan kewajiban dari pihak debitur pertama ke tangan yang kedua. Misalnya, x mencicil mobil dengan tenor 2 tahun. Berjalan 1 tahun, ternyata x tidak mampu lagi melunasi kewajibannya, lalu melimpahkan kewajiban tersebut kepada y. Setelah sepakat, maka yang menjadi debitur sebagai orang yang melanjutkan pembayaran cicilan adalah y, bukan x lagi.

Apa saja keuntungan dari mekanisme sedemikian rupa? Benarkah masing-masing pihak akan mendapatkan keuntungan? Yuk, cek jawabannya di bawah ini.

Keuntungan Over Kredit Mobil

Baik debitur pertama maupun kedua, tetap akan memperoleh keuntungan dari sistem satu ini. Apa saja itu? Berikut uraiannya:

  Sistem Kredit Syariah yang Perlu Dipahami Sebelum Menggunakannya

1. Debitur Pertama Tidak Harus Melunasi Cicilan Sampai Akhir

Sistem over kredit mobil  yang bersifat mengalihkan, membuat debitur pertama yang telah melimpahkan kewajibannya tidak harus melunasi cicilan sampai akhir. Hal ini menjadi solusi yang tepat manakala ternyata pihak debitur pertama mengalami kendala finansial. Jadi, tidak menanggung beban cicilan lagi.

2. Harga Mobil Relatif Lebih Murah dari yang Ada di Pasaran

Pada umumnya, melalui over kredit mobil, sebagai debitur tangan kedua, Anda hanya perlu mengganti uang muka serta melunasi cicilan sisanya. Maka dari itu, Anda tidak harus mengangsur sejak awal, karena sifatnya adalah meneruskan. Karenanya, harga mobil relatif menjadi lebih murah.

3. Premi Asuransi Lebih Murah

Dibandingkan dengan mobil yang telah berusia lama, asuransi mobil dari mekanisme ini relatif lebih murah. Pasalnya, untuk mobil yang telah berusia lebih dari 5 tahun biasanya memiliki premi asuransi yang lebih mahal pula.

4. Tenor Pelunasan yang Lebih Pendek

Berikutnya, sebagai debitur kedua, Anda hanya perlu melunasi sisa cicilan yang ada. Jadi, jika semula angsuran selama 24 bulan dan telah dibayarkan selama 12 bulan, maka Anda hanya perlu melunasi cicilan selama 12 bulan sisanya.

  Perbedaan Kredit Syariah dan Konvensional yang Jarang Orang Tahu

Cara Over Kredit Mobil

Berangkat dari keuntungan sebagaimana yang telah disebutkan, lalu bagaimana cara untuk melakukan mekanisme tersebut? Penjelasannya sebagai berikut:

Cara over kredit mobil yang penting adalah dengan memastikan manakala penjual tidak bermasalah dalam hal cicilan. Sebab, manakala ternyata bermasalah, akan berdampak pula pada Anda sebagai orang yang meneruskan cicilan tersebut.

Yang tidak kalah pentingnya, sebaiknya Anda memeriksa terkait surat-surat dari mobil yang bersangkutan. Dengan demikian, Anda bisa aman nantinya. Dalam memakai mobil pun, Anda akan lebih tenang karena surat-suratnya lengkap.

Lalu, alangkah baiknya pula untuk menjalankan perhitungan sendiri. Hal ini terutama bagi Anda yang merasa masih ragu terhadap harga yang ditawarkan. Sebaiknya, Anda melakukan kalkulasi terlebih dahulu agar yakin.

Jadi, itulah penjelasan mengenai over kredit mobil. Mulai dari pengertian, keuntungan, sampai cara untuk melaksanakannya. Melalui paparan tersebut,  diharapkan informasi yang disajikan bisa bermanfaat untuk Anda.