15 Mobil Listrik Murah Dan Terbaik Di Indonesia

15 Mobil Listrik Murah Dan Terbaik Di Indonesia

Diposting pada

Saat ini, mobil listrik mulai banyak beredar di Indonesia dari berbagai pabrikan. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sebagai pengguna harus memperhatikan betul hal ini. Anda bisa membeli mobil listrik mudah dan terbaik di Indonesia agar nyaman ketika mengendarai. Biaya charge mobil listrik juga jauh lebih murah daripada mobil konvensional.

Sebelum membeli, pastikan Anda paham bagaimana cara pengisian baterai mobil listrik terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, karena nantinya dalam proses pengisian tidak ada petugas yang akan membantu. Bahkan Anda bisa melakukan pengisian di rumah jika memiliki peralatannya.

rekomendasi mobil listrik

15 Mobil Listrik Murah Dan Terbaik Di Indonesia

Kami memiliki beberapa rekomendasi mobil listrik murah di Indonesia yang bisa Anda beli. Mobil ini cocok untuk berkendara di jalanan dengan lancar.

Renault Twizy

Salah satu keunikan dari mobil ini ada pada ukurannya yang mungil. Meski begitu, Renault Twizy memiliki desain yang futuristik, sehingga menambah kesan mewah. Ditenagai oleh sistem penggerak 3CG-Electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive. Untuk kapasitas baterainya sebesar 6.1 kWh yang terbilang cukup besar.

Karena ukurannya yang kecil, Renault Twizy hanya mampu menampung dua penumpang saja. Desain minimalisnya tidak membuat mobil ini biasa-biasa saja, didalamnya terdapat berbagai teknologi menarik yang bisa Anda gunakan. Mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 80 km per jam.

Hyundai Kona Electric

Selanjutnya ada mobil Hyundai Kona Electric yang sudah hadir sejak tahun 2020. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion 39,2 kWh, sehingga mampu melaju hingga jarak 345 kilometer. Soal performa tidak perlu ragu lagi, memiliki tenaga sebesar 134 hp dan torsi maksimal 395 Nm berkat penggunaan motor listrik bermagnet permanen.

Terdapat tiga mode pengisian daya baterai pada mobil ini. Mulai dari mode standard charging yang memanfaatkan arus Alternating Current (AC) dan dua mode fast charging dengan menggunakan arus Direct Current (DC).

Tesla Model 3

Sudah bukan rahasia lagi, pabrikan Tesla memang menjadi salah satu pemasok mobil listrik terbaik saat ini. Ada berbagai tipe mobil yang bisa Anda miliki, salah satunya Tesla Model 3. Tipe mobil ini memiliki dua varian yakni short range dan long range. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal daya tahan baterai Li-lon.

Desainnya memang simpel, namun sangat cocok untuk anak muda sekarang. Banyak teknologi yang dikembangkan di mobil ini, tak heran jika harganya cukup tinggi. Anda bisa memiliki mobil ini dengan harga mulai dari Rp 1,5 miliar.

Tesla Model Y

Jika Anda ingin memiliki mobil bertenaga listrik, sangat disarankan menggunakan produk dari Tesla. Salah satu tipe yang bisa Anda pilih adalah Tesla Model Y yang memiliki keunggulan dalam hal pefroma. Cocok untuk Anda yang ingin memiliki mobil yang kencang. Untuk bergerak dari kecepatan 0 sampai 100 km per jam, hanya perlu 3,5 detik saja.

Baca Ini Juga  Harga Kredit Mobil Daihatsu Ayla Dan Simulasi Kredit

Untuk tops speed mobil ini mencapai 241 km/jam. Tesla Model Y ini menggunakan baterai lithium-ion 80.5-kWh. Kapasitas baterai yang besar membuatnya mampu menempuh jarak hingga 531 kilometer untuk yang tipe long range AWD dan 487 untuk tipe Performance. Harga mobil untuk tipe long rane AWD sendiri sekitar Rp2 miliar, dan tipe Performance sekitar Rp2,3 miliar.

Hyundai Ioniq Electric

Jika Anda penggemar pabrikan Hyundai, tersedia mobil listrik yang belum lama hadir di Indonesia. Mobil yang dimaksud adalah Hyundai Ioniq Electric, hadir bersamaan dengan Hyundai Kona Electric. Salah satu kelebihan dari mobil ini ada pada jarak tempuhnya yang mencapai 373 kilometer. Hal itu berkat penggunaan baterai lithium-ion 38,3 kWh.

Kecepatan mobil ini memang masih kalah dibandingkan dengan Tesla. Jika memacu kendaraan dari kecepatan 0 hingga 100 km per jam, maka dibutuhkan waktu 9,9 detik. Sementara waktu pengisian baterainya cukup cepat, Anda bisa menggunakan mode slow charging dengan durasi 6-7 jam sampai baterai terisi penuh. Dan mode fash charging 100 kWh, hanya membutuhkan waktu 1 jam saja.

BMW i3s

Banyak mobil yang hadir dengan ukuran mini, salah satunya BMW i3s. Ukurannya yang kecil cocok digunakan di daerah perkotaan seperti Jakarta yang terkenal macet. Namun kurang cocok jika Anda menggunakannya untuk jarak jauh, apalagi kapasitas penumpangnya sedikit.

BMW i3s ini memiliki baterai dengan daya 42,2 kWh yang bisa menghasilkan tenaga 184 dk dan torsi maksimal 270 Nm. Untuk memiliki mobil ini, Anda perlu menyediakan dana sekitar Rp 1,34 miliar.

Nissan Leaf

Untuk urusan performa Nissan Leaf tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, mobil listrik ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 150 PS dengan torsi maksimal 320Nm. Hanya butuh waktu 7,9 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam dari 0. Jika dipacu dengan kecepatan maksimal, bisa mencapai 155 km per jam.

Mobil listrik ini menggunakan baterai lithium ion 40 kWh. Meski tidak terlalu besar, namun penggunaan energinya cukup efisien. Anda bisa menggunakan mobil ini hingga 400 km dalam sekali pengisian. Ketika melihat mobil ini, akan terlihat kesan yang mewah dan elegan. Cocok disebut sebagai mobil masa kini. Anda bisa mendapatkan mobil ini dengan harga Rp730 Juta.

DFSK Gelora E

Mobil listrik ini cocok digunakan untuk menunjang aktivitas bisnis. DFSK Gelora E, mobil listrik ini memiliki dua varian yakni blind van dan Mini Bus. Dengan kapasitas mencapai 7 penumpang, Anda bisa menggunakannya sebagai travel, mobil shuttle hingga layanan antar jemput. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai mobil pengangkut barang-barang.

Baca Ini Juga  Over Kredit Mobil yang Aman untuk Pembeli dan Penjual

Untuk harga mobil Gelora E varian MB sekitar Rp510 juta, sedangkan untuk varian blind van seharga Rp480 juta. Tidak akan rugi jika membeli mobil dengan harga semahal itu, karena banyak fitur yang tersedia di dalam mobil ini. Salah satunya fast charging, yang akan membantu mempercepat pengisian daya baterai. Hanya dengan waktu 80 menit, Anda bisa mengisi baterai dari 20% hingga 80%.

Lexus UX300e

Setiap mobil keluaran pabrikan Lexus memang menawarkan desain yang mewah. Termasuk Lexus UX 300e, sebagai salah satu mobil listrik terbaik yang ada di Indonesia. Mobil ini menggunakan baterai Lithium-ion, yang memiliki kapasitas mencapai 54.35 kWh. Untuk performanya, bisa mencapai 201 HP serta torsi 300 Nm.

Anda bisa menggunakan mobil ini untuk aktivitas sehari-hari. Penggunaan dayanya cukup hemat, meskipun durasi pengisiannya cukup lama. Untuk mengisi daya baterai sampai penuh, membutuhkan waktu 5 sampai 6 jam. Meski begitu, Anda bisa mengendarai mobil ini dengan jarak mencapai 300 km. Jika ingin memiliki mobil ini, perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 1,245 miliar.

BMW i4

Berbicara mengenai mobil listrik, BMW memiliki model terbarunya yakni i4. Mobil ini menawarkan desain yang modern serta kekinian. Sehingga sangat cocok untuk digunakan anak muda untuk aktivitas sehari-hari. Performa mobil ini ditunjang oleh teknolog xDrive 40, sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 340 Tk dan torsi maksimal di 430 Nm.

Daya mobil ini menggunakan baterai Lithium-Ion 83,9 kWh. Memiliki kemampuan untuk berkendara hingga 520 km sekali pengisian baterai. Kecepatan mobil ini juga mengesankan, hanya dengan 5,7 detik untuk melaju dari 0-100 km per jam. Kecepatan masimalnya bisa mencapai 190 km per jam. Mobil ini dibandrol dengan harga berkisar Rp2.061 miliar.

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power menjadi salah satu mobil listrik yang menawarkan berbagai keunggulan. Mobil ini memiliki motor listrik EM57, generator, dan inverter yang membuat performanya semakin bagus. Salah satu kelebihan mobil listrik ini adalah, Anda tidak perlu melakukan cas baterai ketika daya telah habis. Daya baterai akan secara otomatis mengisi, hal itu berkat adanya teknologi e-power.

Meski berupa mobil listrik, Nissan Kicks e-Power ternyata memiliki mesin bensin dengan kapasitas 1,2 liter , 3 silinder, DOHC bersama dengan generator untuk menghasilkan daya baterai lithium-ion. Menurut informasi yang beredar, mobil ini tersedia dengan harga berkisar Rp471 juta.

Toyota Corolla Cross

Mobil listrik Toyota Corolla Cross ini hadir di Indonesia pada tahun 2021 lalu. Kesan elegan akan tergambarkan ketika pertamakali melihat mobil ini. Toyota Corolla Cross hadir dengan varian mesin konvensional 1,8 L dengan tenaga pacu listrik. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 138 HP ntuk 6.400 rpm, sementara torisnya bisa mencapai 12,7 kgm di 4000 rpm.

Baca Ini Juga  7 Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Untuk Sehari-Hari

Mobil ini tersedia dengan harga mulai dari Rp 463,51 juta. Harganya memang cukup mahal, namun akan sebanding dengan fasilitas yang bakal Anda dapatkan.

Mitsubishi Outlander PHEV

Salah satu teknologi yang ada di Mitsubishi Outlander PHEV adalah Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Dengan teknologi tersebut, mobil akan mendapatkan daya gerak bertenaga listrik yang sumbernya berasal dari inputan colokan, serta penggerak berbahan bakar minyak. Mesin mobil ii mampu menghasilka daya 126 hp dengan torsi 199 Nm.

Mobil listrik murah ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 1,309 miliar. Cocok sebagai mobil keluarga karena mampu menampung cukup banyak orang. Anda akan lebih hemat ketika menggunakan mobil ini, karena empat roda yang berputar akan menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1500 Watt. Hal ini yang membuat Anda tidak perlu khawatir ketika bepergian dengan daya baterai sedikit.

Tesla Model X

Salah satu varian Tesla yang paling banyak diburu masyarakat Indonesia adalah Model X. Mobil ini mampu menampung penumpang hingga 7 orang, ada keunikan tersendiri dari desian pintunya. Tesla selalu menawarkan mobil listrik dengan kecepatan yang tinggi, fitur Ludicrous Mode mampu membuat mobil ini melaju dari kecepatn 0 hingga 100 km per jam hanya dengan 2,7 detik.

Selain itu, juga terdapat fitur self-driving yang memungkinkan mobil berkendara sendiri. Sehingga Anda bisa lebih bersantai ketika berada di dalam mobil. Fitur ini bisa Anda gunakan ketika jalanan lurus yang terkadang membuat bosan. Untuk memiliki mobil ini, Anda perlu merogoh kocek mulai dari dari Rp 2,6 miliar.

MINI Electric

Sesuai dengan namanya, mobil ini memang berkuran kecil. MINI Electric, merupakan produk terbaru dari pabrikan asal Britania. Dengan desain yang mungil, membuat Anda lebih mudah mengendarai mobil ini. Akan tetapi, sulit untuk bepergian jauh karena jarak tempuhnya hanya 270 km sekali pengisian. Meski berkuran kecil, namun harga mobil ini cukup mahal, berkisar Rp1.050 miliar.

Demikian informasi mengenai mobil listrik murah dan terbaik di Indonesia. Jika Anda ingin beralih ke teknologi yang ramah lingkungan, bisa menggunakan mobil listrik. Selain lebih nyaman, biaya operasionalnya juga akan lebih hemat. Apalagi ada beberapa mobil yang mampu menghasilkan energi cadangan. Anda bisa membeli mobil ini melalui dealer maupun importir di Indonesia.