7 Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Untuk Sehari-Hari

7 Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Untuk Sehari-Hari

Diposting pada

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan mobil listrik terlebih dahulu. Pasalnya, mobil ini memiliki perbedaan dengan mobil pada umumnya. Mulai dari komponennya, jarak tempuhnya, bahan bakarnya dan yang lainnya. Mobil listrik memang cocok untuk aktivitas sehari-hari, namun kurang cocok jika digunakan untuk jarak jauh.

Saat ini di Indonesia ada banyak mobil listrik yang bermunculan. Anda bisa membeli mobil listrik yang memiliki kualitas bagus dari perusahaan terpercaya.

kenapa memilih mobil listrik

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik

Sebelum membeli mobil listrik, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan nantinya.

Kelebihan Mobil Listrik

Berikut ini beberapa kelebihan dari menggunakan mobil listrik untuk sehari-hari.

  • Biaya Lebih Terjangkau

Biaya operasional mobil memang besar daripada kendaraan motor roda dua. Dengan menggunakan mobil listrik, biayanya akan lebih terjangkau. Pasalnya, mengisi daya baterai mobil listrik lebih murah daripada dengan mengisi bahan bakar mobil berbahan bakar bensin.

Apalagi jika Anda mengisi daya di rumah dan memiliki panel surya sendiri. Selain itu, mobil listrik juga tidak dikenakan pajak, sehingga Anda akan lebih hemat.

  • Perawatan Minim
Baca Ini Juga  Harga Mobil Toyota Avanza (Kredit & Bekas)

Perlu Anda ketahui bahwa mobil listrik tidak memiliki banyak komponen yang perlu diganti. Sehingga perawatan jauh lebih sedikit daripada mobil berbahan bakar bensin. Mobil listrik juga umumnya bertahan lebih lama daripada mobil bertenaga bensin.

Perawatan untuk mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Komponen-komponennya memiliki harga yang lumayan tinggi, sehingga Anda harus mengeluarkan uang yang banyak ketika melakukan perawatan.

  • Performa bagus

Mobil listrik juga memiliki perfoma yang bagus, selain itu tidak adanya pembuangan emisi membuat mobil ini lebih tenang. Model crossover dan SUV elektrik jauh lebih senyap daripada mobil pada umumnya. Selain itu juga menghasilkan lebih sedikit polusi suara dan pengemudi menjadi lebih santai.

Mobil listrik juga cenderung bereaksi lebih cepat daripada mesin mekanis, memberikan lebih banyak torsi dan kelincahan saat mengemudi. Selain itu, mobil listrik biasanya beroperasi lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit energi dalam lalu lintas kota yang macet.

  • Lebih nyaman

Banyak orang yang masih menganggap mobil listrik lebih merepotkan karena harus mencari stasiun pengisian baterai yang tidak semudah seperti SPBU. Akan tetapi, kemampuan untuk mengisi daya listrik di rumah adalah keuntungan besar. Mobil listrik juga biasanya menampilkan lokasi pengisian baterai terdekat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika kehabisan daya saat masih dalam perjalanan.

Baca Ini Juga  Gaji PT Denso dan Jabatannya Terbaru

Kekurangan Mobil Listrik

Kekurangan dari mobil listrik ini bisa menjadi bahan pertimbangan, karena kenyamanan da fungsionalitas menjadi hal yang utama.

  • Pengisian daya membutuhkan waktu lama

Menambahkan bensin ke tangki bahan bakar tidak memakan waktu lebih dari lima menit. Sedangkan mengisi ulang mobil listrik bisa memakan waktu lama, terutama jika baterainya benar-benar habis. Biasanya di stasiun pengisian akan membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai kapasitas mendekati 80 persen.

  • Sulit menemukan lokasi pengisian daya baterai

Meskipun Anda dapat mengisi daya kendaraan listrik di rumah, Anda akan kesulitan untuk menemukan lokasi pengisian daya baterai ketika berada di kota kecil. Berbeda halnya jika Anda berada di kota besar seperti Jakarta atau sekitarnya, cukup mudah untuk menemukan lokasinya.

  • Jarak tempuh terbatas

Jika Anda menggunakan mobil listrik, harus paham bahwa jarak tempuhnya sangat terbatas. Anda harus menemukan lokasi pengisian baterai sebelum kehabisan.  Ini bisa menjadi masalah jika Anda merencanakan perjalanan jarak jauh, tetapi akan baik-baik saja untuk perjalanan harian jika Anda mengisi daya mobil Anda setiap malam.

  • Harga baterai mahal
Baca Ini Juga  Harga Scoopy Terbaru Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Meskipun umumnya hanya membutuhkan sedikit perawatan, jangan heran jika Anda perlu mengganti baterai mobil listrik Anda setidaknya sekali selama masa pakainya. Harganya yang mahal perlu Anda pertimbangkan secara matang.

Itulah kelebihan dan kekurangan mobil listrik jika dipakai untuk sehari-hari. Meski memiliki banyak kelebihan, namun tetap ada kekurangan. Sehingga Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum membeli mobil.