Cara merawat mobil.|Unslash.com
Cara merawat mobil.|Unslash.com

Biar Lebih Aman, Intip Cara Merawat Mobil Ini Yuk!

Diposting pada

Merawat mobil memang sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, mobil akan tetap aman dan lebih nyaman saat digunakan. Namun, dalam perawatannya tidak boleh sembarangan. Karena jika jika begitu, bisa jadi mobil akan cepat rusak tanpa kita ketahui sedari dini.

Cara Merawat Mobil

Apabila kamu ingin merawat mobil, tetapi bingung dalam melakukan nya, ikuti beberapa tips dibawah ini aja yuk! Namun, sebelum itu, kamu perlu ingat bahwa hal tersebut perlu dilakukan secara konsisten. Sehingga hasilnya pun maksimal. Adapun caranya adalah sebagai berikut!

1.      Membersihkan Kendaraan Dengan Rutin

Ketika mobil sering digunakan, maka akan terpapar oleh debu. Terutama jika, kamu hobi bepergian sehingga menyebabkan mobil cepat kotor. Maka, untuk menjaga kenayamanan dan keamananmu, cobalh untuk langsung membersihaknnya.

Adapun jika ingin memastikan mobilmu terbebas dari debu, maka kamu dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu kemudian, gunakan lap untuk membersihkan kotoran yang menempel pada jok motor.

2.     Merawat Mobil Dengan Rutin Memanaskan Mesin

Cobalah untuk memanaskan mobil tiga kali dalam seminggu. Bisa juga sekali dalam seminggu, lakukanlah hal ini meskipun tidak akan digunakan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dari oli.

Baca Ini Juga  Harga Motor KLX Lengkap Terbaru

Pasalnya, ketika mesin lama tidak dipanaskan maka oli dalam mesin.  tersebut akan mengendap dan nantinya mengakibatkan kerusakan. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, maka mesin perlu pelumasan melalui cara memanaskan mobil yang kamu miliki.

3.      Memeriksa Cairan Yang Ada Pada Mobil

Usahakan untuk mengecek ketersediaan dari air radiator sehingga suhu mobil tidak melebihi batas optimal. Selain itu, coba lah untuk mengecek air yang tersedia pada tangki reservoir, dimana levelnya harus sesuai dengan apa yang disarankan oleh pabrikan. Bahkan untuk memastikan mobil dalam keadaan lebih aman, cek minyak yang ada pada rem. Sehingga kamu yakin tidak ada kebocoran.

4.      Merawat Mobil Dengan Mengecek  Oli Pada Mesin

Ketika kamu tidak melihat ambang batas pada dipstick, maka mobilmu dikatakan ambang. Lalu bagaimana jika terlihat? Usahakan untuk menambahkan oli secepat mungkin. Selain itu, lebih baik lagi jika setiap enam bulan sekali atau 10.000 km  mengganti oli pada mobilmu. Pastikan pula oli yang akan digunakan sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Baca Ini Juga  Harga Mobil BMW Seri 7, Kualitas Unggul

5.      Mengecek Kondisi Ban Mobil

Cobalah untuk  mengecek dengan rutin kondisi ban mobilmu. Terutama ketika kamu hendak bepergian. Pasalnya, jika tekanan angin dalam ban kurang atau melebihi maka akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Bahkan kemungkinan terburuknya dapat menyebabkan kecelakan.

Selain itu, pastikan pula tidaka ada kerikil atau benda tajam yang menancap pada ban. Lakukan hal ini secara detail karena terkadang tidak akan terlihat hanya dilihat secara sekilas. Untuk menjaga menyakinkan, periksa dindin ban sehingga tidak ada potensi benjolan maupun sobek. Dimana hal tersebut akan membahayakan ketika digunakan.

6.      Pastikan Lampu Pada Mobil Menyala

Apabila Lampu mobil tidak menyala, hal tersebut pasti akan menghambat perjalananmu. Hal ini karena keberadaan lampu bagi kendaraan sangat penting. Misalnya, lampu sen digunakan untuk memberitahukan orang bahwa kamu akan menuju ke arah mana.

Sehingga orang yang berada di belakangmu mengetahuinya. Selain itu, lampu belakang maupun depan akan memudahkanmu dalam mengendarai mobil ketika malam hari. Begitupun dengan lampu rem, pastikan untuk menyala. Jika ada kerusakan, segeralah perbaiki ke bengkel.

Baca Ini Juga  Kredit Mobil Syariah, Biaya Cicilan yang Paling Murah

Cara merawat mobil di atas dapat kamu terapkan setiap saat, terutama ketika akan bepergian jauh. Pastikan pula, sebelum berangkat kamu mengisi bensin full.