8 Tips Aman Sebelum Belanja Online

Posted on

8 Tips Aman Sebelum Belanja Online – Perkembangan digital begitu pesat dengan hadirnya beragam Toko Online di Indonesia. Banyak jenis Toko Online yang bisa kita temui, baik itu dimiliki oleh perusahaan maupun toko online milik pribadi atau perseorangan.

Toko Online, menjamur karena begitu mudanya akses internet di berbagai perangkat digital, seperti smartphone, laptop ataupun pc. Contohnya smartphone, teknologi yang terdapat pada parangkat tersebut sering digunakan untuk membuka peluang bisnis seperti berjualan secara online.

Banyak yang di antara mereka, berjualan di internet sabagai mata pencaharian utama atau cuma sambilan saja. Selain itu, kelebihan dari berbelanja online adalah harganya yang murah dari pada toko fisik. Oleh sebab itu banyak orang yang beralih belanja dari toko konvesional ke toko online.

Memang, belanja online banyak memberikan kemudahan bagi para pembeli, karena kita tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli barang. Dengan hanya melakukan jual beli di smartphone, maka barang yang kita inginkan akan di antar langsung ke rumah.

Dibalik banyaknya kelebihan berbelanja online, terdapat satu kekurangan yang perlu kamu waspadai. Yaitu keamanan dalam melakukan proses transaksi jual beli ketika berbelanja online.

Nah, oleh karena itu, Simak 10 Tips dibawah ini tentang Belanja Online yang aman supaya kamu tidak tertipu dan aman dari kejahatan online yang dapat merugikan kamu.

tips belanja online

Tips Aman Sebelum Belanja Online

1. Teliti Dalam Memilih Website Toko Online

Melakukan transaksi jual beli online, pasti menggunakan platfrom Toko Online, baik itu melalui website ataupun aplikasi. Namun sebelum membeli, sebaiknya kamu teliti dalam memilih toko tersebut, sebaiknya kamu menggunakan marketplace seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibi atau market lain yang sudah terbukti ke amanannya.

2. Kelengkapan Informasi Toko Online

Sebelum membeli, Sebaiknya kamu mencari informasi dari penjual atau pemilik toko online tersebut, apakah situs tersebut milik perusahaan atau pribadi. Selain itu pastikan bahwa nomer telepon dan kontak benar, dan juga cari informasi tentang rekening, alamat, dan kantor toko online tersebut.

3. Baca Kebijakan Situs Toko Online

Toko Online terpercaya, pasti akan mempunyai kebijakan pada situsnya, Jika kamu ragu, maka bacalah dengan teliti tentang kebijakan pada situs tersebut, jangan samapi terdapat poin yang dapat merugikan pembeli.

Selain itu, baca juga tentang kebijakan pengembalian barang, Karena belanja online tidak bisa melihat barang secara fisik, maka kebijakan tersebut harus ada beruapa garansi barang jika tidak sesuai dengan keinginan pembeli.

4. Manfaatkan Informasi dari Google

Untuk memastikan bahwa toko tersebut benar-benar aman, kamu bisa memastikannya dengan informasi yang tersebar di internet. Melalui mesin pencari seperti Google, ketikan nama tersebut, maka akan muncul beberapa informasi dari toko online tersebut, selain itu pastikan bahwa banyak review yang positif dari para pelanggan yang sudah membeli.

5. Cek Keamana Situs Web Toko Online

Untuk melihat keamanan situs web tersebut, kamu bisa melihat berupa gambar gembok pada bagian alamat situs pada url browser kamu, biasanya sebelum memasukan informasi pribadi, periksalah tanda gembok tersebut apaka ada atau tidak.

Selain itu, ketika kamu diminta untuk memasukan nomor kartu kredit, lihat alamat situs web tersebut apakah ada yang aneh atau tidak, misalnya url berubah dari http ke shttp. Jika kamu melihat url tersebut menjadi https maka informasi pembayaran kamu di enkripsi dan itu aman.

6. Optimasi Keamanan Perangkat

Selain melihat keamanan situs Toko Online, jangan lupa untuk mengoptimalkan keamanan pada PC atau perangkat Anda. Selalu lakukan update software secara rutin, agar program jahat yang dirancang untuk mengambil keuntungan dari sistem operasi dan browser kamu.

Jangan pernah menggunakan aplikasi VPN gratisan ketika kamu mengakses akun penting yang berhubungan dengan keuangan, Karena hal ini dapat berakibat fatal dan kehilangan informasi atau bahkan berupa uang.

7. Cetak dan Simpan Bukti Pembayaran

Dengan mencetak dan menyimpan bukti transaksi dan pembayaran, dapat menyelamatkan kamu ketika terjadi permasalahan pada sistem pembayaran. Kebanyakan dari sistem pembayaran akan memberikan invoice ke email kamu.

Pada invoice tersebut pastikan juga nomor konfirmasi dan pembayaran telah di setujui. Nah supaya aman, cetak atau simpan bukti tersebut sehingga jika terjadi masalah dapat diatasi dengan bukti dari informasi pembayaran tersebut.

8. Belanja di Marketplace atau Toko Online yang sudah Terkenal

Jika kamu ragu melakukan pembelian di toko online lain, maka sebaiknya kamu memilih untuk berbelanja di toko online yang sudah ternama dan familiar di telinga kamu.

Jangan mudah tergoda dengan diskon yang besar dan harga yang murah. Biasanya hal tersebut sering ditawarkan melalui media sosial seperti facebook atau instagram. Saran saya, belanja di marketplace seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Karena sistem pembayaran pada marketplace tersebut tidak langsung diberikan pada penjual, melainkan ditahan oleh perusahaan, sebelum kamu benar-benar menerima barang dan sesuai dengan apa yang kamu beli.

Selain itu, kelebihan dari marketplace terdapat review dan ulasan dari barang yang dijual, sehingga kamu dapat benar-benar memastikan bahwa barang tersebut berkualitas dan sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Demiakn adalah 8 Tips aman belanja online yang bisa kamu aplikasikan sebagai panduan sebelum melakukan transaksi jual beli secara online. Semoga artikel hargabelanja.com kali ini dapat bermanfaat buat kamu yang membutuhkan.