cara merawat rumah.|Unsplash.com
cara merawat rumah.|Unsplash.com

4 Cara Merawat Rumah Agar Nyaman dan Bersih

Diposting pada

Rumah menjadi tempat yang memang seharusnya nyaman. Karena banyak orang yang menghabiskan waktu istirahatnya di rumah. Oleh karena itu, cara merawat rumah menjadi hal yang penting untuk diketahui. Karena tentunya semua orang berharap rumah yang ditempati merupakan tempat nyaman, teratur, bersih, sehat, serta tidak menjadi sarang penyakit.

Rumah yang nyaman dan bersih tidak hanya berguna untuk penghuninya saja. Namun, jika ada tamu datang pun tentunya akan lebih baik jika rumah dalam keadaan bersih serta nyaman. Kenyamanan dan kebersihan rumah pun berpotensi meningkatkan kualitas kesehatan pada manusia. Sehingga, merawat dan membersihkan rumah memang penting untuk dilakukan.

Cara Merawat Rumah Agar Nyaman dan Bersih

Para penghuni rumah sebaiknya tidak malas untuk membersihkan atau merawat rumah. Karena rumah yang kotor tentunya akan menjadi sarang penyakit atau kuman. Sehingga, akan membahayakan pula untuk tubuh manusia. Oleh karena itu, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat serta membersihkan rumah dengan efektif!

1.      Membersihkan Seluruh Bagian Rumah dengan Rutin

Cara pertama dan paling utama adalah membersihkan seluruh bagian rumah secara rutin. Usahakan jangan hanya membersihkan rumah di hari libur saja. Namun, sebaiknya tetap bersihkan rumah ketika hari-hari kerja. Kamu dapat meluangkan waktu di pagi hari atau di sore hari untuk membersihkan seluruh bagian rumah.

Baca Ini Juga  Harga Gorden Per Meter, Pasang Garden Jakarta Mulai Rp 45.000!

Tidak hanya bagian depan saja, tetapi pastikan untuk benar-benar membersihkan seluruh bagian. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dapur, dan bagian lainnya. Terlebih bagian kamar mandi, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Karena bagian kamar mandi biasanya menjadi sarang penyakit. Maka, pastikan untuk selalu membersihkannya secara rutin.

2.      Menyortir Barang yang Tidak Diperlukan

Beberapa rumah biasanya memiliki barang-barang yang cukup banyak. Hal tersebut menyebabkan interior rumah terasa padat. Sehingga, memberikan kesan rumah yang sempit. Oleh sebab itu, sebaiknya mulailah menyortir barang-barang di rumah yang tidak pernah dipakai lagi. Selanjutnya, barang tersebut dapat dijual atau didonasikan.

Karena tentunya tidak semua barang atau perabotan rumah tangga akan benar-benar digunakan. Sebaiknya donasikan barang-barang tersebut, agar lebih bermanfaat dibandingkan hanya dipajang saja di rumah. Dengan begitu, rumah pun akan terlihat lebih rapi dan luas. Karena penumpukan barang pun dikhawatirkan menyebabkan menjadi tempat berkumpul serangga.

3.      Melakukan Perbaikan Secara Rutin

Cara merawat rumah berikutnya adalah dengan melakukan perbaikan di beberapa bagian secara rumah. Tentunya, beberapa bagian dalam rumah berpotensi mengalami kerusakan karena usia. Hal-hal yang biasanya akan rusak adalah kran air, pintu, kaca, lemari, dan sebagainya. Selain itu, cobalah untuk memeriksa pula pada bagian dapur dan kamar mandi.

Baca Ini Juga  5 Tips Sewa Rumah Di Bekasi

Karena dikhawatirkan terdapat pula beberapa perabotan rumah tangga yang mengalami kerusakan. Apabila masih dapat diperbaiki, sebaiknya segera perbaiki barang-barang tersebut. Sebelum kerusakannya menjadi semakin parah. Apabila sudah tidak dapat diperbaiki, maka dapat mengganti barang-barang tersebut dan membeli yang baru.

4.     Cara Merawat Rumah Dengan Memeriksa Instalansi Listrik dan Air

Cara terakhir adalah rutin memeriksa instalansi listrik serta air. Apabila dirasa berbahaya, maka dapat memanggil ahli untuk memeriksa bagian tersebut. Karena tidak sedikit kasus kebakaran yang disebabkan oleh korsleting. Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukanlah antisipasi dengan memeriksa instalansi listrik serta air secara rutin.

Cara merawat rumah tidak dapat dianggap sepele atau bahkan tidak penting. Karena bagaimanapun kebersihan, kenyamanan, dan keamanan rumah menjadi tanggung jawab para penghuni di rumah tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk tetap merawat dan membersihkan rumah secara rutin.