Tips membeli rumah
Tips membeli rumah.|Unsplash.com

7 Tips Membeli Rumah Yang Tepat

Diposting pada
Tips membeli rumah
Tips membeli rumah.|Unsplash.com

Tips membeli rumah itu beragam.  Selain itu, harganya pun beragam. Ada harga yang ratusan juta hingga  triliun bahkan lebih. Kenapa orang rela membeli rumah? Hal ini karena rumah merupakan salah satu aset yang berharga. Hal tersebut dikarenakan rumah merupakan menjadi tempat untuk tinggal. Sehingga memilikinya merupakan sebuah hal yang istimewa.

Tips Membeli Rumah

Dalam membeli rumah, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini karena rumah merupakan salah satu aset dengan harga yang tidak murah. Selain itu, akan menjadi hunian dimana kamu tinggal. Sehingga, perlu dipikirkan dengan matang-matang. Dengan begitu, kamu dapat menemukan rumah mana yang sesuai dengan kebutuhan. Inilah beberapa cara untuk membeli  rumah!

1.    Tips Membeli Rumah Dengan Membersihkan Rekam Kredit

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah menghapus semua kredit yang kamu miliki. Dengan tidak memiliki kredit, kamu akan fokus menyisihkan uang untuk membeli rumah yang kamu idam-idamkan. Sehingga, tidak terlalu berat kamu menjalankan. Apabila belum bisa bebas secara 100%. Maka hendaklah lakukan sampai 50%-70% untuk melunaskan kredit yang kamu miliki.

Baca Ini Juga  5 Cara Membeli Rumah Di Perumahan Agar Tidak Tertipu

2.    Menentukan Rumah Sesuai Kebutuhan

Tips membeli rumah yang tepat adalah menentukan jenis rumah yang kamu inginkan. Apakah rumah tersebut memiliki dua kamar, desainnya minimalis, atau sebaliknya. Dengan mengetahui kebutuhan rumah.

Maka kamu akan semakin mudah menentukan akan membeli rumah yang seperti apa. Pasalnya, setiap tipe rumah, memang berbeda. Baik kualitas udara, air, tanah, dan lain sebagainya. Akan tetapi, terlepas dari itu semua. Sebaiknya hindari membeli rumah  yang berdekatan dekat dengan industri. Biasanya, kualitas air, tanah, maupun udaranya kurang bagus.

3.   Tips Membeli Rumah Dengan Mengenal Lingkungan Sekitar

Selain jenis rumah, lingkungan disekitar rumah pun sangat penting diperhatikan. Pasalnya, jika lingkungannya baik. Maka, secara garis besar, hal tersebut dapat memberikan dampak yang baik pula.

Baik bagi pertumbuhan, kualitas hubungan antar tetangga, dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan pula budaya yang diterapkan di lingkungan sekitar. Apakah memang cocok atau tidak dengan dirimu sendiri.

4.    Menyiapkan Uang Muka

Apabila kamu membeli rumah secara dicicil, maka kamu perlu menyiapkan uang muka terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam membayar DP rumah. Namun, bagi kamu yang ingin membayar sekaligus, itu lebih baik.

Baca Ini Juga  Inilah Menu Makanan Rumahan Yang Mudah Dibuat

Selain itu, membayar dengan cash biasanya lebih hemat dibandingkan dengan mencicil. Untuk metode pembayarannya pun beragam. Tergantung dari kebutuhan. Ada yang membolehkan bayar cash maupun menggunakan kartu debit.

5.    Mengenal Kondisi Keuangan

Seperti yang dikatakan di awal. Bahwa membeli rumah bukanlah sesuatu yang mudah. Sehingga, perlu mengenal kondisi keuangan yang kamu miliki. Jika kamu ingin membeli rumah dengan harga Rp 950 juta.Namun, uang yang terkumpul hanya sebatas Rp 500 juta.

Maka hal tersebut kurang. Sehingga kamu perlu menabung terlebih dahulu. Cara lainnya adalah kamu membeli rumah sesuai dengan kapasitas uang yang kamu pegang saat itu. Tips membeli rumah ini pun dapat membantu kamu untuk lebih bijak lagi dalam menentukan rumah mana yang akan dibeli.

6.    Tanyakan Fasilitas Yang Tersedia

Jika kamu membeli sebuah rumah di perumahan. Maka, sudah pasti perumahan tersebut memiliki fasilitas. Dari mulai  taman, satpam, kolam renang, maupun lain sebagainya. Dengan memahami hal tersebut, kamu dapat meninjau kembali. Apakah tempat tersebut memang cocok atau enggak untuk dirimu.

Baca Ini Juga  Harga Gorden Per Meter, Pasang Garden Jakarta Mulai Rp 45.000!

7.    Lakukan Prosedur Yang Berlaku

Tentu membeli rumah pun harus melalui akad yang jelas. Sehingga, untuk mendapatkan  rumah dan sertifikatnya atas nama kamu. Maka perlu diurus sesuai dengan aturan berlaku. Dengan begitu, tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan. Baik penjual maupun pembeli.

Itulah beberapa tips membeli rumah yang tepat. Selain cara di atas. Untuk menambah referensi, kamu dapat menanyakan hal tersebut kepada orang terdekat. Siapa tahu, mereka mengetahui dengan betul dimana rumah yang kamu butuhkan, bukan?