bank syariah terbaik di Indonesia

12 Bank Syariah Terbaik Di Indonesia, Fasilitas Lengkap

Diposting pada

Sebagai seorang muslim, tentu tidak ingin berurusan dengan yang namanya riba. Untuk itu, bank syariah terbaik di Indonesia bisa jadi pilihan yang tepat. Prinsip syariah Islam yang diterapkan membuat nasabah tidak perlu khawatir. Banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan bank syariah, hal ini tak lepas karena mayoritas memang beragama Islam.

Sebelum memutuskan untuk membuka rekening bank, Anda perlu mengetahui akad-akad yang ada di bank syariah terlebih dahulu. Dengan begitu, akan semakin yakin dan tidak khawatir ketika melakukan transaksi. Bank syariah menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat yang beragama Islam untuk melakukan transaksi keuangan.

keuntungan menggunakan bank syariah

12 Bank Syariah Terbaik Di Indonesi, Fasilitas Lengkap

Jika Anda sedang mencari bank syariah terbaik di Indonesia, berikut daftar lengkap bank yang bisa jadi pilihan.

Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan penggabungan dari beberapa bank yakni Bank BRIsyariah Tbk, Bank Syariah Mandiri dan Bank BNI Syariah. Dengan bergabungnya beberapa bank tersebut, membuat layanan dari BSI semakin bagus. Terdapat beberapa layanan yang tersedia, seperti tabungan, pembiayaan, investasi, haji maupun umroh dan masih banyak lagi.

Salah satu produk yang menarik adalah tabungan haji. Masyarakat yang memiliki niat untuk berangkat haji dapat menggunakan layanan ini untuk menyimpan uangnya. Sehingga akan jauh lebih aman, apalagi tidak ada biaya bulanan yang dikenakan.

Bank Syariah Indonesia menjadi bank syariah dengan jaringan kantor terbanyak saat ini. Hampir di setiap kota besar terdapat kantor cabang yang akan memudahkan nasabah yang ingin melakukan pembukaan rekening maupun transaksi. Hal ini yang membuat banyak orang lebih memilih BSI sebagai tempat mereka menabung. Apalagi banyak fasilitas yang tersedia, membuat transaksi menjadi lebih mudah.

Bank Muamalat Indonesia

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Bank Muamalat Indonesia. Terdapat beberapa produk bank syariah yang bisa Anda gunakan, mulai dari tabungan, giro, deposito, kartu debit, investasi dan yang lainnya. Dengan menggunakan bank ini, sudah terjamin kehalalannya. Hal itu tak lepas karena semua transaksinya sesuai dengan prinsip syariah Islam.

Bank Muamalat Indonesia menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk menunjang transaksi nasabahnya. Mulai dari aplikasi mobile banking, internet banking dan sebagainya. Saat ini, sudah tersedia banyak ATM yang bisa digunakan oleh nasabah. Berbeda dengan bank syariah lain yang belum memiliki banyak ATM sendiri.

Bank Mega Syariah

Nasabah yang ingin menikmati fasilitas perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah, bisa menggunakan Bank Mega Syariah. Aktivitas perbankannya menggunakan Akad Wadiah atau Mudharabah Mutlaqah. Prinsip yang digunakan adalah bagi hasil, bukan bunga yang menyebabkan riba. Cocok untuk Anda yang belum pernah menggunakan layanan bank, karena ketika pembukaan rekening, setoran awalnya ringan.

Baca Ini Juga  Istilah dalam Kartu Kredit Syariah yang Wajib Diketahui Pemilik

Selain itu, nasabah Bank Mega Syariah juga memiliki keuntungan karena bisa tarik tunai secara gratis di ATM jaringan Mega Net. Bukan hanya, itu, ada fasilitas bebas biaya transaksi juga melalui mesin EDC Prima (BCA) dan Mega Net. Hal ini yang menjadikan menabung di Bank Mega Syariah merupakan pilihan yang tepat.

Bank Syariah Bukopin

Ada banyak keuntungan menggunakan Bank Syariah Bukopin. Seperti bank syariah pada umumnya, terdapat beberapa produk yang tersedia. Mulai dari pendanaan, pembiayaan dan jasa. Selain itu, ada beberapa pilihan tabungan yang bisa nasabah pilih, seperti Tabungan iB Siaga, Tabungan Simpel iB, Tabungan iB Haji dan masih banyak lagi. Nasabah bisa menggunakan produk tersebut tanpa khawatir berurusan dengan riba.

Bank Bukopin Syariah juga memiliki aplikasi Mobile Banking sendiri. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan nasabah ketika ingin melakukan transaksi. Jadi dengan adanya aplikasi ini, nasabah bisa melakukan transfer, pengecekan saldo, melakukan pembayaran melalui aplikasi ini saja.

Bank Panin Dubai Syariah

Selain beberapa bank di atas, Anda juga bisa membuka rekening di Bank Panin Dubai Syariah. Bank yang berdiri pada tahun 1972 ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Hal ini tak lepas dari pelayanan kualitasnya yang sangat memuaskan. Banyak penghargaan yang didapatkan oleh bank syariah ini, mulai dari Best of The Best Islamic Bank The Magnificent Seven – Krim Award 2017, The Best GCG Practise – Indonesia Sharia Finance Award 2017 dan masih banyak lagi.

Bank Panin Dubai Syariah memiliki beberapa produk yang bisa digunakan oleh nasabah. Untuk produk tabungan, terdapat beberapa jenis seperti Tabungan Hasji PaS, Tabungan SimPel, Tabungan Fleksibel, Tabungan Bisnis dan yang lainnya. Selain itu juga ada produk pembiayaan yakni Pembiayaan Pemilikian Rumah, Pembiayaan Pemilikan Mobil, Pembiayaan Investasi dan masih banyak lagi.

Bank Jabar Banten Syariah

Bank Jabar Banten Syariah atau BJB Syariah ini menjadi salah satu pilihan terbaik. Meski merupakan divisi dari Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, bank syariah ini telah memiliki berbagai penghargaan. Misalnya seperti Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) Penghimpunan Terbaik 2020 Untuk Kategori Bank BPD. Masih banyak penghargaan yang dimiliki oleh bank ini, yang menunjukan kualitasnya.

Jika Anda ingin menabung di bank ini, ada beberapa pilihan jenis tabungan. Seperti Tabungan IB Maslahah, Tabungan IB Haji Maslahah, Tabungan Anak IB Maslahah dan sebagainya. Anda bisa membuka rekening melalui kantor cabang maupun utamanya di Jl. Braga No. 135 – Bandung 40111.

Baca Ini Juga  5 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah, Wajib Anda Tahu

Bank Aladin Syariah

Perlu Anda ketahui, Bank Aladin Syariah merupakan bank digital yang berbasis syariah pertama di Indonesia. Calon nasabah bisa membuka rekening secara online, tanpa harus mengunjungi kantor. Selain itu, ada fasilitas transfer gratis dan mendapatkan bagi hasil tabungan sampai dengan 3%. Nasabah juga akan mendapatkan fasilitas aplikasi Ala Dompet. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan transaksi keuangan sehari-hari dengan cara yang leih mudah.

Nasabah yang ingin mendapatkan bagi hasil berbasis syariah, bisa menggunakan Ala Impian Tabungan. Untuk membuka tabungan, nasabah bisa melakukannya melalui aplikasi darimana saja. Tidak ada biaya administrasi yang bakal dibebankan ke nasabah. Ini jelas akan memberikan keuntungan bagi nasabah yang hanya ingin menabung di bank saja.

Bank Aladin Syariah juga memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin berbagi dengan sesama. Anda bisa melakukan donasi langsung melalui smartphone darimanapun dan kapanpun. Tidak perlu khawatir dengan penyaluran bantuannnya, yang sudah pasti terpercaya. Saat berdonasi, Anda juga tidak dikenakan biaya admin. Selain menabung, Anda juga bisa berbagi dengan sesama dengan cara yang mudah.

BCA Syariah

Selain memiliki bank konvensional, BCA juga memiliki bank yang berbasis syariah. Resmi beroperasi pada 5 April 2010, sehingga sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak. Banyak produk dan layanan tersedia di bank syariah ini. Mulai dari simpanan, pembiayaan, aplikasi bank syariah mobile dan masih banyak lagi.

Salah satu keunggulan dari Bank BCA Syariah ini ada pada layanan perbankan elektronik. Nasabah bisa menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia, seperti BCA Syariah Mobile, Klik BCA Syariah, ATM BCA, Flazz BCA Syariah, Debit BCA. Selain itu, nasabah juga bisa melakukan setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji, melakukan pengiriman uang dengan mudah melalui aplikasi.

Bank Aceh Syariah

Aceh terkenal sebagai daerah yang mampu menerapkan syariah Islam dengan baik. Nasabah yang ingin menabung di bank juga kini dimudahkan dengan adanya Bank Aceh Syariah. Meski belum sebesar bank-bank lainnya, bank syariah ini ternyata memiliki produk yang cukup lengkap. Seperti Deposito Mudharabah, Tabungan SIMPEDA iB, Tabungan Aneka Guna iB, Tabungan Seulanga iB dan masih banyak lagi.

Saat ini juga sudah tersedia aplikasi Action Mobile Banking. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan nasabah yang ingin melakukan transaksi. Sehingga tidak perlu pergi ke ATM atau kantor cabang jika ingin melakukan pengiriman uang, pengecekan saldo maupun melakukan pembayaran. Meski memiliki nasabah terbesar di Aceh, bank syariah ini juga memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di beberapa kota seperti Medan hingga Jakarta.

Baca Ini Juga  Deposito Syariah untuk Investasi Sesuai Syariat Islam

Bank BTPN Syariah

BTPN Syariah ini menjadi bank syariah ke 12 yang ada di Indonesia. Merupakan anak perusahaan dari perusahaan BTPN yang sudah terkenal sebagai salah satu bank konvensional terbaik. Untuk mendorong pemberdayaan keuangan nasabah, BTPN Syariah menawarkan berbagai produk pendanaan. Seperti Tepat Tabungan, Tepat Deposito, Rekening tabungan jamaah haji, Tepat Giro hingga Tepat tabungan syariah.

Selain itu terdapat produk pembiayaan yang ditawarkan oleh BTPN Syariah, seperti Tepat pembiayaan syariah, dan tepat pembiayaan kerja syariah. Produk-produk tersebut sangat udah digunakan oleh nasabah. Syarat untuk membukanya juga cukup mudah, sehingga cocok untuk pemula. Nasabah bisa dengan aman menyimpan uang mereka untuk berbagai kebutuhan.

BANK NTB Syariah

Khususnya untuk masyarakat NTB, Bank NTB Syariah ini bisa menjadi pilihan terbaik. Kualitas pelayanannya sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingap sudah banyak penghargaan yang telah diraih. Misalnya seperti Top Leader on Digital Implementation 2021, Top Digital Implementation 2021 dan masih banyak lagi. Kantor pusatnya berada di Jl. Pejanggik 30, Mataram 83126. Calon nasabah bisa dengan mudah melakukan pembukaan rekening atau melakukan transaksi nantinya.

Selain melalui kantor cabang, nasabah bisa mengunakan fasilitas e-banking untuk melakukan transaksi. Terdapat beberapa layanan yang tersedia, mulai dari Mobile Banking, Internat Banking personal maupun corporate dan SMS Banking. Produk yang tersedia juga cukup banyak, seperti simpanan, pembiayaan konsumtif, pembiayaan produktif dan yang lainnya.

CIMB Niaga Syariah

Terakhir, ada CIMB Niaga Syariah sebagai salah satu bank syariah terbaik di Indonesia. Bank ini cocok untuk keperluan personal maupun bisnis, karena tersedia banyak produk menarik. Untuk Anda yang ingin menggunakannya untuk keperluan pribadi, terdapat beberapa produk yang bisa Anda gunakan. Seperti Tabungan iB, Kartu Syariah, Wakaf, Reksa Dana Syariah, KPR iB dan masih banyak lagi.

Sementara untuk keperluan bisnis, terdapat beberapa produk yang bisa digunakan seperti Simpanan, Pembiayaan dan Treasury. Nasabah juga mendapatkan berbagai fasilitas digital banking. Anda bisa menggunakan rekening ponsel, octo mobile, octo clicks, phone banking dan masih banyak lagi. Kualitas dari CIMB Niaga Syariah memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Demikian informasi mengenai bank syariah terbaik di Indonesia. Sebagai seorang muslim, memang harus berhati-hati bila berurusan dengan uang. Jangan sampai niat kita untuk menabung, justru membuat kita berurusan dengan riba. Dengan menggunakan bank syariah, Anda akan terhindar dari yang namanya riba.