ara belajar yang efektif
ara belajar yang efektif.|Unsplash.com

5 Cara Belajar Yang Efektif

Diposting pada
ara belajar yang efektif
ara belajar yang efektif.|Unsplash.com

Bagi kamu yang kesulitan dalam menemukan cara belajar yang efektif maka artikel ini perlu kamu baca sampai akhir. Lantas mengapa belajar efektif itu dibutuhkan? Hal tersebut dikarenakan kamu dapat memahami materi lebih dalam. Sehingga, materi tidak mudah kamu lupakan begitu saja. selain itu, hal yang terpenting adalah kamu paham. Bukan hanya hafal saja.

Cara Belajar Yang Efektif

Setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing. Namun, tentunya cara tersebut terkadang tidak berlaku bagi yang lain. Nah, bagi kamu yang ingin belajar secara belajar efektif, ikuti beberapa tips ini yuk!

1.    Menentukan Tujuan Belajar

Hal yang perlu pertama kali kamu lakukan adalah menentukan tujuan dalam belajar itu untuk apa.  Pasalnya, dengan begitu kamu akan lebih giat dan fokus dalam belajar.  Dengan begitu, kamu tidak akan mudah untuk teralihkan. Cobalah gali tujuan paling mendasar mu itu untuk apa. Apakah untuk menjadi tenar? Jadi orang yang cerdas? Atau untuk apa?

Namun, meskipun begitu, setelah kamu menemukan tujuan dari belajar. Cobalah analisa, apakah tujuan tersebut baik atau tidak. Jika hanya untuk tenar saja, sebaiknya kamu memperbaiki tujuan tersebut. Sehingga, tujuannya menguntungkan diri sendiri maupun orang sekitar. Dengan kata lain tidak merugikan orang lain. Pasalnya, jika tujuannya baik, maka prosesnya pun akan baik.

Baca Ini Juga  Cara Cek Ongkir JNT Mudah & Praktis

2.    Mengatur Jadwal Belajar

Mengatur jadwal pun bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Kamu perlu mengecek jadwal rutinitasmu. Sehingga, kamu dapat belajar dengan tenang. Selain itu, bukan hanya diatur masalah harinya saja. Namun, durasinya pun perlu kamu atur. Sehingga tidak bosan.

Bisa jadi hanya 30 menit atau bahkan satu jam. Maka, selama proses belajar ni berlangsung cobalah untuk fokus. Sehingga tidak melakukan aktivitas lain. Kecuali memang ke kamar mandi, ibadah, maupun hal lainnya yang urgent. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama. Sehingga kamu tidak bosan dan kehilangan fokus.

3.    Cari Tempat Yang Membuat Nyaman

Sebelum belajar dimulai, tentunya kamu perlu mencari tempat ternyaman untuk belajar itu dimana. Apakah di café, rooftop sekolah, perpustakaan, atau bahkan di rumah. Selain itu, sesuaikan waktu belajarnya. Sehingga hal tersebut benar-benar cocok untuk kamu belajar.

4.    Cara Belajar Yang Efektif Membuat Ringkasan Materi

Setiap materi yang telah kamu pelajari, cobalah untuk meringkasnya sebaik mungkin. Hal ini akan berguna untuk memudahkan belajar. Kamu dapat mengambil poin-poin penting dari setiap materi yang telah diberikan.

Baca Ini Juga  Robot EA Forex Profit Terbaik Gratis Terbaru

Adapun untuk soal matematika atau materi lainnya yang membutuhkan rumus. Maka, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menulis rumus dan memahami setiap contoh atau soal latihannya.

5.    Tanyakan Materi Yang Tidak Dipahami

Dalam materi yang disampaikan oleh mentor di les atau bimbel  atau guru di sekolah mungkin ada yang kurang jelas. Sehingga, hal tersebut membuat kamu kesulitan dalam memahaminya. Jika kamu sudah melakukan segala cara, tetapi tetap belum bisa paham. Cobalah untuk bertanya atau konsultasi pada guru maupun mentormu.

Beberapa cara belajar yang efektif di atas, dapat membantu kamu lebih rileks dan maksimal lagi. Namun, perlu kamu ingat bahwa hal tersebut perlu kamu lakukan secara konsisten. Sehingga, nantinya pola belajar seperti ini akan terbentuk secara otomatis. Dimana kamu tidak perlu lagi harus menginstruksikan diri supaya a atau b. Selain itu, kamu pun memiliki peluang besar untuk menemukan strategi belajar yang cocok untukmu.