Cara move on.|Unsplash.com
Cara move on.|Unsplash.com

5 Cara Move On, Mari Bangkit!

Diposting pada
Cara move on.|Unsplash.com
Cara move on.|Unsplash.com

Cara move on setiap orang memang tidak selalu sama. Ada yang hanya menangis sepanjang hari kemudian, dia merasa baik-baik saja. Bahkan ada pula orang yang menyibukan diri dengan kegiatan barunya. Selain itu, durasi waktunya pun berbeda tiap orang. Sehingga tidak bisa dijadikan perbandingan.

Namun, biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh seberapa besar perasaan orang tersebut kepada mantannya. Jika kamu memang mencintainya terlalu dalam, maka membutuhkan waktu lama. Namun, lama nya disini, tidak ada yang tahu sampai kapan tepatnya. Akan tetapi, meskipun sulit, bukan berarti kamu tidak bisa move on.

Cara Move On

Apa itu move on? Kata ini merupakan serapan dari bahasa Inggris. Kemudian, dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai istilah melupakan atau tidak terjebak lagi masa lalu. Selain itu, ketika seseorang masih mengingat mantannya, sering disebut gagal move on. Nah, jika kamu merasa dalam situasi tersebut, yuk simak informasi berikut ini!

1.    Move on Dengan Membiarkan Diri Menangis

Ketika kamu berpisah dengan pasangan pasti akan menimbulkan rasa sedih tersendiri. Hal itu wajar, terutama jika kamu sudah mengenal keluarga sang mantan. Begitu pula dengan mantan pasanganmu. Maka, ekspresikan perasaan sedih tersebut dan tidak perlu ditahan.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Mie Level untuk Dijual

Salah satu ekspresinya adalah dengan menangis. Meskipun membuatmu tidak langsung membaik dan move on. Namun, dengan membiarkan diri menangis, maka dirimu akan sedikit lebih lega.

2.    Tidak Perlu Mengkritik Diri Sendiri Dengan Ekstrim

Beberapa orang akan menyalahkan diri sendiri karena kandasnya hubungan. Dari mulai mengenali kekurangan diri hingga mengingat apa saja kesalahan apa saja yang dilakukan kepada pasangannya. Kemudian, memaki dan menghardik diri dengan terlalu ekstrim. Misalnya, menyebut diri tidak berguna, tidak layak dicintai, dan lain sebagainya.

Hal tersebut terlalu berlebihan. Jika kamu menyadari mantanmu adalah orang yang berharga, maka sebaiknya kamu pun menyadari bahwa dirimu sama berharganya dengan orang lain.  Percayalah, dengan melakukan hal tersebut, tidak akan membuat situasi dan kondisi membaik. Bahkan bisa berpeluang menjadi lebih buruk dari sekarang.

3.    Terima Kenyataan Yang Ada Ada

Tidak ada salahnya kamu mulai mengingat apa yang Sudah terjadi dan menyadari bahwa hubunganmu dengan pasanganmu sudah berakhir. Meskipun hal tersebut sulit, terimalah dengan lapang karena sekeras apapun kamu tidak menerima dan mencoba memperbaiki semuanya.

Baca Ini Juga  Nomor Kartu Kredit Itu Apa? Kalian Harus Tahu Fungsinya!

Itu tidak akan pernah membuat dia kembali padamu. Pasalnya, jika orang masih ingin mempertahankan hubungan, maka ia akan mempertahankannya. Meskipun ada seribu alasan untuk mengakhiri semua. Hargailah keputusan yang dia ambil, pasalnya tidak baik pula memaksakan kehendak. Terutama hal tersebut berkaitan dengan hati.

4.    Ingat Kembali Hubungan Tersebut

Cobalah ingat kembali semua hal manis sampai pahit yang pernah kamu alami bersama mantan. Rasakan semua perasaan hal tersebut, biasanya hal tersebut akan menyadarkanmu untuk tidak memaksakan hubungan.

Selain itu, bisa jadi hal tersebut dapat membantumu untuk sadar bahwa dia memang bukan yang terbaik untuk dirimu. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal. Seperti karakternya yang cenderung pemarah, tukang selingkung, tidak dapat dipercaya, maupun hal lainnya.

5.    Buka Lembaran Baru Dan Lakukanlah Hal Yang Bermanfaat

Setelah semua proses di atas telah dilalui, maka tidak salahnya kamu membuka lembaran baru. Hal ini bisa diisi dengan meng-upgrade skill yang kamu miliki, menambah networking dengan mengikuti komunitas maupun organisasi, dan sebagainya.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Fakultas Kehutanan

Sesekali, kamu pun bisa mengikuti acara sosial maupun amal. Seperti mengikuti mengajar anak jalanan, membagikan buku pada orang lain, dan sebagainya. Lambat laun, kamu akan merasa lebih baik dan dapat menikmati hari-harimu tanpa terpengaruh oleh kenangan-kenangan masa lalu.

Beberapa cara move on di atas, dapat dilakukan pada dirimu. Terutama jika kamu susah untuk move on. Disamping itu semua, kamu tidak perlu berusaha untuk melupakan mantanmu. Pasalnya, semakin kamu ingin lupa, maka kenangan bersamanya akan terbayang. Maka, cara terbaik adalah dengan menerima dan mengikhlaskan semuanya.