ide usaha untuk ibu rumah tangga.| Unsplash,com
ide usaha untuk ibu rumah tangga.| Unsplash,com

5 Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Diposting pada

Ide usaha untuk ibu rumah tangga ini dapat dijadikan referensi untuk Bunda yang tidak ingin bekerja tanpa meninggalkan rumah.  Sehingga urusan rumah bisa tetap Bunda handle dan tentunya hemat biaya transportasi, bukan?

Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

ide usaha untuk ibu rumah tangga.| Unsplash,com
ide usaha untuk ibu rumah tangga.| Unsplash,com

Beberapa ide usaha ini bagus untuk Bunda kembangkan di rumah. Selain itu, sebaiknya, Bunda pilih usaha memang  dikuasai dan disenangi. Dengan begitu, Bunda akan lebih enjoy dan semangat dalam menjalankannya. Inilah beberapa ide yang bisa dijadikan bisnis di rumah!

1.    Jualan Pulsa Dan Token Listrik

Di Era yang serba canggih ini, kebutuhan pulsa maupun token listrik sangat dibutuhkan. Bahkan kebutuhan ini tidak hanya di kota saja, melainkan di berbagai penjuru pun dibutuhkan. Bunda dapat membeli pulsa di konter handphone yang lengkap dan besar. Biasanya harga nya pun terbilang cukup murah, dibandingkan dengan membelinya secara ecer.

Selain cara tersebut, Bunda bisa mendownload aplikasi Dana, Shopee, maupun lain sebagainya. Dimana didalamnya sudah tersedia berbagai jenis transaksi. Termasuk pembayaran listrik yang paca maupun prabayar, pulsa, dan lain sebagainya. Bunda hanya tinggal Top Up saja untuk mengisi saldo di aplikasi tersebut.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di Universitas Borneo Tarakan

2.   Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yaitu Jualan Masakan

Ide ini cocok untuk Bunda kembangkan, terutama jika Bunda ahli dan menyukai masak-memasak. Untuk minumannya bisa beragam sama halnya di warteg atau warnes. Sajikan saja makanan yang memang resepnya sudah hafal bentul. Adapun jika ingin mencoba masakan baru, sebaiknya untuk melakukan percobaan terlebih dahu.

Bunda dapat memberikan makanan tersebut kepada suami dan anak-anak. Cobalah minta tanggapan mereka mengenai rasa maupun tampilannya. Jika ada yang kurang, maka perbaiki hal tersebut. Setelah dirasa makanan tersebut layak untuk dipasarkan, maka jualah dengan porsi sedikit terlebih dahulu dan amati respon para pelanggan.

3.    Buka Toko Sembako

Sembako disini terdiri dari beras, telur, minyak goreng, bumbu, dan kebutuhan pokok lainnya. Namun, sebelum memulai usaha ini, pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga pasarannya.

Dengan begitu, Bunda tidak akan menjual sembako dengan harga yang terlalu murah maupun mahal. Selain itu, bandingkan pula harga dari tiap distributor atau agen. Dengan begitu, Bunda dapat memilih Distributor atau agen yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Ini Juga  Event Hideout FF Rahasia & Tersembunyi Terbaru

4.    Membuka Kursus

Apabila Bunda memiliki keahlian dalam suatu bidang, maka cobalah untuk membuka kursus. Misalnya, Bunda fasih berbahasa Inggris, maka cobalah untuk buka kursus bahasa Inggris. Selain itu, Bunda perlu menetapkan siapa yang akan Bunda ajar. Apakah anak TK, SD – SMP, SMA, atau anak kuliah bahkan orang yang sudah bekerja.

Namun, Bunda perlu mengingat bahwa buka lah kursus dengan level yang Bunda sanggupi saja. Misalnya, jika Bunga hanya memiliki kemampuan mengajar anak TK, maka cobalah buka kursus anak TK. Kemudian tentukan tarif dan sesuaiakn dengan tarif daerah yang Bunda tinggali. Asalnya, setiap kota atau daerah memiliki harga yang berbeda.

5.    Membuka Jasa Menulis

Apakah Bunda suka menulis? Maka cobalah untuk membuka jasa menulis artikel. Jika Bunda baru pertama kali terjun dari dunia ini, maka cobalah untuk membangun portofolio terlebih dahulu. Selain itu, tidak masalah jika fee atau bayarannya kecil. Namun, bunda mengerjakannya dengan enjoy.

Sehingga ketika sudah ahli dalam bidang tersebut, Bunda pun dapat mengajukan harga yang lebih tinggi kepada calon client nantinya. Pasalnya, tingkat kemampuan maupun lamanya pengalaman akan menentukan harga atau bayaran yang bunda terima.

Baca Ini Juga  Review Asuransi Mobil ABDA

Ide usaha untuk Ibu rumah tangga di atas memang bisa dikerjakan tanpa keluar rumah. Namun, Bunda pun perlu mengatur waktu dengan baik Sehingga tidak ada waktu istirahat, waktu bersama keluarga, dan pekerjaan lain yang terganggu.