Tips memilih kosan
Tips memilih kosan.|Unsplash.com

5 Tips Memilih Kosan Yang Tepat Untuk Kamu!

Diposting pada
Tips memilih kosan
Tips memilih kosan.|Unsplash.com

Memilih kosan yang tepat memang terbilang cukup sulit. Namun, jika kamu mengetahui caranya pasti akan lebih mudah. Lantas kenapa perlu menemukan kosan yang tepat? Hal ini dikarenakan kosan merupakan tempat tinggal selama kamu merantau. Dimana kamu pasti butuh tempat yang nyaman dan aman, bukan?

Tips Memilih Kosan Yang Tepat

Ada beberapa cara untuk menemukan kosan yang tepat untukmu.  Dari mulai mengenali kebutuhanmu hingga memperhatikan akses yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas beberapa tips berikut ini!

1.  Memilih Kosan Dengan Mengetahui Kebutuhan 

Sebelum mencari informasi kosan, baik secara online maupun online. Sebaiknya, kamu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan kamu itu apa. Apakah kamu membutuhkan kosan yang ada kamar mandinya di dalam, lingkungan yang tenang, mudah kemana-mana, atau sebagainya.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyortir informasi yang kamu cari.Selain itu, hal tersebut pun dapat mengefisienkan waktu yang kamu butuhkan. Pasalnya, kamu hanya fokus kepada kosan yang memiliki kriteria sesuai dengan kebutuhanmu.

2.    Sesuaikan Dengan Budget Yang Dimiliki

Menyesuaikan budget untuk kosan pun tidak kalah penting. Pasalnya, jika melebihi budget yang kamu sudah anggarkan maka akan merugikan dirimu. Seperti kamu harus meng-cut budget untuk kebutuhan lain. Demi untuk menutupi kekurangan untuk membayar kosan.

 Jika kamu kuliah, maka diskusikan hal ini kepada kedua orang tuamu. Namun, apabila kamu sudah bekerja, maka disesuaikan dengan pendapatan yang kamu miliki. Misalkan, jika pendapatan kamu mencapai Rp 4.500.000 untuk setiap bulannya. Maka, ambilah kosan yang maksimal nya Rp 1.000.000 untuk setiap bulannya. Lebih bagus lagi, jika kosannya dibawah harga Rp 1 Jt.

3.    Perhatikan Fasilitas Dan Lingkungan Sekitar

Fasilitas yang diamksud itu seperti keamanan, wifi, furniture, dan lain sebagainya. Pasalnya, setiap kosan memiliki fasilitas yang berbeda. Maka, selain melihat bangunan maupun biaya yang dibutuhkannya. Cobalah perhatikan fasilitas yang disediakan oleh kosan tersebut.   Tidak hanya itu saja, kamu pun harus memperhatikan lingkungan.

 Apakah memang memiliki aturan khusus yang harus diikuti atau tidak. Hal ini tentu berkaitan erat dengan budaya maupun keyakinan yang dianut di lingkungan tersebut. bagaimanapun kita harus menghargainya. Sebagaimana sebuah pernyataan yang menyatakan dimanapun kita berada, maka ikutilah aturan yang berlaku di sana. Sehingga cobalah, cocokan dengan niali-nilai kehidupanmu.

4.    Usahakan Memilih Kosan Yang Dekat Dengan Toserba

Pilihlah kosan yang memiliki jarak tidak terlalu jauh dengan Toserba. Hal ini akan memudahkan dalam memenuhi kebutuhanmu. Baik kebutuhan sehari-hari maupun yang lainnya.

Selain itu, kamu pun tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak . hanya untuk transportasi. Lebih baik lagi, jika jaraknya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Selain hemat, kamu pun dapat berolahraga.

5.    Perhatikan Akses Yang Dimiliki

Jika kamu tidak memiliki kendaraan, lebih baik kamu memilih kosan yang dapat diakses oleh kendaraan umum. Minimal jarak dari jalan raya ke kosan tidak terlalu jauh. Hal ini untuk memudahkan kamu.

Terutama bagi kamu yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Selain itu, cari tahu juga apakah lokasi kosanmu dapat dimasuki oleh ojek online atau tidak. Pasalnya, ada beberapa area yang tidak membolehkan ojek online masuk.

Itulah beberapa tips memilih kosan yang tepat untuk kamu. Baik bagi yang bekerja maupun  kuliah. Selain itu, sebelum pindah sebaiknya kamu menyiapkan peralatan apa yang akan dibawah. Sehingga, sesampai di kosan, kamu tidak perlu lagi membeli peralatan tersebut.

 

 

Baca Ini Juga  Harga Tanaman Hias Miana Berkualitas