Tips mendidik anak sholat .| Unsplash.com
Tips mendidik anak sholat .| Unsplash.com

5 Tips Mudah Mendidik Anak untuk Sholat! Yuk Simak Ini Yuk!

Diposting pada

Inilah tips mendidik anak sholat meskipun sudah menginjak usia baligh. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya melakukan kewajiban yang satu ini. Karena Sholat merupakan salah satu kewajiban bagi seluruh umat muslim. Hal ini membuat orang tua memiliki tugas untuk mendidik anak agar melaksanakan sholat.

Tips Mudah Mendidik Anak Sholat

Tips mendidik anak sholat .| Unsplash.com
Tips mendidik anak sholat .| Unsplash.com

Mendidik merupakan tugas pokok orang tua terhadap anak, terutama sebelum memasuki jenjang pendidikan umum. Maka dari itu perlunya mendidik anak sejak usia dini, sesuai dengan dianjurkan Rasulullah Saw. Dalam sebuah hadis  HR Ahmad, Abu Dawud, dan Al-Hakim. Dimana di dalamnya, dianjurkan untuk mengajarkan anak untuk shalat ketika berusia 7 tahun.

Selain itu, hadis tersebut pun menganjurkan untuk memberikan dan mencontohkan mengenai sholat terhadap anak dilakukan sejak usia dini. Seperti yang diketahui mendidik anak bukanlah suatu hal yang mudah, tentu terdapat berbagai kendala. Namun, kendala tersebut bukan alasan bagi umat muslim untuk tidak mengajari anak sholat. Karena sholat merupakan kewajiban utama bagi seluruh muslim. Dibawah ini terdapat tips mudah mendidik anak agar sholat.

Baca Ini Juga  Pengertian & Contoh Soal Permutasi Unsur Berbeda

1.    Tanamkan Dalam Diri Anak Pentingnya Sholat

Tips pertama mendidik anak dengan menanamkan pentingnya sholat ke dalam diri anak. Seperti yang diketahui sholat merupakan kewajiban seluruh umat muslim, jadi kesadaran seberapa pentingnya sholat dapat dilakukan sejak usia dini. Hal ini menunjukan anak mulai melakukan sholat secara bertahap dan rutin. Sehingga  anak mulai terbiasa dengan melaksanakan sholat.

2.    Mengajak Anak Sholat Secara Tetap

Setelah menanamkan pentingnya sholat, tahap selanjutnya yaitu dengan cara mengajak anak sholat secara tetap. Cara ini bisa dilakukan melalui sholat berjamaah agar anak mencontohi dan perlahan bisa sholat dengan sendirinya. Orang tua harus memberikan arahan

3.    Membimbing Anak Agar Sholat Tepat Waktu

Tips ketiga yaitu membimbing anak agar sholat tepat waktu. Hal ini membuat anak terbiasa untuk tidak menunda-nunda waktu sholat. Pentingnya sholat di awal waktu untuk menghindari rasa malas melakukan sholat.

4.    Berikan Hukuman Ringan

Bahkan hal tersbeut pun sudah ada anjurannya dari sebuah hadis HR Abu Daud. Dari hadis tersebut Rasulullah Saw menganjurkan orang tua untuk memberikan hukuman ketika anaknya meninggalkan sholat. Namun, pukulan tersebut tidak melukai fisik dan mental anak. Pukulan itu sebaiknya jangan di bagian tubuh yang dapat berdampak fatal. Berikan pukulan ringan karena hal tersebut sudah menjadi hukuman berat bagi anak.

Baca Ini Juga  Cari Tahu Penghasilan Tiktok Anda

5.    Berikan Pujian Dan Hadiah

Tips terakhir yaitu memberikan pujian ketika anak mencapai target sholat lima waktu. Setelah itu berilah anak hadiah ketika dapat melaksanakan sholat tepat waktu. Bagi seorang anak pujian dan hadiah adalah suatu hal kebanggaan tersendiri yang dapat menjadi dorongan semangat serta motivasi untuk melakukan suatu hal.

Itulah beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk mendidik anak agar sholat. Orang tua Tidak perlu melakukan kekerasan untuk mendidik dan mengajak anak agar sholat. Lakukan dengan lembut dan halus agar anak merasa nyaman untuk melakukan pembiasaan yang satu ini.

Memberikan pendidikan sebelum memasuki pendidikan formal merupakan tugas orang tua. Untuk mendidik dengan mudah, sebaiknya orang tua bisa menjadi contoh bagi anak. Dengan cara mengajak anak dibarengi pengawasan serta pengajaran tata cara sholat. Baca artikel lainnya yang menarik di hargabelanja.com ya!