Gaya hidup sehat.|Unsplash.com
Gaya hidup sehat.|Unsplash.com

5 Tips Mudah Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat!

Diposting pada

Gaya hidup sehat dapat membantu tubuh tetap bugar,  tetapi gaya seperti ini sering disalah artikan karena dapat menelan biaya yang sangat banyak dan terkesan ribet. Padahal, terdapat beberapa tips mudah untuk memulai gaya hidup seperti ini . Meskipun manfaat yang akan didapatkan sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Tips Memulai Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat.|Unsplash.com
Gaya hidup sehat.|Unsplash.com

Apabila sulit dalam memulai kebiasaan baru, maka cobalah untuk membiasakannya mulai dari sekarang. Biasanya, orang akan terbaisanya, ketika dalam sebulan telah mencoba menerapkan yang ingin dibiasakan. Apabila sehari saja melanggar, maka hitungan hari harus dimulai lagi dari hari pertama. Lalu apa saja cara untuk memulai gaya hidup seperti ini!

1.      Minum air putih

Air putih bisa kamu temukan dimana saja, bahkan jika sekalipun Kamu membelinya, harganya pun tergolong terjangkau. Akan tetapi, air putih bisa Kamu masak pula sehingga tidak perlu membelinya.

Namun, pastikan air yang kamu masak memanglah higienis dan bisa dijadikan air minum. Hal ini disebabkan karena biasanya di daerah perkotaan, air sudah tercemar sehingga tidak layak dikonsumsi.

Beda halnya dengan daerah pedesaan, yang mana umumnya air disana cenderung tidak tercemar karena lingkungannya pun, masih asri dan jarang ada pabrik industri disana. Lantas mengapa harus minum air putih?

Hal ini karena air putih dapat membantu tubuh agar memperlancar pencernaan, menjaga kestabilan tekanan darah, membantu agar terhindar dari batu ginjal, dan lain sebagainya. Selain itu, tubuh pun di dominasi oleh cairan didalamnya.

Sehingga minum air putih dengan rutin dan cukup, merupakan salah satu cara mudah untuk sehat. Jadi, bagi Kamu yang lebih suka minum kopi, soda, atau yang lainnya, dibandingkan dengan air putih, sebaiknya kurangilah konsumsi minuman tersebut.

Mulai sekarang cobalah secara perlahan-lahan setelah makan atau ketika haus, air putihlah yang diminum dan sebaiknya diminum 2 Liter perhari. Air putih pun, dapat membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh melalui urin atau keringat.

Baca Ini Juga  Cara Download File Scribd Gratis Tanpa Login dan Bayar

2.      Biasakan mencuci tangan dengan benar

Kebiasaan ini nampak sepele, tetapi dalam praktiknya tidak demikian. Sementara, mencuci tangan dengan benar dapat membunuh kuman yang menempel pada tangan, sehingga penyebaran kuman yang dapat menyebabkan penyakit pun dapat dicegah.

Lantas bagaimana caranya  mencuci tangan dengan benar? Pertama, basahi tangan kamu dengan air bersih yang mengalir secara keseluruhan. Kedua, tuangkan sabun pada bagian tangan dan ratakan, sehingga seluruh bagian dari tangan terkena sabun.

Ketiga, gosok secara perlahan sabun ke seluruh bagian tangan (telapak, sela-sela jari, dan punggung tangan) dalam waktu minimal 20 detik. Keempat, binasalah tangan yang sudah digosok dengan sabun di air yang bersih dan mengalir. Kelima atau yang terakhir, keringkanlah tangan yang sudah dicuci dengan tisu atau handuk bersih.

Biasakanlah cuci tangan setelah batuk atau bersin bahkan buang ingus, habis bepergian dari luar atau tempat umum, merawat yang sakit, dan sebelum atau sesudah makan. Jika Kamu tidak menemukan air, maka bisa menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan sebesar 60% sampai 95% alcohol.

Bahkan ada studi yang membuktikan bahwa produk ini dapat membunuh kuman lebih efektif dibandingkan produk yang memiliki  kadar alkohol lebih rendah atau 0% alcohol. Namun, mencuci tangan dengan air dan sabun lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer.

3.      Istirahatlah dengan cukup

Ini mungkin terkesan biasa, tetapi kebiasaan ini dapat membantu emosi lebih stabil, memelihara kesehatan jantung, dapat membantu fungsi otak secara maksimal, dan dapat mengurangi obesitas. Jika tubuh dalam kondisi seperti ini tentu aktivitas pun akan lancar, bukan?

Selain itu, tubuh pun menjadi bugar dan terasa lebih fresh. Sehingga, apabila jam tidur kurang maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sebaiknya tidur selama 7 sampai 9 jam per hari. Jika Kamu mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk melakukan olahraga ringan sebelum 30 menit, jam tidur. Kamu pun bisa membaca buku, dan mencoba untuk rileks.

Baca Ini Juga  Cara Menjadi Reseller yang Mendapatkan Keuntungan Besar

4.      Makan makanan yang sehat

Apa sih yang dimaksud dengan makanan sehat? Makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, tubuh bisa tetap bugar dan dapat beraktivitas dengan optimal.

Makanan yang sehat ini pun dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna, makanan bisa dikatakan sehat apabila memiliki gizi, seimbang (kandungan dari protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat), dan makanan tersebut bersih. Usahakan pula menghindari makanan cepat saji karena ini tidak baik untuk kesehatan tubuh.

5.     Memulai Gaya Hidup Sehat Dengan Berolahraga dengan teratur

Olahraga yang teratur akan mempengaruhi kesehatan tubuh, ini dikarenakan olahraga dapat memperkuat otot utama, yaitu jantung. Sementara orang yang tidak melakukan olahraga memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibanding yang suka berolahraga.

Olahraga pun dapat membuat otot elastis sehingga tidak ganggu dan tubuh pun terasa lebih fit dan terhindar dari stress. Olahraga pun dipercaya dapat menurunkan berat badan, apabila dilakukan secara konsisten.

Jika Kamu tidak terbiasa berolahraga, mulailah dengan olahraga yang mudah dilakukan dimana saja seperti yoga, senam, dan lain sebagainya. Kamu pun bisa berolahraga dengan minimal 2 kali dalam seminggu.

Manfaat Gaya Hidup Sehat

Tentunya bukan tanpa alasan gaya hidup sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat yang akan kamu dapatkan adalah sebagai berikut!

1.      Membantu menjaga berat badan

Ketika kamu tidak sembarangan mengkonsumsi makanan dan selalu mempertimbangkan nilai gizi nya, tentu hal tersebut dapat membantu kamu mengontrol bobot badanmu, bukan? Dimana kamu akan menghindari makanan yang memiliki kolesterol tinggi, lemak, dan gula yang berlebihan.

Baca Ini Juga  5 Ide Luar Biasa Untuk Mendesain Kamar Tidur Bertema Perjalanan Anda

Dimana diketahui bahwa hal tersebut dapat membuat berat badan semakin bertambah. Selain itu, jika kamu rajin berolahraga dan tidur dengan cukup maka berat badanmu akan ideal. Bahkan hal tersebut dapat membantu sistem metabolisme dalam tubuhmu tidak terhambat.

2.      Membantu tingkatkan mood

Dalam sebuah American Journal of Health Behavior  dinyatakan bahwa dengan menerapkan gaya hidup ini, maka dapat membantu otak maupun tubuh akan sehat. Tentunya karena gaya hidup sehat meliputi olahraga, pola makan yang sehat, tidur yang cukup, dan lain sebagainya. Sehingga berdampak terhadap suasana hati menjadi gembira dan proses berpikir pun akan lebih lancar.

3.      Mampu menghindari penyakit berbahaya

Seperti yang diketahui bahwa penyakit berbahaya biasanya akan menyerang dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya adalah pola makan yang tidak sehat, jarang olahraga, dan lain sebagainya. Sehingga, dengan menerapkan pola hidup seperti ini kamu akan terhindar dari penyakit ini.

Hal ini karena ketika kamu menerapkan lifestyle seperti ini maka asupan gizi dalam tubuh terpenuhi, otot-otot tidak kaku, dan lain sebagainya, Maka hal tersebut memang wajar, menjadikan tubuh sehat dan tentunya berpeluang kecil untuk terkena penyakit yang berbahaya. .

Gaya hidup sehat mungkin terlihat susah untuk dilakukan dan terasa tidak dapat menikmati hidup. Akan tetapi, jika Kamu sudah mulai mencoba gaya hidup seperti ini, kamu pasti akan merasa nyaman dan tentunya kamu akan merasakan manfaat dari pola hidup ini. Lakukan tips di atas secara pertahan dan rileks ya!