Tips supaya tidak iri.| Unsplash.com
Tips supaya tidak iri.| Unsplash.com

5 Tips Supaya Tidak Iri Terhadap Orang Lain!

Diposting pada

Tips supaya tidak iri ini dapat kamu praktikan ketikan rasa ini mulai muncul. Selain itu, perasaan ini pun sebenarnya bisa menghampiri siapa saja. Terutama apabila orang tersebut belum merasa puas dengan kehidupannya. Selain itu, perasaan ini pun apabila jika tidak diatasi dengan segera maka akan menyebabkan kerugian untuk diri sendiri karena hanya melihat kehidupan orang lain. Bahkan merasa apa yang telah dilakukannya pun seakan percuma atau sia-sia.

Tips Supaya Tidak Iri Terhadap Orang Lain

Tips supaya tidak iri.| Unsplash.com
Tips supaya tidak iri.| Unsplash.com

Biasanya rasa iri bisa muncul kepada orang terdekat, seperti keluarga atau teman. Baik iri karena karirnya melesat, kecerdasan, kekayaan, dikelilingi orang yang menyayanginya, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara untuk menangani hal tersebut? Yuk simak informasi berikut ini dengan seksama!

1.    Kenali Diri Sendiri

Jika sekarang kamu terlalu sibuk memperhatikan orang lain, maka yuk coba untuk melihat diri kita jauh lebih dalam. Dengan begitu, kamu pun akan mengetahui apa kelebihan yang kamu miliki. Sehingga tidak hanya berfokus kepada kekurangannya saja. Bahkan lambat laun kamu pun dapat mengasah potensi yang ada dalam dirimu.

Sehingga menjadikanmu ahli dalam sebuah bidang dan menyadari bahwa manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu, dengan mengenal diri kamu pun akan lebih mengetahui penyebab emosi yang kamu rasakan. Seperti sedih, kecewa, marah, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut akan lebih mudah menanganinya dibandingkan ketika tidak mengetahui penyebabnya.

Baca Ini Juga  5 Aplikasi Edit Foto Jadi Anime Atau Kartun Terbaik, Cantik dan Kawaii

2.    Kenali Alasan Kenapa Iri

Seperti kata pepatah, bahwa tidak mungkin suatu hal terjadi tanpa sebab, buka? Begitu Pula dengan rasa iri. Hal tersebut tidak mungkin terjadi tanpa sebuah alasan yang jelas. Maka cobalah untuk mengenal lebih jauh penyebabnya. Biasanya rasa iri muncul akibat perasaan ketidakadilan yang kamu rasakan.  Maka galilah mengapa kamu merasa tidak adil. Misalnya, kamu sudah sudah berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkan banyak teman.

Namun, tetap saja tidak bisa. Sementara temanmu begitu mudahnya bergaul dan akrab dengan orang lain. Maka yang perlu kamu cari tahu adalah cara dia bisa seperti itu karena apa. Apakah dia memang orangnya selalu berbuat baik terhadap orang yang membutuhkan, sopan, tidak drama, dan lain sebagainya. Namun, pastikan kamu tidak mengubah nilai-nilai dan mengikuti 100% dirinya. Sehingga kamu kehilangan jati dirimu.

3.    Berhenti Untuk Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Biasanya rasa iri muncul karena membandingkan diri dengan orang lain dan selalu ingin lebih maju dibandingkan dengan orang lain. Keinginan untuk berkembang memang baik, tetapi membandingkan diri itulah yang kuran baik. Pasalnya, selalu ada orang yang akan lebih baik dibandingkan kita menurut orang lain. Sehingga hal tersebut tidak akan pernah selesai.

Baca Ini Juga  Toko Online Terlengkap Prelo Produk Berkualitas

Maka, cobalah untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Fokuslah kepada dirimu, sehingga kamu lebih baik dari masa lalumu. Dengan begitu, kamu pun tidak akan sempat untuk melihat kehidupan orang lain dan merasa iri karena kamu merasa puas dengan dirimu sendiri.

4.    Turut Bahagia Atas Pencapain Yang Dimilikinya

pada awal-awal memang susah untuk turut berbahagia atas momen baik yang teman kamu dapatkan. Namun, cobalah untuk lapang dan meyakini bahwa kebahagian temanmu saat ini merupakan bagian dari kebahagiaanku juga.  Pasalnya, jika tidak suka dengan suka cita yang teman rasakan, bukankah terlalu jahat?

Maka, jangan pernah pikiran negatif mengambil alih pikiranmu karena itu sangat berbahaya. Salah satu bentuk ikut serta terhadap momen bahagia tersebut adalah dengan mengucapkan selamat atau mengucapkannya secara langsung. Lambat laun, kamu pun akan terbiasa dan akan muncul jiwa suportif dalam dirimu .

5.   Tips Supaya Tidak Iri Dengan Menerima Diri Sepenuhnya

Kamu perlu ingat, bahwa dirimu berharga dan berarti. Sehingga, apapun kondisimu saat ini, maka terimalah. Pasalnya, jika kamu memusuhi dirimu sendiri itu akan memicu kekhawatiran dan rasa iri yang semakin menjadi. Sehingga merasa diri tidak berarti bahkan bisa muncul keinginan untuk merebut kebahagian yang orang lain rasakan. Tentu ini berbahaya, bukan? Apabila dibiarkan begitu saja.

Baca Ini Juga  Link Twibbon Dino Couple, Lucu Banget

Yuk lakukan secara bertahap tips supaya tidak iri terhadap orang lain ini! Pasalnya, rasa iri hanya akan membuat kamu terus-terusan merasa tidak puas bahkan membenci diri sendiri. Sehingga kamu tidak akan merasa tenang. Ini memang sulit, tapi bukan suatu hal yang mustahil apabila ada kemauan yang kuat.