7 Cara Berbisnis Online dari Nol Untuk Pemula

7 Cara Berbisnis Online dari Nol Untuk Pemula

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini harga belanja dot com akan membagikan 7 cara berbisnis online dari nol untuk pemula.

Cara berbisnis online dapat dipelajari dari siapa saja dan dari mana saja. Siapa pun juga bisa sukses dalam berbisnis online.

Dalam artikel ini kamu akan menemukan cara berbisnis online bagi pemula, dimulai dari menentukan produk apa yang ingin dijual sampai kiat sukses cara memasarkan produk tersebut.

Mengapa Harus Berbisnis Online

7 Cara Berbisnis Online dari Nol Untuk Pemula

Kamu mungkin akan bertana-tanya mengapa harus memulai bisnis online. Mengapa tidak membuka toko secara konvensional atau tradisional saja?

Alasan pertama dan yang paling utama adalah memulai bisnis online jauh lebih murah ketimbang harus membangun atau menyewa toko untuk membuka offline store.

Disamping itu kamu juga akan mendapati bahwa peluang yang tersedia di market online terbuka begitu besar, sehingga memungkinkan kamu untuk meraih omset yang jauh lebih besar.

Cara Berbisnis Online dari Nol

Memulai bisnis online merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Bisa jadi memulai bisnis online adalah hal yang sulit, tapi bukan sesuatu yang mustahil. Berikut ini adalah delapan cara berbisnis online dari nol yang cocok dibaca bagi para pemula:

  • Cari Masalah yang Dihadapi Pasar dan Temukan Solusinya
  • Riset Pasar dan Analisis Kompetitor
  • Tentukan Model Bisnis yang sesuai
  • Tentukan Target Market
  • Buat Produk
  • Buat Website Resmi/Jejaring Sosial
  • Pasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat
  • Pertahankan Pelanggan Setia

1. Cari Masalah dan Temukan Solusinya

Jika kamu bertanya bisnis apa yann paling bagus untuk dimulai mungkin kamu tidak akan pernah menemukan jawabannya. Akan tetapi jika kamu merubah pola pertanyaannya menjadi “solusi apa yang bisa saya tawarkan untuk menangani masalah yang di hadapi oleh banyak orang”< kamu akan menemukan ide dalam berbisnis.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Roti Susu yang Enak dan Lembut untuk Jualan

Produk adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis online. Dengan produk yang bisa menangani masalah orang banyak dan sesuai dengan kebutuhan market, kamu bisa memiliki peluang untuk memenangkan pasar.

Kamu tidak perlu bingung atau khawatir untuk kehabisan ide dalam menentukan solusinya , ada banyak bahkan jutaan masalah yang dihadapi oleh konsumen. Kamu hanya perlu observasi lapangan untuk menemukan masalah yang dihadapi oleh banyak orang.

Dalam hal ini kamu tidak bisa hanya terpaku pada asumsi kamu sendiri. Kamu perlu melakukan riset masalah atau riset produk secara mendalam.

2. Riset Pasar dana Analisis Kompetitor

Setelah memilih satu dari sekian banyak masalah yang memiliki potensi bisnis yang besar, sekarang waktunya kamu untuk melakukan riset pasar.

Mengapa kamu harus melakukan riset pasar, karena ini adalah salah satu jalan terbaik dalam menentukan ide bisnis.

Salah satu riset yang perlu kamu lakukan dalam berbisnis online sebagai pemula adalah melakukan riset keyword. Cara termudah untuk melakukan riset keyword adalah dengan menggunakan sugesti mesin pencari. Selain itu kamu juga bisa mencari produk apa saja yang sedang trend di pasaran dengan menggunakan tools Goole trends.

Konsumen biasanya memiliki forum-forum atau grup tersendiri untuk membahas produk apa yang sedang mereka gunakan. Misalnya saja konsumen skincare, mereka bisa saja tergabung dalam grup-grup Facebook.

Kemudian kamu bisa mulai menganalisis kompetitor. Temukan kompetitor kamu dan mulailah untuk dekat dengan mereka, kenali mereka dengan baik. Cari tahu bagaimana mereka membuat produk, menawarkan solusi dalam niche bisnis yang sama dengan kamu. Dengan begini kamu bisa memiliki banyak sumber informasi yang kemudian bisa kamu kembangkan sesuai dengan kreatifitas kamu sendiri.

Baca Ini Juga  Apa Saja Makanan Untuk Menjaga Stamina Tetap Fit?

3. Tentukan Model Bisnis

Segala macam usaha riset yang telah kamu lakukan tidak akan artinya jika kamu tidak bisa menentukan model bisnis yang sesuai.

Sebenarnya kamu tidak bisa berhenti melakukan riset di target pelanggan dan produk yang akan kamu jual.

Model bisnis di sini sangat membantu kamu untuk memaksimalkan penjualan. Contohnya model bisnis dropshiper tentu akan sangat menguntungkan jika kamu memiliki kendala dalam pengadaan modal. Resikonya kamu tidak bisa mengirimkan barang tepat waktu.

Nah untuk itu kamu perlu menyesuaikan model bisnis yang tepat untuk usaha yang sedang kamu bangun. Berikut ini adalah beberapa contoh model bisnis:

  • Dropship
  • Waralaba
  • Freemium
  • Langganan
  • Razor-blade
  • Bundling
  • One-for-one
  • Distributor
  • Manufaktur

4. Tentukan Target Market

Riset pasar dan analisis kompetitor yang sudah kamu lakukan bisa kamu jadikan sebagai dasar pertimbangan untuk langkah selanjutnya yakni menentukan target market.

Target market adalah sekelompok orang yang memiliki karakteristik yang sama, kesukaan yang sama, kesamaan umur, dan memiliki kemungkinan untuk membeli produk kamu.

Untuk membantu kamu dalam memahami hal ini, coba jawab pertanyaan ini “Apakah laku tukang bubur yang jualan di proyek pembangunan rumah?”, “Produk apa yang paling laku di lokasi proyek pembangunan?”

Ya, bubur kurang begitu laku jika dijual di area proyek, lalu produk apa yang paling laku? Ya, bisa berupa minuman berenergi atau makanan berat yang membantu menjaga tenaga.

Dengan target market yang jelas dan spesifik, kamu bisa mengembangkan produk yang sesusai dengan kebutuhan market. Kamu juga akan lebih mudah dalam menentukan dan menyusun strategi marketing. Pikirkan hal ini baik-baik!

Baca Ini Juga  7 Bisnis Kuliner Online Modal Kecil Paling Menguntungkan

5. Buat Produk

Langkah selanjutnya dalam mulai berbisnis online adalah menentukan produk apa yang akan kamu jual, sesuai dengan riset, analisis, dan model bisnis yang telah kamu tentukan.

Tentukanlah produk kamu dalm bentuk digital atau fisik. Tapi yang jelas apa pun pilihannya, produk atau jasa yang kamu tawarkan harus unik, agar bisa bersaing dengan para kompetitor.

6. Membuat Website

Dalam berbisnis online rasanya belum afdol jika kamu belum memiliki website yang memuat produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dengan memiliki situs web, calon pelanggan akan mulai percaya dengan bisnis kamu. Hal ini membuat bisnis online kamu semakin terlihat profesional.

7. Pasarkan Produk

Jangan ragu untuk mengeluarkan budget untuk beriklan, mengapa? Karena sebagus apa pun produk yang kamu tawarkan, jika tidak ada orang yang mengetahui produk kamu tersebut siapa akan mau membelinya?

Ada banyak platform untuk beriklan seperti google ads dan facebook ads. Kamu juga bisa memanfaatkan tools gratis seperti google bisnis untuk membantu kamu dalam memasarkan produk terbaik kamu.

Sekian pembahasan terkait cara berbisnis online dari nol yang mudah dilakukan bagi pemula yang telah hargabelanja.com rangkum, semoga kamu terbantu dengan membaca artikel ini. Terimakasih telah berkunjung!