Belajar bahasa Mandarin.|Unsplash.com
Belajar bahasa Mandarin.|Unsplash.com

7 Langkah Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Diposting pada

Belajar bahasa Mandarin dapat lebih mudah apabila kamu menggunakan beberapa langkah dalam mempelajarinya, terutama bagi pemula. Sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam belajar.

Langkah Belajar Bahasa Mandarin

Belajar bahasa Mandarin.|Unsplash.com
Belajar bahasa Mandarin.|Unsplash.com

Bahasa Mandarin bisa menjadi bahasa yang wajib kamu kuasai jika memiliki tujuan tertentu, seperti untuk menempuh pendidikan, liburan ke China, bekerja, hingga berbisnis. Nah, berikut ini adalah tips belajar bahasa Mandarin untuk pemula.

1.      Niat yang Kuat

Niat yang kuat adalah hal utama yang harus kamu lakukan untuk memulai segala sesuatu, termasuk untuk berlatih bahasa.

Mungkin sebagian orang melupakan hal ini, namun perlu diketahui niat dalam hati akan membuat usaha yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar.

Niat yang kuat juga bertujuan untuk menstimulasi semangat kamu untuk terus berusaha dan belajar hingga kamu menguasainya.

2.      Belajar  Hanyu Pinyin

Hanyu Pinyin atau dikenal dengan pinyin, secara harfiah memiliki arti ejaan bunyi. Dalam bahasa Mandarin sendiri, pinyin adalah sebuah sistem romanisasi (peralihan bunyi dari aksara romawi dalam bahasa Mandarin ke latin).

Hanyu Pinyin merupakan hal dasar yang akan memudahkan kamu dalam menguasai bahasa mandarin. Sehingga, sangat penting untuk dikuasai agar kamu dapat memahami bahasa mandarin dengan baik.

Ada empat jenis intonasi dalam bahasa mandarin, yaitu:

  1. Intonasi yang datar atau disebut dengan pin (—)
  2. Intonasi yang naik atau disebut dengan shang (/)
  3. Intonasi yang memantul atau disebut dengan qu (V)
  4. Intonasi yang agak menghentak atau disebut dengan ru (>)
  5. Mendengarkan Lagu atau Film berbahasa Mandarin

Setelah kamu mempelajari dan menguasai Hanyu Pinyin, selanjutnya kamu perlu sering menyimak menggunakan bahasa mandarin untuk melatih dan membiasakan pendengaran.

Kamu bisa menyimak menggunakan lagu-lagu, percakapan atau film dalam bahasa Mandarin. Lakukanlah menyimak secara konsisten atau bila perlu buatlah jadwal khusus untuk mendengarkan bahasa mandarin.

Baca Ini Juga  Harga Es Krim Magnum Terbaru

3.      Berbicara Bahasa Mandarin

Jika kamu sudah bisa mendengarkan dan bisa membedakan pelafalan, cobalah untuk berbicara menggunakan bahasa mandarin. Kamu bisa mencobanya dengan menyanyikan lagu mandarin atau bisa menggunakan percakapan sehari-hari di rumah.

Hal ini untuk membiasakan artikulasi kamu menggunakan bahasa mandarin yang memiliki perbedaan artikulasi dengan bahasa Indonesia.

4.      Menulis Mandarin

Selain melatih kemampuan pendengaran dengan proses menyimak bahasa Mandarin. Selanjutnya kamu mulai mempelajari tulisan-tulisan bahasa mandarin

Setelah kamu mengetahui beberapa tulisan mandarin, kamu bisa mengkolaborasikan antara tulisan dan apa yang telah kamu dengar sebelumnya. Atau kamu juga bisa menuliskan apa yang sebelumnya kamu dengarkan.

5.      Tes Kemampuan

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan tes terhadap kemampuan kamu dalam bahasa mandarin. Dengan tes ini kamu dapat mengukur sejauh mana  kamu memahami bahasa Mandarin. Untuk tes nya sendiri, dapat dilakukan dengan berbagai cara meliputi:

  1. Melakukan Percakapan Dengan Penutur Asli China

Tes ini bisa kamu lakukan dengan berbicara langsung atau melalui chat dengan teman-temanmu atau mentor asli orang china. Jika melalui video call atau telepon biasa kamu bisa berbicara dengan bahasa Mandarin.

Namun, ketika melakukan percakapan melalui chatting, kamu bisa menggunakan huruf atau aksara hanzi. Dengan begini, kamu akan menyadari seberapa fasih kamu dalam bahasa Mandarin. Apakah  selama chatting maupun nelpon dengan penutur asli China, kamu bisa langsung memahami maksud dari lawan bicara atau kamu perlu bantuan translate bahasa terlebih dahulu.

b.      Ikuti tes

Jika kamu tidak terlalu yakin dengan cara pertama, mungkin kamu bisa menggunakan cara kedua ini! Kamu bisa mendaftarkan diri pada tes yang bernama Hànyu Shuipíng Kaoshì atau lebih dikenal dengan HSK.

Baca Ini Juga  Cat Rumah Warna Hijau Army

Tes ini berfokus menggali kemampuan setiap orang dalam bahasa Mandarin dengan mengeluarkan nilai. Nah, semakin tinggi nilai kamu dapat maka standar kemampuan pun dapat dinyatakan bagus dalam. Selain itu, sertifikat dari tes ini pun dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa atau bekerja di Negara Tirai Bambu Tersebut.

6.      Membaca Koran Bahasa Mandarin

Kamu pun bisa mengetes kemampuanmu dengan membaca Koran berbahasa Mandarin. Setelah kamu membacanya, cobalah untuk menceritakan ulang dengan bahasa mandarin setelah itu ceritakan kembali dengan bahasa Indonesia.

Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa memahami apa yang kamu baca sekaligus dapat mendengar secara langsung pelafalan bahasa Mandarin yang kamu ucapkan .

7.      Evaluasi

Setelah semua rangkaian langkah belajar bahasa mandarin diatas, kamu perlu untuk mengevaluasi hasil dari proses belajar tersebut. Evaluasi sebenarnya bisa kamu lakukan saat dari langkah pertama dilakukan. Evaluasi ini dilakukan untuk mengukur kemajuan dari proses belajar tersebut.

Cara Mencari Tempat Kursus Untuk Belajar Bahasa Mandarin

Selain belajar mandiri, kamu pun perlu mengikuti kursus untuk mengoptimalkan kemampuanmu. Selain itu, kami pun dapat berinteraksi atau berbicara langsung dengan native speaker tempat tersebut. Hal ini karena Lembaga kursus yang bagus pasti memiliki seorang native speaker minimal hanya satu orang. Nah, lalu bagaimanakah cara menemukan tempat belajar yang bagus? Yuks simak ulasan berikut ini!

1.      Perhatikan Profile  Tempat Kursus

Sebelum memilih tempat kursus, sebaiknya kamu mengetahui dengan detail bagaimana tempat kursus tersebut. Dari mulai visi dan misi, kurikulum, dan lain sebagainya.  Dengan begitu, kamu pun dapat membandingkan Apakah tempat kursus tersebut memang sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak.

Baca Ini Juga  Link Download Twibbon Tahun Baru Islam Terbaru

2.      Metode Dan Kurikulum

Setiap tempat kursus pasti memiliki metode maupun kurikulum yang berbeda. Maka, pastikan untuk mengetahuinya lebih detail. Selain itu, tanyakan pula program yang dimiliki oleh Lembaga kursus tersebut. Apabila ada hal yang kurang jelas, maka jangan ragu untuk mengungkapkan hal yang membuatmu bingung tersebut.

3.      Biaya kursus

Tentu kursus membutuhkan biaya dan hal tersebut perlu kamu ketahui sejak awal. Biasanya, mencakup biaya program yang diambil dan pendaftaran atau administrasi. Namun, ada beberapa kursus yang memiliki biaya tambahan lainnya.

Sehingga, kamu mengetahui harus bayar berapa untuk setiap bulannya atau setiap satu semesternya.  Selain itu, cobalah kamu pun menanyakan dengan biaya yang seperti itu, fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan.

4.      Review

Tempat kursus yang bagus pakai a akan meninggalkan kesan yang baik pula di hati para peserta didiknya. Biasanya kepuasaan tersebut akan  di up melalui social media, website resminya, dan disebar ke orang-orang. Namun, jika kebanyakn penilaian orang adalah cenderung negatif, maka sebaiknya kamu memilih tempat lain saja.

Itulah beberapa cara untuk belajar bahasa  Mandarin bagi pemula. Jangan pernah malu bertanya kepada siapapun yang menguasai bahasa Mandarin, apabila menemui kesulitan. Selain itu, kamu juga tidak perlu malu, ketika salah pelafalan ketika belajar karena hal ini wajar. Dengan terus-terusan diasah maka kemampuan bahasa asingmu dapat lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, kamu dapat mengikuti kursus untuk memaksimalkan kemampuan yang dimiliki.