Membuat Rumah Nyaman.|Unsplash.com
Membuat Rumah Nyaman.|Unsplash.com

7 Tips Mambuat Rumah Nyaman

Diposting pada

Ada beberapa tips untuk membuat rumah nyaman yang biasa diikuti. Salah satunya adalah rumah yang bersih dan asri tentunya akan membuat para penghuninya  betah untuk ditempati.  Tentu berbeda dengan dengan rumah yang kotor, selain tidak enak dipandang juga tidak nyaman untuk ditinggali.

Maka dari itu, kita perlu merawat rumah kita agar tetap bersih dan asri serta layak untuk dihuni. Selain itu, rumah bersih pun sangat baik untuk kesehatan diri dan keluarga. Namun, rumah tidak dapat bersih begitu saja, tanpa dibersihkan. Sehingga membutuhkan usaha untuk mewujudkan hal tersebut.

Tips Bikin Rumah Nyaman

Membuat Rumah Nyaman.|Unsplash.com
Membuat Rumah Nyaman.|Unsplash.com

Ada beberapa cara untuk membuat rumah nyaman  yang bisa kamu terapkan. Selain itu, rumah seperti ini bukan mengenai besar atau kecil. Bukan pula perkara mewah atau tidak. Namun, kamu menemukan ketenangan di dalamnya. Salah satu cara  yang bisa kamu lakukan adalh dengan melakukan tips berikut ini!

1.    Rapikan Tempat Tidur

Tempat tidur merupakan tempat yang paling nyaman di rumah, karena tempat tidur merupakan tempat kita beristirahat. Sebagian orang kadang malas untuk merapikan tempat tidur, sehingga membuat kamar menjadi berantakan dan tidak enak untuk ditempati. Agar rumah menjadi nyaman, rapikanlah tempat tidur sebelum kamu beraktivitas.

Sehingga, saat selesai beraktivitas atau pulang bekerja, kamu akan merasa nyaman untuk beristirahat.  Alasannya, kamu tidak perlu repot-repot lagi membersihkan atau merapikan ketika sampai di kamar. Jika  kamu termasuk orang yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam meraikan  tempat tidur dan kamar, maka usahakan untuk bangun lebih awal. Dengan begitu, waktu yang kamu miliki akan cukup. Selain itu, gantilah sprei setiap seminggu sekali , sehingga aromanya tetap harum.

2.    Bersihkan Rumah Setiap Hari

Meski rumah tertutup, debu atau kotoran akan selalu ada, sehingga rumah perlu untuk bersihkan rumah setiap hari. Adapun beberapa tempat yang perlu dibersihkan diantaranya; lantai, hiasan atau pajangan rumah, kaca jendela, rak-rak dan lainnya yang sekiranya.

Baca Ini Juga  Ini Dia Manfaat dan Harga Qusthul Hindi

Kamu bisa membersihkannya dengan cara membersihkan lantai terlebih dahulu. Kamu bisa menyapu dan mengepel, membersihkan debu pada hiasan atau beberapa pajangan yang kamu miliki di kamar, membersihkan rak-rak yang kamu isi, dan lain sebagainya.

Setelah itu, baru bersihkan lantai ruang tengah atau ruang tamu dan dapur atau ruang lainnya yang ada di tempatmu. Pastikan pula, ketika membersihkan tempat tinggalmu, kamu membuka jendela, sehingga debu yang kamu bersihkan tidak akan membuat kamu mengalami sesak dada atau masalah lainnya yang akan menghambat pekerjaanmu ini.

3.    Kelola Sampah Dengan Baik

Sampah merupakan barang atau kemasan produk yang tidak digunakan lagi dengan begitu, sampah yang ada di dalam hunianmu perlu dikelola dengan baik, karena sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan aroma yang tidak enak serta membuat hunian yang kamu tinggali terlihat berantakan.

Kamu bisa memulainya dengan memisahkan sampah berdasarkan jenisnya, apakah sampah tersebut organik (sampah yang berasal dari makanan dan mudah terurai) atau sampah anorganik ( sampah yang bukan berasal dari makanan dan biasanya susah untuk terurai).

Buatlah jadwal dalam membuang sampah, misalnya setiap seminggu sekali. Bahkan untuk mencegah sampah menumpuk, kamu bisa membuang sampah dua kali dalam seminggu. Untuk lebih memudahkan, cobalah untuk memisahkan jenis sampah. Seperti sampah organik, non-organik, dan sampah yang bisa didaur ulang.

4.    Bersihkan Kulkas

Untuk membuat kulkas bersih dan tidak menimbulkan aroma yang mengganggu saat membukanya, kamu bisa membersihkannya seminggu sekali dengan cara membersihkan dari bagian atas, samping, hingga ke depan pintu kulkas dengan menggunakan kain kering, lalu lap lah dengan kain basah, setelah itu lap lagi dengan lap kering yang baru.

Baca Ini Juga  Font Mesin Ketik Jadul

Setelah bagian luar bersih, bersihkan pula bagian dalamnya dengan cara yang sama agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Untuk memudahkan dalam membersihkan bagian freezer kulkas, sebaiknya dicairkan terlebih dahulu es  yang ada di dalamnya.

Hindari terlalu lama menyimpan makanan yang memiliki aroma yang kuat. Usahakan untuk mengkonsumsi atau dimasak terlebih dahulu makanan tersebut. Pasalnya, selain membuat kulkas memiliki aroma yang tidak sedap, makanan tersebut pun tidak akan terlalu fresh.

5.    Cuci Piring Langsung Setelah Digunakan

Cuci piring langsung setelah makan atau digunakan, memang hal ini terkadang terasa berat untuk dilakukan. Namun, jika hal ini berlangsung secara terus-menerus, maka piring kotor akan menumpuk dan menimbulkan aroma kurang sedap di dapur.

Tentunya hal tersebut membuat kamu tidak nyaman, bukan? Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memaksakan diri untuk langsung mencuci langsung piring yang kamu gunakan atau pakai. Mulailah mencuci gelas terlebih dahulu, kemudian, piring atau mangkuk, dan sendok atau garpu.

Usahakan, ketika dibasuh dengan air, perabotan tersebut terasa kesat. Namun, jika masih licin, cobalah untuk mencuci kembali dan tambahkanlah sabun pad spoon. Jika memang kamu belum terbiasa, maka biasakanlah diri sampai terbiasa mencuci piring tanpa menunggu menumpuk terlebih dahulu.

6.    Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi sering digunakan untuk bersih-bersih maupun buang air besar atau kecil. Inilah yang menjadikan kamar mandi , lebih mudah kotor dibandingkan ruang lainnya, jika tidak dibersihkan dengan rutin. Kamu bisa membersihkannya setiap hari, tetapi apabila hal tersebut terlalu berat, bersihkanlah tiga kali dalam seminggu.

Kamu dapat memulainya dengan menyiramkan pembersih WC ke seluruh bagian yang diperlukan lalu diamkan sesuai yang telah diinstrukan oleh produk pembersih yang kamu gunakan, setelah itu sikatlah lantai kamar mandi, kloset, wastafel, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  Link Download Twibbon Bukalapak Terbaru

Lalu setelah disikat, siramkanlah air keseluruh bagian yang telah disikat supaya tidak ada kotoran yang tertinggal. Kamu bisa mengulangi cara tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sementara untuk membuat kamar mandi harum, kamu bisa memasang pewangi ruangan khusus atau bisa juga menggunakan pewangi ruangan biasa.

7.    Buang Benda Yang Tidak Diperlukan

Buanglah benda-benda atau barang-barang yang sudah tidak digunakan  dan rusak karena ini akan membuat rumah atau kamar terasa sesak. Kamu bisa mulai membuang sepatu yang tidak dipakai lagi, membuang kertas bekas, wadah-wadah bekas kosmetik atau parfum, dan lain sebagainya. Untuk menyortir barang, bisa kamu lakukan sebulan sekali bahkan enam bulan sekali.

Maka pertimbangkanlah mana barang-barang yang memang masih digunakan dan tidak. Selain itu, usahakan untuk membeli barang atau produk yang memang kamu butuhkan dan sekiranya akan digunakan. Dengan begitu, barang-barang di rumah hanya yang dibutuhkan saja.

Itulah beberapa tips untuk membuat rumah terasa nyaman ditinggali.  Kamu dapat memulainya dengan merapikan tempat tidur, rutin membuang sampah, membuang benda yang tidak dibutuhkan, dan lain sebagainya. Selain itu, jika kamu tinggal dengan Bersama anggota keluarga lainnya maka ajaklah mereka bekerja sama. Dengan begitu, rumah akan tetap terjaga dan membuatnya nyaman ditempati. Baca informasi penting lainnya disini ya!