Mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja. |Unsplash.com
Mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja. |Unsplash.com

Ampuh, Inilah 4 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Ketika Bekerja!

Diposting pada
Mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja. |Unsplash.com
Mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja. |Unsplash.com

Bekerja menjadi salah satu kewajiban untuk banyak orang. Bekerja pun menjadi salah satu tanggung jawab yang harus dipikul oleh banyak orang. Tidak sedikit orang yang memiliki pekerjaan cukup banyak dan menumpuk. Hal tersebut terkadang membuat seseorang menjadi mengantuk. Sehingga, membutuhkan cara untuk mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja.

Tidak sedikit pula orang-orang yang harus begadang dikarenakan pekerjaan menumpuk. Namun, esok harinya masih harus bekerja. Tentunya hal ini menjadi permasalahan yang cukup krusial. Karena bekerja dengan posisi mengantuk akan memengaruhi hasil dari pekerjaan tersebut. Tidak sedikit akhirnya hasil pekerjaannya menjadi kurang maksimal.

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Ketika Bekerja

Tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika merasakan kantuk ketika tengah bekerja. Salah satunya adalah dengan meminum kopi. Namun, masih banyak cara lainnya yang tidak kalah efektif dari meminum kopi. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1.      Mengonsumsi Kafein

Cara pertama menjadi cara yang paling banyak dilakukan oleh manusia. Yaitu meminum minuman berkafein, salah satunya adalah kopi. Banyak tempat kerja yang menyediakan kopi gratis untuk diminum oleh para karyawannya. Mungkin hal ini menjadi salah satu cara atau solusi pula dari pihak perusahaan untuk para karyawan yang tengah menahan kantuknya.

Baca Ini Juga  MX Player Pro Mod Apk Versi Terbaru

Apabila merasakan kantuk yang cukup berat, maka dapat meminum kopi untuk membuat tubuh lebih segar. Namun, perlu diketahui bahwa kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan bahwa tubuh sudah mengonsumsi air mineral secara cukup. Jangan sampai hanya meminum kopi dan lupa untuk meminum atau mengonsumsi air mineral dengan cukup.

2.      Tetap Bergerak Aktif

Cara mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja berikutnya adalah tetap bergerak aktif selama di tempat kerja. Pemicu timbulnya rasa kantuk adalah berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas. Terlebih, banyak pula orang yang akan duduk menatap layar komputer. Hal tersebut memicu kepala menjadi tegang dan menyebabkan rasa kantuk semakin menyerang.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk berdiam diri selama seharian di depan layar komputer. Cobalah untuk berjalan kaki sejenak. Mulai dari pergi ke toilet, mengunjungi rekan kerja, berdiskusi dengan rekan kerja, dan sebagainya. Sehingga, tubuh akan tetap bergerak aktif. Hal tersebut setidaknya akan mengurangi rasa kantuk yang menyerang ketika bekerja.

Baca Ini Juga  Cara Memperbaiki Timbangan Digital

3.      Mengatasi Rasa Ngantuk Ketika Bekerja Dengan Tidur Siang

Cara paling efektif dan ampuh saat mengantuk adalah dengan tidur siang. Dalam melakukan pekerjaan, tentunya akan terdapat waktu istirahat. Apabila benar-benar merasa mengantuk, maka sebaiknya manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang. Cobalah untuk tidur siang selama 10 sampai dengan 20 menit selama memanfaatkan waktu istirahat.

Dengan begitu, tubuh akan kembali segar dan tidak merasakan kantuk. Apabila sulit untuk tidur siang, maka cobalah pejamkan mata selama 10 menit tanpa adanya distraksi. Hal tersebut dapat membuat tubuh kembali segar. Jangan terlalu memaksakan diri untuk tetap membuka mata apabila benar-benar mengantuk. Cobalah tidur sejenak saat mendapatkan waktu istirahat.

4.      Mendengarkan Musik

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mendengarkan musik. Pastikan untuk mendengarkan musik yang iramanya kencang. Seperti musik pop, rock, dan sejenisnya. Hindari untuk mendengarkan musik yang menggunakan instrumen lembut. Karena hal tersebut menyebabkan kantuk semakin menyerang.

Cara mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja di atas dapat kamu coba untuk terapkan serta lakukan. Perlu diingat bahwa sebaiknya tetap jaga kesehatan dan hindari begadang yang terlalu sering. Karena begadang yang terlalu sering akan membahayakan kesehatan organ tubuh.

Baca Ini Juga  Setting X8 Speeder Higgs Domino Apk Agar Menang