Stres memicu maag.|Unsplash.com
Stres memicu maag.|Unsplash.com

Apa Alasan Stress Dapat Memicu Sakit Maag?

Diposting pada
Stress dapat memicu sakit maag|Unsplash.com
Stress dapat memicu sakit maag|Unsplash.com

Stress  dapat memicu sakit maag ? Pertanyaan itu kerap ditanyakan oleh beberapa orang dan dibenarkan oleh sebagian orang. Namun, adakah alasan logis terkait hal tersebut? Sebelum itu, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu, apa itu maag. Dengan begitu, kamu akan memahami bagaimana sakit ini bisa terjadi.

Pasalnya, sudah banyak orang yang memiliki penyakit ini, termasuk di Indonesia. Adapun usia penderita itu berkisar antara remaja sampai dengan lansia. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki pola hidup sehat dan tidak begitu memperhatikan apa yang mereka konsumsi.

Sakit Maag

Maag adalah penyakit yang sudah tidak asing lagi didengar bahkan dianggap sepele dan penyebab salah satunya adalah Stress. Menurut data yang dilakukan oleh beberapa pusat endoskopi di Indonesia terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen. Dari jumlah tersebut merupakan dispepsia fungsional yang akibatnya bukan dari gangguan pencernaan melainkan faktor lain,termasuk stress.

Selain itu, maag sering dianggap penyakit yang sepele. Akan tetapi, penyakit ini dapat menjalar dan menimbulkan penyakit yang lebih parah lagi. Sehingga, berhentilah untuk menganggap bahwa penyakit ini adalah sepele dan mulai tidak mengabaikan gejala-gejala yang terjadi.

Baca Ini Juga  Ramneek Sidhu Enterpreneur Instagram

Alasan Stress Pemicu Sakit Pada Maag

Bukan tanpa sebab, stress menjadi salah satu pemicu sakit maag. Hal tersebut dikarenakan beberapa penelitian yang dilakukan. Lalu apa alasan stress dapat memicu sakit ini? bahkan dapat membuat lebih parah? Yuk simak informasi lengkap nya di bawah ini!

1.    Lendir Barrier

Pada lambung orang yang sehat ,memiliki lendir (Mucus Barrier) yang mencegah asam lambung di dalamnya untuk kontak langsung dengan lapisan permukaan lambung. Asam lambung tidak dapat melakukan perusakan pada lambung ketika meningkat karena barrier akan cepat memperbaharui diri dengan memproduksi ribuan sel lendir untuk melindungi lapisan dalam permukaan dinding lambung.

Hal ini tidak terjadi pada orang yang menderita sakit maag yang salah satunya diakibatkan oleh stress karena stress dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin yang memiliki fungsi untuk memperkuat barrier yang melindungi lapisan lambung dari asam lambung serta ketika stress pun hormon adrenalin dalam tubuh meningkat dan hal ini dapat memicu produksi asam lambung yang tinggi.

Baca Ini Juga  Contoh CV Tulis Tangan yang Baik dan Benar

2.    Stress Dapat Memicu Sakit Maag  Karena Pelampiasan Yang Dilakukan

Ketika stress banyak orang yang mencoba melampiaskan untuk mengurangi stress yang dialami dengan  berbagai cara yang merugikan tubuh sendiri sebenarnya. salah satunya mengkonsumsi alkohol ataupun merokok, padahal hal tersebut dapat merusak lambung dan menyebabkan sakit maag juga. Hal ini mungkin, tidak disadari oleh banyak orang.

3.    Stress Merangsang Area Tertentu Pada Otak

Selain itu para ahli menemukan bahwa stress dapat merangsang area tertentu pada otak yang meningkatkan sensitifitas terhadap nyeri termasuk nyeri ulu hati. Jadi, meskipun asam lambung tidak begitu meningkat. Namun, bagi yang mengalami stress itu lebih terasa sakit.

Stress dan perasaan-perasaan negatif lainnya merangsang sistem saraf simpatik yang akan mengakibatkan kesulitan dalam proses pencernaan makanan. Sehingga melukai lambung dan menyebabkan maag.

Maka, jelaslah bahwa stress dapat memicu sakit maag. Hal tersebut dikarenakan stress dapat memicu seseorang untuk melakukan beberapa hal seperti minum alkohol yang berlebihan, melemahkan Barrier, dan stress dapat merangsang area otak tertentu yang memperparah rasa sakit yang dialami oleh penderita maag .

Baca Ini Juga  100+ Nama Wifi Unik Keren Lucu yang Bisa Kamu Gunakan

Maka, yuk mulai sekarang untuk tidak melampiaskan stress pada hal yang merugikan dirimu sendiri. Sehingga hal tersebut, tidak memperparah maag yang kamu miliki. Selain itu, mengkonsumsi makanan berat, kamu pun dapat menikmati dessert untuk mengatasi rasa lapar. Terutama ketika stress melanda. Sehingga, meminimalisir kambuhnya maag.