gaya hidup minimalis.| Unsplash.com
gaya hidup minimalis.| Unsplash.com

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis Dan Apa Manfaatnya?

Diposting pada

Belakangan ini gaya hidup minimalis menjadi hal yang tidak asing didengar bagi sebagian orang dan manfaatnya pun cenderung besar untuk kehidupan. Namun, ada beberapa orang yang menganggap cara hidup seperti ini dapat mengakibatkan diri tidak bisa menikmati hidup.

Gaya Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis.| Unsplash.com
Gaya hidup minimalis.| Unsplash.com

Cara Hidup minimalis sering disalah artikan sebagai life style orang-orang pelit, tetapi ternyata tidak demikian. Justru, manfaatnya banyak. Lalu apa sih sebenarnya makna cara hidup seperti ini? Dan apa benefit-nya untuk orang yang menjalankan cara hidup seperti ini?

A.    Definisi 

Gaya Hidup minimalis merupakan sebuah konsep untuk menjalan hidup untuk sederhana dan menggunakan barang sedikit mungkin, tetapi memiliki fungsi yang optimal. Sehingga dapat digunakan untuk menunjang dalam menjalankan kehidupan.

1.  Kebiasaan

Cara hidup seperti ini pun, cenderung akan memilih tinggal di rumah yang tidak terlalu besar untuk ditinggali karena yang penting itu cukup, tidak berlebihan atau tidak kekurangan. Hidup seperti ini pun, mengajarkan seseorang untuk mensyukuri apa yang telah dimiliki sehingga tidak selalu merasa haus untuk segala hal, sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu.

Orang-orang yang memiliki cara seperti ini dalam menjalankan hidup pun cenderung memiliki motivasi yang kuat, misalnya faktor pendorongnya adalah tujuan untuk kesehatan dirinya, menikmati hidup, mengurangi produksi sampah, mencegah dan mengurangi stress yang akan dialami, untuk menyeimbangkan waktu bekerja dan waktu rileks, dan hal lainnya.

2. Slogan

Hidup dengan cara seperti ini dapat terjadi karena respon yang aktif atas konsumsivitas maupun materialisme. Hal ini tentu wajar, dikarenakan pada Era ini orang-orang lebih hidup konsumtif, sehingga sering sekali membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Selain itu, menilai seseorang atau memberlakukan seseorang berdasarkan hal yang mereka miliki (harta). Meskipun, tidak semua orang seperti ini.  Cara menjalankan hidup seperti ini pun didasari oleh pemikiran bahwa setiap orang faktanya tidak terlalu membutuhkan barang yang dimilikinya, tetapi barang tersebut masih disimpan sehingga ruangan di rumah pun menjadi penuh.

Baca Ini Juga  Harga Moisturizer Wardah Murah Terbaik

Lalu dikenal slogan, “less is more”. Dimana slogan ini, menjadi ciri khas dari cara hidup seperti ini. Namun pada awalnya, istilah minimalis dikenal dari dunia seni, khususnya desain bangunan serta arsitektur.

Dimana  konsep minimalis yang diterapkan dalam arsitektur merupakan sebuah perencanaan sederhana dengan orientasi yang bentuknya primer serta mengeliminasi unsur ornament, sehingga rancangan yang dihasilkan pun murni.

Namun, lama kelamaan istilah minimalis tidak hanya ditujukan kepada arsitek atau bentuk bangunan saja, melainkan makna nya lebih luas, termasuk dalam gaya hidup. Cara menjalankan hidup seperti ini pun memiliki inti tujuan yaitu, tidak berlebihan atau tidak boros dalam menjalankan hidup. Dengan demikian hidup pun dapat lebih simple sekaligus berkualitas.

B.     Manfaatnya

Tentu orang-orang mau melakukan hal ini bukan tanpa sebab, melainkan ada manfaat yang mereka dapatkan. Benefit yang akan didapatkannya pun terbilang menguntungkan dalam jangka panjang, jika dilakukan secara konsisten dalam waktu yang lama. Berikut manfaat dari cara hidup minimalis!

1.       Berkurangnya takut kehilangan barang

Tentu hal ini didasari oleh konsep hidup minimalis yakni, membeli atau menggunakan berbagai barang yang hanya dibutuhkan saja, bukan barang-barang yang diinginkan. Sehingga, barang-barang yang ada di dalam rumah pun cenderung tidak penuh.

Selain itu, muncul pula perasaan cukup dalam memiliki barang-barang  tersebut. Dengan pemikiran dan perasaan seperti ini dapat mempengaruhi diri lebih tenang karena berkurangnya rasa takut kehilangan.

Dengan cara hidup seperti ini pun, dapat memudahkan Anda untuk meletakan suatu benda karena tata letaknya pun cenderung rapi. Barang-barang yang tertata rapi pun dapat meningkatkan kenyamanan saat di rumah. Apabila seperti ini, lebih memudahkan Anda bukan?

Baca Ini Juga  Cara Membuat Puding Aneka Jenis Untuk Jualan

2.       Dapat lebih hemat

Tidak jarang bukan, tergiur dengan barang-barang yang lucu atau terlihat unik atau bahkan hanya sekedar ingin saja, lalu membelinya? Akibatnya, barang-barang yang dimiliki pun penuh. Sementara digunakan jarang, ini tentu hanya akan menjadi pajangan semata saja dan sebenarnya barang tersebut sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Nah, hidup dengan cara seperti ini dapat mengingatkan Anda bahwa hanya boleh membeli barang-barang yang dibutuhkan saja. Dengan demikian, uang atau biaya yang dikeluarkan pun dapat dipangkas sehingga secara tidak langsung Anda sudah berhemat.

3.       Membantu mengurangi ambisi untuk mendapatkan hal yang bersifat material

Semua orang pasti membutuhkan uang, meskipun uang tidak bisa membeli suatu ketenangan ataupun kebahagiaan. Namun, dengan adanya uang Anda dapat membeli barang maupun hal yang dibutuhkan oleh Anda lebih mudah.

Namun, ada sebagian orang yang merasa hidupnya tidak selalu cukup karena terus-menerus membandingkan diri dengan pencapaian orang lain, hingga melakukan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan yang akhirnya membuat hidupnya tidak tenang.

Hal ini tentu akan mempengaruhi pikiran dan perasaan pun tidak tenang. Namun dengan cara hidup minimalis, akan membuat nyaman karena merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki. Perasaan inilah yang akan mengurangi ambisi untuk mendapatkan hal materialistik yang berlebihan pada diri Anda.

4.       Fokus Pada Kemampuan Diri Dan Kesehatan

Benefit selanjutnya yang akan Anda rasakan ketika hidup menggunakan konsep minimalis, bukan hanya dapat memilih barang yang dibutuhkan sehingga Anda lebih hemat dan rumah pun memiliki lebih banyak ruang, tidak dimasuki dengan barang-barang yang tidak digunakan.

Namun, hal ini pun dapat membantu Anda untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, sehingga waktu yang dimiliki dapat digunakan secara optimal. Dengan begitu, Anda dapat mengasah kemampuan diri sehingga semakin membuat Anda lebih percaya diri. Tidak hanya itu, Anda pun akan memanfaat waktu untuk membuat tubuh sehat, yaitu dengan berolahraga.

Baca Ini Juga  Apa Saja Dampak dari Perselingkuhan?

5.       Lebih bahagia

Hidup minimalis pun dapat membantu Anda terhindar dari pikiran-pikiran yang tidak perlu penting. Hal ini karena secara tidak langsung gaya hidup seperti ini akan membuat Anda belajar untuk  memilih pikiran-pikiran apa saja yang penting dan mana yang tidak. Sehingga akan lebih bahagia karena fokus pada apa yang menjadi prioritas Anda.

Selain itu,  hanya akan fokus pada apa yang bisa Anda lakukan. Bahkan Anda pun tidak akan membiarkan diri membuang-buang energi karena memikirkan hal-hal yang tidak perlu. Dengan begitu, waktu dan pikiran akan digunakan secara optimal. Sehingga, Anda tidak akan risau atau khawatir mengenai pandangan orang lain terhadap Anda.

Pasalnya, hal tersebut tentunya disadari dengan baik bahwa setiap keputusan yang diambil pasti memiliki resiko. Termasuk berbagai macam pandangan orang terhadap hal yang Anda lakukan. Selama apa yang dilakukan memang Anda yakini benar dan membawa banyak manfaat dibandingkan kerugian, maka teruskanlah hal tersebut.

Anda sekarang sudah lebih memahami apa itu gaya hidup minimalis  dan manfaatnya. Jika tertarik, Anda bisa mencobanya secara perlahan-lahan. Apabila gagal dalam sekali percobaan, itu tidak masalah. Anda dapat mencobanya kembali sampai berhasil menerapkan gaya hidup seperti ini.