ciri hubungan pertemanan yang sehat.| Unsplash.com
ciri hubungan pertemanan yang sehat.| Unsplash.com

Apa Saja Ciri- Ciri Hubungan Pertemanan Yang Sehat?

Diposting pada

Ciri- ciri hubungan pertemanan ternyata dapat kamu rasakan sebenarnya. Namun, kamu perlu jujur terhadap dirimu sendiri tentang perasaan yang dimiliki. Sehingga tidak ada yang berusaha kamu sangkal. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengetahui bagaimana perasaanmu sesungguhnya.

Ciri- Ciri  Hubungan Pertemanan Yang Sehat

ciri hubungan pertemanan yang sehat.| Unsplash.com
ciri hubungan pertemanan yang sehat.| Unsplash.com

Ada beberapa ciri hubungan pertemanan yang sehat dan ternyata tanda ini  bisa kamu kenali untuk mengidentifikasinya.  Sehingga, kamu bisa memutuskan apakah kamu mau melanjutkannya atau malah menjauhinya.  Terutama jika kamu telah berusaha untuk memperbaiki, tetapi teman-temanmu masih saja tidak mau bekerja sama.

1.    Memiliki Toleransi Yang Tinggi

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap orang memiliki gaya hidup, budaya, pola pikir, keyakinan, bahkan tujuan yang berbeda. Nah, jika kamu memiliki perteman atau circle yang sehat maka teman-temanmu data menghargai perbedaan tersebut.

Bahkan tidak memaksakan apapun yang menurutnya benar dan mengesampingkan apa yang telah kamu yakini. Bahkan kamu pun berlaku sama terhadap mereka.  Tentu hal tersebut membentuk perasaan aman dan tidak ragu dalam berbagai berbagai hal. Baik itu suatu hal baik maupun yang buruk.

Baca Ini Juga  5 Cara untuk Memulai Pertemanan yang Baik

2.    Memberikan Dukungan Untuk Keberhasilan

Tidak jarang ada orang yang iri pada kamu bahkan hal tersebut pun bisa terjadi pada teman terdekatmu. Maka, jika ingin mengetahui apakah kamu sudah berada di lingkungan pertemanan yang baik, lihatlah respon mereka. Baik ketika terkena masalah maupun mendapatkan kesuksesan. Apabila respon temanmu tersebut ikut berbahagia dan antusias ketika berhasil.

Bahkan mendampingimu saat susah, maka bisa jadi kamu sudah menjalin pertemanan yang sehat. Namun, jika sebaliknya, sebaiknya coba tanyakan kembali kepada dirimu sendiri mengenai pertemanan yang kalian jalin. Bahkan bisa jadi, mereka sering menghambat dan mengkerdilkan setiap usaha yang kamu lakukan.

3.    Ciri Hubungan Pertemanan Yang Sehat Yaitu Dapat Menjadi Diri Sendiri

Ketika bersama teman-teman kamu tidak perlu menjadi orang lain. Pasalnya, dengan diri kamu apa adanya, mereka mau terima kamu. Bahkan tidak pernah menuntut kamu untuk ini atau itu dan bebas mengutarakan pendapat tanpa adanya perasaan takut dicemooh.

Kecukai, itu untuk kebaikan kamu sendiri. Misalnya, kamu memiliki penyakit maag, kemudian hobi mengkonsumsi makanan pedas. Kemudian, mereka senantiasa melarang kamu untuk mengkonsumsinya. Itu bukan tuntutan untuk kepuasan mereka, tetapi dilakukan demi kesehatan kamu. Sehingga hal tersebut dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian.

Baca Ini Juga  Download Ringtone WA Viral, Nada Dering Whatsapp Keren

Beda hal, ketika kamu dipaksa untuk menggunakan pakaian yang serba ketat bahkan dengan nada mengancam. Padahal mereka tahu bahwa kamu tidak menyukai dan merasa tidak nyaman atas hal tersebut.

4.    Ciri Hubungan Pertemanan Yang Sehat Yaitu Memiliki Kenangan Indah

Ketika orang saling menyayangi satu sama lain, pasti akan ada kenangan indah yang telah dibuat. Meskipun, terkadang ada masa-masa marahan atau tidak nyaman diantara kalian. Namun, hal tersebut tidak terjadi dalam kurun waktu yang lama atau sampai saling melupakan satu sama lain.

Baik itu pada saat masa-masa kuliah atau sekolah, liburan, bahkan hanya sekedar ngobrol di rumah.  Kamu pun ingat betul hal-hal membahagiakan yang pernah kalian lakukan bersama satu sama lain. Bahkan hal tersebut dapat kamu lihat melalui video, foto, dan lain sebagianya.

5.    Mendukung Kamu Menjalin Pertemanan Dengan Yang Lainnya

Pertemanan  yang sehat pun, tidak akan membatasi lingkaran pertemanan yang kamu miliki. Dimana kamu bisa bebas ngobrol maupun berinteraksi dengan orang lain selain mereka. Tanpa mengkhawatirkan teman-teman akan merasa cemburu ataupun yang lainnya. Kecuali kelompok atau lingkaran tersebut dapat merugikan dirimu bahkan orang lain.

Baca Ini Juga  Rekomendasi Tempat Bukber Rooftop Jakarta

Beberapa ciri ciri pertemanan yang baik diatas dapat dijadikan referensi untuk mengetahui apakah kamu sudah berada dalam ikatan persahabatan yang seperti itu atau belum. Selain itu, pastikan pula kamu pun melakukan sebuah hal yang sama terhadap teman-temanmu. Dimana kamu dapat menjaga privasi, mensupport teman-temannya untuk berinteraksi dengan orang diluar lingkungannya, membiarkan mereka menjadi diri sendiri, dan lain sebagainya. Kamu dapat membaca di Rekomendasi.co untuk menggali informasi yang dibutuhkan.