Data Scientist
Data Scientist.|Unsplash.com

Apa Saja Kemampuan Yang Wajib Data Scientist Miliki ?

Diposting pada
Data Scientist
Data Scientist.|Unsplash.com

Data Scientist merupakan sebuah pekerjaan yang akan berfokus kepada pengumpulan data untuk kebutuhan perusahaan. Dimana data tersebut dikumpulkan melalui dari berbagai sumber. Sehingga, dari data tersebut orang yang bekerja di bidang ini. Dapat menyimpulkan peluang bisnis yang baik untuk perusahaan.

Kemampuan Yang Akan Dipelajari

Seperti halnya profesi lain, maka profesi ini pun membutuhkan keahlian dalam bekerja. Selama kamu menjalankan magang di tempat kerja. Ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai. Sehingga, ketika hal tersebut dikuasi, tentu akan membuat kamu lebih mudah nantinya. Terutama jika ingin bekerja dibidang Data Scientist. Inilah beberapa kemampuan yang akan dipelajari!

1.      Analisa Data

Seperti yang sudah dibahas di awal, bahwa profesi ini mengelola data. Maka kamu sudah pasti akan belajar mengenai pengelolaan maupun analisis. Selain itu, profesi ini pun menuntut untuk mampu menyajikan data dengan visualisasi. Seperti halnya dalam grafik, foto bergambar, hingga yang lainnya. Sehingga data tersebut dapat dianalisis dan dipahami dengan mudah.

2.      Data Scientist Harus Memiliki Kemampuan Statistik

Profesi ini pun membutuhkan kemampuan dalam statistika. Sehingga ketika magang dengan posisi tersebut, kamu akan belajar untuk menggunakan statistika dasar dalam memberikan gambaran terhadap data yang dianalisis maupun diolah. Dengan begitu, data akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Ini Juga  Gaji PT KAI dan Tunjangannya

3.      Data Scientist Harus Menguasi Pemrograman

Dikarenakan profesi ini merupakan ilmu gabungan dari berbagai ilmu. Salah satunya adalah pemrograman. Maka, kamu pun akan belajar ini selama magang berlangsung.  Dengan memahami berbagai tool dan bahasa pemrograman. Maka, pengelolaan maupun penganalisisan data akan mudah dilakukan.

4.      Kemampuan Dalam Database, SQL (Query), Dan Pengelolaan Data

SQL (Structured Query Language) sangat dibutuhkan untuk menangani berbagai data terstruktur yang ada dalam database. Dengan begitu, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah.

5.      Memahami Bisnis

Tentu menjadi seorang data Scientist, kamu pun perlu memahami bisnis. Hal ini dikarenakan ketika melakukan rapat maupun diskusi mengenai bisnis. Kamu tidak bingung lagi.

Terutama bila nanti ditugaskan untuk mempresentasikan atau mengkomunikasikan berbagai ide yang komplek.  Sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan berdasarkan data yang didapat.

data Scientist internship merupakan sebuah program magang dengan jobdes mengelola data perusahaan yang berkaitan dengan pelanggan. Sehingga dengan data tersebut, perusahaan dapat mengambil langkah kedepannya akan seperti apa.

Baca Ini Juga  Cara Daftar PPPK Agar Lolos Seleksi

Tips Menguasai Kemampuan Data Scientist

Tentu kemampuan di atas tidak dapat kamu miliki dengan begitu saja. Perlu untuk belajar serta latihan secara konsisten. Namun, jika kamu kesulitan yuk simak tips and trik dalam menguasai  data Scientist berikut ini!

1.    Pelajari Dari Bidang Yang Mudah

Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mempelajari materi atau bidang yang mudah terlebih dahulu. Lalu gimana cara untuk mengetahui bidang yang lebih mudah dipelajari? Kamu bisa mengingat materi mana yang lebih mudah kamu cerna.

2.    Tanya Kepada Ahli

Jika ada yang kurang mengerti, kamu harus menanyakannya pada ahlinya. Dimana orang tersebut bisa jadi tutor atau dosenmu sendiri. Namun, usahakan kamu telah mengetahui dengan jelas bagian mana yang membuat hal tersebut sulit dipahami.

3.    Evaluasi

Setelah latihan dan belajar dengan mentor atau dosen, ada baiknya kamu mengevaluasi hasil belajarmu. Bisa dengan mengetes kemampuanmu secara teori maupun praktik. Nanti, jika ada yang kurang kamu dapat memperbaikinya.

Kemampuan yang wajib data scientist miliki memang membutuhkan ketekunan. Selain itu, ada baiknya kamu memang tertarik terhadap bidang tersebut. Dengan demikian proses belajar akan lebih menyenangkan, bukan?

Baca Ini Juga  Rekomendasi Game Offline Untuk Hp Android